8 Peluang Bisnis Pendidikan di Era Industri 4.0, Apa Saja Idenya?

5 min read

Selain kebutuhan sandang, pangan dan papan, kebutuhan di bidang pendidikan adalah salah satu aspek terpenting dalam hidup manusia. Tanpa pendidikan maka peradaban akan stagnan, bahkan lama-lama akan hancur dengan sendirinya. Sehingga pendidikan adalah hal yang mutlak di butuhkan sepanjang masa. Hal ini menunjukan bahwa bisnis pendidikan adalah salah satu peluang usaha yang baik dan bisa di maksimalkan.

Lewat pendidikan, sebenarnya kita sedang melakukan estafet peradaban dari generasi sebelumnya ke generasi masa depan. Namun kebutuhan di dunia pendidikan itu banyak sekali. Walaupun prinsipnya ada kesamaan yakni melakukan transfer ilmu pengetahuan namun kebutuhan inti hingga teknis sangat beragam. Bagi Anda yang ingin berkontribusi di bidang pendidikan bisa juga membuka bisnis pendidikan dengan mempertimbangkan kebutuhan di era industri 4.0.

Selain kursus/les coding atau internet marketing, ternyata masih banyak kebutuhan pendidikan di era ini yang bisa di jadikan peluang bisnis. Nah, apa saja peluang bisnis pendidikan tersebut? Simak artikelnya sampai akhir!

1. Membuka Daycare Berkualitas

bisnis pendidikan Membuka Daycare Berkualitas

Bisnis pendidikan yang pertama adalah daycare yang berkualitas. Untuk Anda yang memiliki basic dan minat di bidang pendidikan tentunya mengerti sepenting apa daycare di masa sekarang, terutama bagi yang tinggal di kota-kota besar.

Saat ini, banyak orangtua yang keduanya bekerja kesulitan untuk mengasuh anak di jam kerja. Sehingga mereka hendak menitipkan anaknya yang mungkin baru berusia 8 bulan hingga 4 tahun ke daycare karena di anggap lebih profesional dan juga praktis.

Tapi tidak semua daycare sudah menerapkan sistem yang layak untuk pengasuhan anak, banyak juga yang hanya memberikan makan dan menidurkan balita saja. Bahkan ada juga yang ketahuan melakukan hal-hal yang kurang baik kepada anak saat orangtua baru saja pergi dan menitipkan anak di daycare.

Oleh karena itu banyak orangtua yang khawatir untuk menitipkan anak ke daycare dan mencari daycare-daycare yang berkualitas. Sebab penitipan balita itu bukan sekedar menitipkannya namun juga disertai dengan pengasuhan yang mana hal itu merupakan bagian dari pendidikan.

Bahkan bisa di bilang, bahwa pengasuhan yang baik anak balita itu sangat penting karena akan membentuk tumbuh kembang anak di masa depan. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki basic ilmu pengasuhan balita dan tentunya menyukai anak kecil bisa mencoba bisnis daycare yang berkualitas.

Daycare yang bermutu biasanya menerapkan suatu kurikulum tertentu untuk melatih tumbuh kembang anak. Jadi bukan hanya sekedar memberikan makan dan menidurkan anak. Maka Anda bisa melakukan riset untuk menawarkan kurikulum daycare yang lebih baik. Selain itu siapkan juga alat-alat bermain yang mendukung tumbuh kembang anak. Jika ingin lebih cepat di kenal, pilih tempat yang strategis untuk mendirikan daycare.

Tapi bagaimana jika modal masih terbatas?

Jika modal Anda masih terbatas, Anda bisa membuka daycare rumahan. Biasanya tarif penitipan anak dimulai dari Rp 2 juta-3 juta/ bulan. Sementara jam operasional bisa di sesuaikan, namun umumnya di mulai dari pukul 7 pagi hingga 6 sore. Setelah modal dan relasi berkembang makin besar Anda bisa mulai mengurusi legalitas dan layanan lainnya seperti misalnya psikolog anak.

Baca yuk, Tips Keuangan Saat Gaji Istri Lebih Besar Dari pada Suami

2. Kursus dan Les Privat Pelajaran Sekolah

Kursus dan Les Privat Pelajaran Sekolah

Banyak orangtua yang merasa bahwa real-nya kebutuhan belajar anak masih belum tercukupi di sekolah sehingga masih butuh jam tambahan belajar dan juga pembimbing tentunya.

Oleh karena itu, mereka mencari kursus ataupun les privat. Apalagi di masa pandemik, proses pengajaran di sekolah semakin tidak maksimal karena berbagai keterbatasan. Maka wajar, permintaan untuk kursus dan les private lebih meningkat di banding sebelumnya.

Nah bagi Anda yang memiliki basic ilmu pelajaran sekolah SD-SMP atau SMA, bisa membuka kursus maupun les privat sendiri. Bahkan saat ini, ada situs khusus untuk guru-guru kursus dan belajar privat seperti Superprof yang bisa mengiklankan jasa kursus dan les privat Anda.

Anda bisa memanfaatkannya jika hendak membuka kursus/ les private secraa perorangan. Tidak hanya secara online, Anda juga bisa menawarkan les privat pelajaran sekolah secara offline dengan tetap menerapkan protokol kesehatan tentunya.

Seperti yang kita tahu di era digital seperti saat ini, teknologi sangat berperan penting di hampir semua sektor yang ada. Termasuk pendidikan.

Jadi tidak ada salahnya jika membuat iklan kursus dan les privat Anda sendiri dengan memanfaatkan situs ataupun media sosial Anda. Buat jejak online seperti review dari orangtua dan dokumentasi anak yang Anda ajar agar semakin banyak yang tertarik dengan tempat kursus dan les Anda.

Tarif kursus dan les privat pelajaran sekolah bisa bervariasi. Tergantung durasi, pengalaman, metode dan juga tempat mengajar. Jika Anda baru merintis dan bekerja sendiri biasanya tarif di mulai dari Rp 50.000/ jam.

3. Les Bahasa Asing

Buka Les Bahasa Asing

Anda bisa berbahasa asing dan minat dengan dunia pendidikan? Coba gunakan kemampuan Anda untuk membuka les bahasa asing. Apalagi jika kemampuan bahasa Anda berkaitan dengan bahasa-bahasa internasional seperti Inggris dan Mandarin.

Bahasa lainnya seperti Jerman, Jepang, Korea, Arab, Spanyol juga tak kalah dibutuhkan. Terutama oleh mereka yang hendak melanjutkan studi ke luar negeri, meningkatkan jenjang karir maupun melakukan persiapan pelajaran bahasa di sekolah.

Memiliki skill berbahasa asing sangat di perlukan, apalagi memasuki era industri 4.0 yang mana persaingan ketat namun peluang untuk berkolaborasi bersama orang-orang di luar negeri juga semakin lebar.

Biasanya, les bahasa asing yang berkualitas memiliki kurikulum dan metode tertentu. Sebab sudah bukan rahasia lagi, kurikulum, metode dan waktu dalam belajar bahasa asing di sekolah tidaklah cukup.

Nah jika Anda masih merintis dan bekerja sendiri, Anda juga bisa menawarkan jasa mengajar bahasa asing di situs seperti Superprof. Tarif guru bahasa asing bisa bervariasi dimulai dari Rp 60.000-Rp 300.000/ jam.

Artikel lainnya, Cara Berinvestasi di Usia 20, 30, 40 dan 50-an Serta Portofolionya!

Jadi sembari mengajar bahasa asing, Anda juga bisa meneliti bagaimana kurikulum dan metode mengajar bahasa asing terbaik untuk mengembangkan bisnis pendidikan les bahasa asing Anda nanti. Bagaiamna, apakah Anda berminat bisnis pendidikan les bahasa asing?

4. Les Calistung

Bisnis pendidikan membuka Les Calistung

Calistung : membaca, menulis dan berhitung. Kedengarannya mudah ya? Itu bagi kita, orang dewasa. Namun beda lagi jika kita mengajarkannya pada anak kecil yang belum memiliki skill dasar tersebut. Butuh kesabaran ekstra dan juga kreatifitas saat mengajar calistung ini.

Maka dari itu tidak heran kalau banyak orangtua yang memilih mencari guru les calistung untuk anak. Perlu Anda tahu, bahwa tidak setiap guru di sekolah memiliki kemampuan mengajarkan calistung kepada anak loh!

Bahkan saat ini sebelum memasuki Sekolah Dasar, anak di tuntut untuk memiliki skill tersebut terlebih dahulu. Sehingga jika Anda memiliki kemampuan mengajar calistung dan suka terhadap anak kecil peluang bisnis pendidikan yang satu ini cukup luas.

Dalam satu kali pertemuan, biasanya guru calistung baru bisa mendapatkan Rp 50.000- Rp 100.000. Durasinya sekitar 1-1,5 jam. Nah jika Anda sudah punya modal lebih, bisa juga mengembangkannya menjadi suatu lembaga pendidikan calistung. Para orangtua akan tertarik, karena Anda sudah terbukti mamppu mnegajar anak kecil untuk membaca, menulis dan berhitung.

5. Menjual Buku Online

menjual buku

Bisnis pendidikan selanjutnya adalah menjual buku. Buku menjadi suatu media yang wajib dalam dunia pendidikan. Nah, jika Anda berminat di dunia pendidikan sekaligus pemasaran Anda bisa mencoba menjual buku misalnya dengan membuka toko buku Anda sendiri. Hm.. kalau modalnya masih terbatas?

Tenang saja, penjualan buku saat ini tidak hanya bisa di toko offline. Karena orang-orang sudah terbiasa membeli buku di toko buku online. Bahkan saat pandemik penjualan buku secara online bisa lebih meningkat di banding biasanya.

Anda bisa menjual buku baru maupun buku bekas yang masih layak. Dua-duanya tetap di minati kok. Hanya saja perlu mencari pasar yang tepat. Untuk penjualan buku secara online, Anda perlu memfoto kondisi buku dan menyertakan keterangan jika ada bagian tertentu yang kurang bagus. Hal ini supaya pelanggan Anda tidak kecewa dan kembali datang ke toko Anda untuk membeli buku.

6. Penulis Buku

bisnis pendidikan Penulis Buku

Kalau sebelumnya adalah peran bisnis pendidikan di area penjualan buku, nah bagi Anda yang memiliki segudang ide dan pengalaman mengapa tidak mengambbil peran sebagai penulis buku?

Meskipun saat ini sudah ada youtube dan artikel yang bisa di baca lewat google, atau bahkan media sosial tetap saja buku adalah tempatnya orang mencari ilmu pengetahuan yang lebih komprehensif. Kalau konten-konten mendidik di internet terutama speerti di media sosial atau youtube itu cenderung membuat kita tertarik mencari tahu. Nah, tulisan di buku itu hendak memuaskan rasa ingin tahu.

Oleh karena itu jika Anda memiliki hobby menulis dan juga minat di bidang pendidikan, Anda bisa menjadikan profesi penulis buku sebagai bisnis pendidikan Anda. Dengan menerbitkan buku, Anda bisa mendapatkan loyalti sebagai pasif income. Tema yang di bahas bisa berkaitan dengan mata pelajaran sekolah, metode, atau bahkan di luar itu yang intinya memberikan kontribusi terhadap dunia pendidikan.

Bagaimana, tertarik menulis buku? Jika ya, mulai saja dari sekarang!

7. Bisnis Seragam Sekolah

Bisnis pendidikan Seragam Sekolah

Seragam sekolah adalah salah satu kebutuhan yang tidak bisa di pisahkan terutama di negara-negara Asia. Setiap tahunnya bahkan per-semester, kebutuhan seragam di sekolah swasta maupaun negeri selalu ada. Karena setiap tahun sekolah selalu menerima siswa baru dan disisi lain siswa lama juga punya kebutuhan untuk beganti seragam.

Walaupun dimasa pandemik ini sekolah masih di lakukan dari rumah, namun bukan tidak mungkin di kemudian hari sekolah sudah di buka kembali. Sehingga anak-anak belajar secara tatap muka langsung di sekolah dan tentunya kebutuhan seragam sekolah meningkat lagi. Hanya menunggu waktu saja untuk membangkitkan industri bisnis pendidikan seragam sekolah ini.

8. Jasa Antar Jemput Sekolah

Jasa Antar Jemput Sekolah

Terdengar sepele, namun ternyata jasa antar jemput sekolah memang banyak di butuhkan. Terutama bagi orangtua di kota-kota besar yang tidak sempat mengantar jemput anaknya namun di sekolah tidak di sediakan sarana antar jemput.

Jasa antar jemput sekolah ini memang bukan kebutuhan primer di dunia pendidikan, namun sangat penting saat jarak rumah dan sekolah cukup jauh dan terjadi seperti kasus di atas. Tanpa adanya sarana ini orangtua akan cemas dan mungkin berat untuk melepas anak pergi sekolah terutama jika anak masih kecil dan belum bisa berangkat sendiri.

Artikel lainya di, Mengenal Manajemen Resiko Dalam Bisnis dan Langkah-langkahnya

Nah jika Anda memiliki modal mobil atau motor dan bisa menyetir atau punya karyawan tersendiri Anda bisa mengambil peluang bisnis antar jemput sekolah ini. Sama seperti seragam sekolah, bsinis antar jemput ini akan mulai di minati lagi ketika kondisi pandemik mulai membaik dan sekolah di buka kembali.

Kesimpulan

Orang bijak mengatakan bahwa bekal yang paling baik adalah bekal untuk kehidupan setelah mati. Nah, berkontribusi dalam dunia pendidikan baik dari kebutuhan primer hingga tersiernya mungkin bisa menjadi salah satu jalannya. Bagaimana, apakah Anda tertarik dengan salah satu ide bisnis pendidikan diatas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *