8 Istilah dalam Trading Cryptocurrency yang Terdengar Aneh | Timeslib

2 min read

8 Istilah dalam Trading Cryptocurrency yang Terdengar Aneh | KlikCair

Waktu baca: 3 menit

Ada banyak sekali istilah dalam trading cryptocurrency. Dan jika kamu mau belajar dan menghafalkan semuanya, mungkin kamu akan kehabisan banyak waktu. Bukannya mulai berinvestasi tapi justru kamu akan kelelahan menghafal semua istilah tersebut.

Akan tetapi, bukan berarti kamu boleh terjun bebas di dunia investasi crypto tanpa mengetahui istilah yang digunakan. Itu namanya bunuh diri. Kamu akan tersesat dan tidak bisa melakukan trading cryptocurrency dengan benar.

Baca juga: Istilah Saham di Dunia Trading yang Wajib Kamu Ketahui

Jalan tengahnya adalah mengetahui istilah dalam trading cryptocurrency yang paling penting dan paling sering muncul. Minimal ada 8 istilah dalam cryptocurrency yang harus kamu pahami. Apa saja itu?

Fomo ini sebenarnya istilah yang sangat baru. Hanya saja, karena penggunaannya yang sangat masif di media sosial, istilah ini sudah dimasukkan ke dalam Kamus Bahasa Inggris Oxford.

Fomo ini singkatan dari fear of missing out yang artinya takut jika ketinggalan. Maksudnya, ada orang yang bermain crypto yang takut ketinggalan tren. Hingga akhirnya mereka ikut-ikutan dengan tren yang ada.

Fenomena Fomo ini terjadi disebabkan banyaknya pemain baru di dunia crypto. Mereka mungkin tidak banyak mengerti tentang istilah dalam trading cryptocurrency. Apalagi teknik dan strategi. Yang mereka bisa lakukan hanyalah mengikuti tren yang ada.

Mereka biasanya berkoar-koar di media sosial. Dan mereka yang hanya ikut tren crypto diistilahkan dengan fomo atau fear of missing out.

Tulisannya memang Hodl. Ini bukan salah ketik atau typo. Namun, istilah ini memang merujuk pada kata hold yang artinya menahan. Seorang investor yang melakukan Hodl artinya sedang menahan uang crypto yang ia miliki meskipun nilainya menurun tajam.

Istilah ini awalnya ditulis oleh seseorang yang sedang mabuk. Di media sosial, ia menuliskan hodling. Pada saat ini, nilai bitcoin turun anjlok namun ia ingin menahan cypto meskipun nilainya terus turun. Jadi, memang benar ini awalnya typo. Hanya saja, sekarang ini menjadi salah satu istilah dalam trading cryptocurrency.

Dan sekarang, Hodl ini tidak lagi menjadi istilah yang typo. Ada yang mengartikan hold on for daer life. Yang artinya kurang lebih tahan dulu untuk sementara karena nanti akan naik sendiri nilai cryptocurrency.

Mungkin kamu sudah tidak lagi asing dengan whale. Yaps, betul sekali. Whale ini juga digunakan di dunia kasino. Ini istilah yang merujuk pada orang yang memiliki uang yang sangat banyak. Hanya saja, di dunia crypto, istilah ini digunakan untuk orang yang memiliki koin yang sangat banyak.

Kamu sebagai pemain baru harus tahu siapa saja whale dalam dunia crypto. Kenapa? Karena mereka lah yang biasanya menentukan pergerakan harga crypto. Jadi, perhatikan saja apa yang mereka lakukan. Ikuti media sosial mereka dan perhatikan setiap postingan mereka.

Sama seperti dalam dunia salam. Selalu ada yang menyebarkan berita negatif. Tujuannya agar menurunkan harga saham. Dalam hal ini, yang diturunkan tentu saja harga crypto.

Biasanya, mereka yang bermodal besar yang melakukan FUD atau fear, uncertainty, and doubt. Jadi, mereka menebar berita yang tidak pasti dan berbau ketakutan. Tujuannya agar para pemain kecil menjual crypto dengan harga yang murah. Jadi, para pemodal besar bisa membeli dengan harga yang murah. Siapa yang diuntungkan? Jelas sekali jawabannya.

Apakah semua investor crypto itu selalu sukses? Meskipun nilai crypto cenderung terus naik, bukan berarti semua investor itu untung. Ada juga yang buntung. Mungkin saja mereka membeli crypto ketika tinggi dan dijual ketika nilainya jatuh. Nah, mereka yang buntung atau rugi besar ini disebut dengan Rekt.

Pump artinya harga koin crypto naik. Hanya saja, ada yang membuatnya pump, yaitu mereka yang ingin koin crypto tertentu harganya naik. Jadi, beberapa orang dalam komunitas bareng-bareng melakukan pump.

Ini kebalikan dengan pump. Jadi, dump artinya koin turun. Dan faktor penyebabnya sama, Ada banyak orang yang ingin menjatuhkan nilai koin crypto.

Sebenarnya ini bukan istilah dalam trading cryptocurrency. Ini hanya istilah ejekan yang digunakan oleh komunitas crypto. Mereka mengejek orang-orang yang belum mau terjun di dunia crypto.

Itulah 8 istilah dalam trading cryptocurrency yang harus kamu ketahui. Perbanyak lagi jumlah istilah crypto secara perlahan agar kamu menjadi investor crypto yang profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *