8 Bisnis Paling Populer Saat Ramadan Untuk Mahasiswa

4 min read

Bulan suci Ramadan telah resmi memasuki hari pertama. Sama seperti tahun lalu, puasa di tahun 2021 masihlah terjadi dalam kondisi pandemi. Namun bukan artinya Anda harus bermuram diri karena tak bisa kemana-mana, justru wabah bisa jadi waktu yang tepat untuk memulai berbagai ide usaha untuk mahasiswa.

Tunggu, kenapa harus ide usaha untuk mahasiswa?

Karena mahasiswa termasuk kelompok masyarakat yang cukup terlunta-lunta akibat pandemi saat ini. Selain tak bisa melakukan kuliah di kampus, banyak mahasiswa perantauan yang tidak dapat pulang ke kampung halaman karena pembatasan sosial di kala pandemi. Belum lagi protokol kesehatan yang sangat ketat menjadikan banyak mahasiswa memilih bertahan.

Baca juga: 7 Franchise Makanan dan Jajanan Kekinian Modal Mulai 1 Jutaan!

Nah, daripada cuma menanti kiriman orangtua di kota perantauan saat bulan Ramadan ini, ada baiknya kalau Anda mulai melirik apa saja sih ide-ide usaha untuk mahasiswa yang layak dicoba. Bukan tak mungkin jika dijalani dengan maksimal malah memberikan hasil optimal dan cuan besar ketika Idul Fitri tiba nanti.

Ide Usaha Untuk Mahasiswa yang Bikin Untung di Bulan Puasa 2021

1. Jualan Takjil

ilustrasi takjil berbuka puasa
© tabloidpeluangusaha

Nah, inilah ide usaha untuk mahasiswa yang tidak ada matinya. Hampir setiap tahun, para penjual takjil dadakan juga diisi oleh mahasiswa atau mahasiswi yang tengah menganggur. Apalagi kalau Anda tidak bisa pulang kampung, mungkin bisa mengajak teman satu kos atau satu kontrakan untuk berbisnis takjil kecil-kecilan.

Ada banyak sekali ide makanan atau minuman takjil yang dapat dijual dan pasti dibutuhkan umat Muslim untuk berbuka puasa. Mulai dari es teler, es buah, kolak pisang, biji salak hingga bubur sumsum. Yang menyenangkan, bisnis takjil ini bisa dimulai dengan modal relatif kecil yakni kurang dari Rp500 ribu sehingga sangat cocok untuk kantong mahasiswa.

Tak usah cemas jika tak bisa berjualan takjil di pinggir jalan karena larangan berkerumun demi protokol kesehatan. Anda bisa memanfaatkan media sosial dan platform berjualan online yang bekerjasama dengan layanan transportasi online untuk menawarkan takjil segar pilihan.

2. Busana Muslim Online

Meskipun masih dalam suasana pandemi, percayalah kalau bisnis busana muslim online akan tetap jadi primadona selama Ramadan 2021 kali ini. Apalagi dengan sudah dimulainya program vaksin, daya beli masyarakat memang berangsur-angsur membaik. Sehingga tak heran kalau jualan busana Muslim termasuks alah satu ide usaha untuk mahasiswa yang wajib dicoba.

Baca juga: Tips Sukses Menjadi Reseller Modal Internet dan HP Bagi Pemula

Merasa modal kurang? Tenang. Anda bisa berjualan dengan sistem dropshipper jika dirasa tak memungkinkan untuk jadi reseller. Pastikan Anda memilih distributor atau produsen yang berkualitas dengan harga kompetitif, sehingga produk yang Anda tawarkan memiliki harga jual terbaik dan jadi pilihan masyarakat.

3. Aneka Kue Kering

ilustrasi kue kering
© Lokadata

Apa yang pasti ada saat Lebaran datang nanti? Tepat sekali kalau jawaban Anda adalah kue kering. Jangan diremehkan, omzet kue kering saat bulan puasa hingga jelang Idul Fitri bisa sangat fantastis dan layak dicoba. Apalagi kalau Anda termasuk hobi bikin kue kering, ide usaha untuk mahasiswa yang satu ini dapat dicoba.

Karena mahasiswa, pastikan Anda memilih kue kering yang sederhana tapi unik. Jika modal terbatas, Anda bisa memberlakukan sistem PO (Pre-Order) bayar duluan, baru kemudian membuat pesanan kue kering sesuai permintaan konsumen. Ingat, gunakan bahan terbaik dan harga yang sepadan dengan kualitasnya supaya konsumen merekomendasikan kepada pihak lain.

Manfaatkan betul media sosial untuk mempromosikan kue kering yang Anda tawarkan. Jika perlu, potret hasil kue kering itu secara estetik dan tulis caption menawan supaya bisa bersaing dan jadi pilihan milenial atau generasi Z lain.

4. Parsel Idul Fitri

Mahasiswa adalah generasi muda yang sudah seharusnya berpikir inovatif. Untuk itulah ide usaha untuk mahasiswa yang bisa dibilang menjanjikan saat Ramadan hingga jelang Lebaran nanti adalah berjualan parsel. Jangan terpaku pada parsel yang berisi buah atau snack kaleng dengan harga bahan baku yang biasanya mahal, Anda bisa berkreasi dengan aneka pilihan parsel lain.

Misalkan saja menawarkan parsel berupa snack anak-anak muda, parsel berisi produk olahan sambel yang dibuat sendiri, hingga parsel berisi aneka skincare, sembako, perlengkapan ibadah, cokelat, tas, sepatu atau peralatan makanan. Kemas parsel dengan unik dan menarik, hingga akhirnya dapat dijual dengan harga yang cukup tinggi dan tentunya menjanjikan.

5. Katering Sahur

ilustrasi paket katering
© Pinterest

Banyaknya mahasiswa yang tidak bisa pulang kampung saat Ramadan 2021, adalah peluang bisnis menjanjikan untuk katering sahur. Yap, seperti namanya, katering sahur adalah layanan penyedia makanan sahur. Anda yang punya hobi memasak, mungkin bisa memulai bisnis ini dengan mengajak teman satu kontrakan.

Tawarkan katering sahur dengan harga yang terjangkau dan tentunya rasa masuk akal untuk mahasiswa di rumah-rumah kos yang tak bisa pulang. Tentunya bagi konsumen, keberadaan katering sahur sangatlah membantu karena mereka tak mungkin bisa memasak sahur. Pastikan Anda bisa bangun pagi dan tepat waktu dalam mengirimkan menu katering sahur setiap harinya.

Baca juga: Bisnis Tanpa Modal Lewat Internet untuk Pemula Apa Saja?

Tips agar bisnis katering sahur lancar adalah Anda harus bisa memadu padankan lauk yang ditawarkan setiap hari. Jangan hanya berisi protein, karbohidrat, vitamin serta mineral yang kebanyakan ditemukan pada buah juga harus disertakan. Kalau ingin ditawarkan dengan harga murah, jual dengan paket minimal order.

6. Bisnis Kurma

Apakah buah yang pasti muncul setiap Ramadan? Tepat sekali jika itu adalah kurma. Yap, bisnis kurma adalah salah satu ide usaha untuk mahasiswa yang wajib dicoba. Anda bisa menggunakan konsep reseller dengan cara mencari distributor yang berkualitas. Supaya sukses, pastikan Anda tahu jenis-jenis kurma yang disukai oleh masyarakat.

Ada banyak sekali jenis kurma yang dijual di Indonesia dengan berbagai manfaat luar biasa. Misalnya saja kurma ajwa dari Arab Saudi yang berkhasiat anti-inflamasi dan antioksidan. Lalu ada kurma sukari dari Al Qaseem yang punya daging lembut, kurma bahri dari Timur Tengah dan Afrika Utara, kurma medjool dari Maroko dan kurma deglet noor yang berasal dari Afrika.

7. Jualan Kembang Api

bisnis jualan kembang api
© Liputan6

Ide usaha untuk mahasiswa berikutnya yang bisa dipertimbangkan adalah berjualan kembang api. Meskipun zaman sudah berubah, anak-anak kecil masihlah gemar main kembang api saat usai salat Tarawih. Anda bisa memanfaatkan momen ini dengan berjualan kembang api di depan kos atau mungkin ditawarkan secara online.

Baca juga: 7 Peluang Usaha Pertanian Tetap Cuan Meski Sedang Pandemi

8. Bisnis Fashion Lainnya

Meskipun memang penjualan busana Muslim sangat berkuasa selama bulan puasa, Anda bisa juga menawarkan bisnis fashion lain. Misalkan saja t-shirt, celana jeans, baju untuk balita, sepatu, tas bahkan aksesoris lain yang tetap akan diburu saat Ramadan. Apalagi jelang Idul Fitri ketika semua orang begitu suka membeli produk-produk baru, bisnis fashion jelas akan laris-manis.

Sama seperti jualan busana Muslim, Anda dapat memilih sistem dropshipper kalau memang modal pas-pasan. Dengan dropshipper, Anda tinggal memasang katalog produk yang hendak dijual di media sosial. Nanti jika ada pembeli dan melakukan transaksi, Anda bisa menghubungi distributor untuk melakukan pengiriman barang. Sangat menguntungkan, bukan?

Kesimpulan

Jika dijalankan secara maksimal, sederet ide usaha untuk mahasiswa di atas jelas dapat memberikan cuan yang besar. Untuk itulah Anda yang saat ini tengah menganggur dan libur kuliah di kota perantauan, tak bisa pulang kampung saat Lebaran, tak usah cemas. Pilih salah satu ide yang sudah dibahas dan raih penghasilan fantastis selama pandemi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *