8 Tips Keuangan untuk Anak Muda

2 min read

8 Tips Keuangan untuk Anak Muda

Pada dasarnya, mengatur keuangan pribadi bukanlah salah satu pelajaran yang bisa didapatkan di sebagian besar sekolah menengah atas (SMA) ataupun perguruan tinggi.

Karena itu, kurangnya dasar-dasar pendidikan keuangan ini membuat banyak anak muda muda tidak mengerti tentang bagaimana mengelola uang mereka, mengajukan kredit, dan mendapatkan atau menghindari hutang.

Adapun, mempelajari tentang cara mengatur keuangan secara pribadi sebenarnya harus dilakukan sedini mungkin. Pasalnya, kiat-kiat seputar keuangan ini dirancang untuk membantu kamu menjalani kehidupan keuangan terbaikmu.

Selain itu, hal ini juga memanfaatkan fakta bahwa semakin muda kamu, semakin banyak waktu tabungan dan investasi harus tumbuh.

Nah, berikut ini adalah 8 tips keuangan untuk anak muda!

1. Pelajari Pengendalian Diri

Jika beruntung, orang tuamu mungkin mengajari keterampilan seputar mengatur keuangan pribadi ketika kamu masih kecil. Jika tidak, ingatlah bahwa semakin cepat kamu belajar menunda kepuasan, semakin cepat akan merasa mudah untuk mengatur keuangan pribadimu.

Meskipun kamu dapat dengan mudah membeli barang secara kredit begitu menginginkannya, lebih baik menunggu sampai bisa benar-benar menabung uang untuk pembelian tersebut.

2. Kendalikan Masa Depan Keuanganmu

Jika tidak belajar mengelola uangmu, maka orang lain akan menemukan cara salah dalam mengaturnya untuk kamu. Beberapa dari orang-orang ini mungkin berniat buruk, seperti perencana keuangan berbasis komisi yang tidak profesional dan bersertifikasi. Alih-alih mengandalkan nasihat orang lain, ambil alih dan bacalah beberapa buku tentang dasar mengatur keuangan pribadi.

3. Tahu Kemana Uangmu Pergi

Setelah membaca beberapa buku tentang mengatur keuangan pribadi, kamu akan menyadari betapa pentingnya memastikan bahwa pengeluaran tidak melebihi pendapatanmu.

Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan membuat anggaran. Selain itu, menjaga pengeluaran bulanan berulang kamu serendah mungkin dapat menghemat banyak uang dari waktu ke waktu.

Sering Diabaikan, Inilah 4 Manfaat dari Menerapkan Budgeting

4. Mulai Persiapkan Dana Darurat

Tips selanjutnya adalah mulai memikirkan untuk memiliki dana darurat. Memiliki uang di tabungan untuk digunakan untuk keadaan darurat dapat membuat kamu keluar dari masalah finansial dan membantumu tidur lebih nyenyak di malam hari.

Selain itu, jika kamu juga terbiasa menabung dan memperlakukannya sebagai pengeluaran bulanan yang tidak dapat ditawar. Karena itu, kamu akan memiliki lebih dari sekadar uang darurat yang ditabung sehingga memiliki uang pensiun, uang liburan, atau bahkan uang muka rumah.

Sangat mudah untuk memasukkan danamu ke dalam rekening tabungan standar, tetapi ini hampir tidak menghasilkan bunga. Ada baiknya memasukkan danamu ke produk investasi dengan imbal hasil tinggi seperti reksadana ataupun saham.

5. Mulai Menabung untuk Pensiun

Ada baiknya kamu merencanakan masa pensiun kamu jauh-jauh hari. Karena cara kerja bunga yang majemuk, maka semakin cepat kamu mulai menabung, semakin sedikit pokok yang harus kamu investasikan untuk mendapatkan jumlah yang diperlukan untuk pensiun.

6. Pelajari Pengetahuan Tentang Pajak

Sangat penting untuk memahami bagaimana pajak penghasilan bekerja bahkan sebelum mendapatkan gaji pertamamu. Ketika sebuah perusahaan memberikan penawaran gaji, kamu perlu tahu bagaimana menghitung apakah gaji itu akan memberi cukup uang setelah pajak untuk memenuhi kewajiban keuanganmu.

Jenis-Jenis Pajak yang Harus Kamu Tahu

Ada baiknya meluangkan waktu untuk belajar melakukan penghitungan pajakmu sendiri. Kecuali jika kamu memiliki situasi keuangan yang rumit, itu tidak terlalu sulit untuk dilakukan, dan tidak akan mengeluarkan biaya untuk membayar seorang profesional pajak untuk pekerjaan tersebut.

7. Jaga Kesehatanmu

Meski masih muda dan tergolong sehat, ada baiknya kamu tetap memiliki asuransi kesehatan. Selain punya asuransi kesehatan, kamu juga seharusnya tetap menjaga pola hidup sehat seperti makan buah dan sayuran, menjaga berat badan yang sehat, berolahraga, tidak merokok, dan menghindari konsumsi alkohol yang berlebihan.

8. Lindungi Kekayaanmu

Untuk memastikan bahwa semua uang hasil jerih payahmu tidak hilang, kamu harus mengambil langkah-langkah untuk melindunginya.

Beberapa langkah yang bisa kamu ambil adalah dengan memiliki beberapa asuransi seperti asuransi kecelakaan, asuransi kebakaran, ataupun asuransi jiwa.

Selain itu, kamu juga bisa meminta bantuan perencana keuangan yang profesional dan bersertifikasi untuk membantu mengelola keuanganmu.

Well, itulah 8 tips keuangan untuk anak muda. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *