8 Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar, Paling Laris Menguntungkan

6 min read

Bisnis jajanan anak sekolah memang terlihat sederhana dan mudah cara pembuatannya. Namun bisnis ini juga tidak bisa di anggap remeh karena tingginya peminat dan luasnya pasar yang bisa di bidik.

Karena selain di sukai oleh anak SD, jajanan ini juga banyak di sukai berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak SMP, SMA dan bahkan orang dewasa pun suka.

Apalagi jika Anda punya akses tempat yang dekat dengan wilayah pendidikan, Anda tentu bisa memanfaatkan ini dengan berjualan jajanan anak SD.

Ada beberapa ide bisnis jajanan anak sekolah dasar yang bisa Anda praktikan. Selain paling banyak disukai, dalam pembuatannya juga cukup mudah. Terlebih lagi untuk memulai bisnis jajanan ini tidak butuh modal terlalu besar.

Langsung saja kita bahas satu persatu, inilah 8 daftar bisnis jajanan anak SD yang banyak peminatnya!

1. Usaha Jajanan Anak Sekolah Dasar Pertama “Cilor”

Cilor atau aci telor adalah salah satu jajanan anak SD khususnya di daerah Jawa Barat yang banyak di gemari. “Aci” sendiri adalah kosa kata bahasa sunda untuk menyebut tepung tapioka. Cilor terbuat dari bahan-bahan utama yang sederhana dan mudah di temukan, yakni tepung tapioka dan telur.

jajanan anak cilor
Sumber : idntimes.com

Cara membuatnya juga cukup mudah, tepung tapioka di campur dengan garam, merica, bawang daun dan air secukupnya hingga membentuk adonan yang padat. Kemudian di bentuk bulat-bulat kecil, lalu rebus selama beberapa menit sebelum di tusukan ke tusukan kayu seperti sate.

Setelah itu cilor yang sudah di bentuk seperti sate itu di masukan ke dalam kocokan telur dan di goreng dalam minyak panas, tunggulah 2 menitan. Jika sudah matang, angkat cilor dan masukan ke plastik. Terakhir jika pembeli mau, Anda bisa menambahkan saus sambal.

Cilor banyak di temukan di jalan-jalan dan harganya murah. Sehingga orang-orang pastinya sudah tahu dan banyak peminatnya. Biasanya saat ini cilor di hargai 500/tusuk atau Rp 1500/ 2 tusuk.

2. Cimol

Jajanan anak SD yang banyak di gemari adalah cimol. Namanya cukup unik, berasal dari singkatan “aci di gemol”. Nah, ini juga salah satu jajanan khas yang berasal dari daerah Jawa Barat.

jajanan cimol
Cimol

Bahan utamanya, sudah pasti “Aci” atau tepung kanji. Namun untuk cimol, adonan biasanya di campur juga dengan tepung terigu.

Cara membuatnya, campurkan tepung kanji dan tepung terigu, garam, penyedap rasa dan air secukupnya. Lalu aduk hingga kalis. Bentuk menjadi seperti bola-bola kecil.

Biasanya bentuknya agak lebih besar dari bulatan cilor. Setelah di bentuk bilat-bulat kini tinggal di masukan ke dalam minyak panas dan goreng hingga matang, usahakan apinya tidak terlalu besar supaya cimol bisa di goreng lebih sempurna dan tidak meletup.

Oh iya, baca juga yah 46 Usaha Rumahan Modal Kecil yang Menguntungkan. Siapa tahu tertarik.

Jika cimol sudah matang, angkat dan tiriskan. Masukan kedalam plastik makanan dan tambahkan bumbu bubuk speerti bubuk cabe, cheese powder, atau bumbu asin. Biasanya cimol di harga Rp 3000-Rp 5000/ bungkus. Sudah pasti cimol bukan hanya di gemari oleh anak-anak tapi juga orang dewasa.

3. Cilok

Pernah dengar jajanan cilok? Ya, masih dalam genus per-aci-an. Cilok juga terbuat dari aci atau tepung kanji yang di bentuk bulat-bulat dan di sajikan dengan kuah atau tanpa kuah. Cilok berasal dari singkatan “aci di colok” artinya aci/ tepung tapioka yang di tusuk.

cilok bumbu kacang
Cilok

Tapi pada kenyataannya sekarang lebih banyak cilok yang menggunakan wadah plastik di banding di colok. Meskipun masih ada pedagang yang menyediakan tusukan sate untuk cilok ini.

Nah, cara membuat cilok juga mirip-mirip dengan cilor dan cimol. Tapi nantinya cilok ini ada yang memiliki isian ada juga yang tidak, jadi tergantung Anda. Biasanya isi cilok isi bisa bermacam-macam mulai dari daging ayam, sosis, keju dll.

Cara membuat cilok adalah dengan mencampurkan tepung kanji dan sedikit tepung terigu lalu tambahkan garam, penyedap, daun bawang, merica dan air. Jika sudah di aduk, barulah bentuk adonan menjadi bulat-bulat kecil.

Masukan adonan cilok yang telah di bentuk kedalam rebusan air panas. Jika Anda ingin menjual cilok kuah, maka buatlah air rebusan kaldu terlebih dahulu.

Setelah di rebus cilok siap di sajikan dengan saus, kecap dan sambal dengan atau tanpa kuah. Biasanya harga cilok juga cukup terjangkau bagi anak-anak dan orang dewasa yakni mulai dari Rp 3000 atau Rp 5000/ porsi.

4. Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar, Telur Gulung

Kali ini kita sudahi jajanan anak dari aci (tepung kanji). Nah, ada juga jajanan favorit sejuta umat, yakni telur gulung. Tentunya jajanan ini bahan utamanya adalah telur. Telur gulung termasuk jajanan yang sangat sederhana karena bahan utamanya hanya telur.

jajanan anak sd telur gulung
Telur Gulung

Biasanya yang di gunakan adalah telur ayam yang di kocok sampai benar-benar berwarna oranye dan tercampur dengan garam dan penyedap rasa yang telah di campurkan. Terkadang ada juga pedagang yang menambahkan sedikit air ke dalam telur.

Setelah itu perlahan, masukan telur kocok kedalam minyak panas yang cukup banyak di ketel. tunggu beberapa detik saja dan langsung gulung telur menggunakan tusukan kayu.

Perlu Anda perhatikan, jajanan ini agak sedikit berbeda karena Anda mungkin perlu berlatih sedikit untuk teknik menggulung telur menggunakan tusukan kayu di atas ketel.

Menggulung telur di atas ketel terlihat mudah, tapi terkadang bagi sebagian orang hal itu agak sulit. Jadi Anda bisa mencobanya di rumah sebelum berjualan telur gulung. Jika telur gulung berhasil di buat,tinggal memasukannya ke dalam plastik dan menambahkan saus (jika pembeli ingin).

Harga telur gulung juga terjangkau, biasanya di jual seharga Rp. 1000/ tusuk. Tapi sangat jarang yang beli telur gulung satu tusuk saja, biasanya minimal 3 atau 5 tusuk sekaligus per-pembelian.

5. Seblak

Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar selanjutnya jualan seblak. Siapa yang tidak tahu seblak? Jajanan ini populer di daerah Jawa Barat dan kini juga sudah banyak penjual yang berjualan seblak di berbagai daerah karena ternyata penggemar seblak semakin banyak.

Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar selanjutnya jualan seblak
Seblak

Seblak biasanya di sajikan dengan bumbu pedas, namun untuk anak SD bumbu pedas ini bisa di sesuaikan agar tidka terlalu pedas.

Seblak merupakan jajanan yang bahan utamanya adalah kerupuk bahkan kini sudah ada pilihan toping lainnya seperti macaroni, mie, batagor kering, siomay, sosis dll.

Nah, kerupuk ini tidak langsung di goreng di atas minyak panas. Melainkan di rendam dulu dalam air. Setelah agak lembek barulah kerupuk ini di olah menjadi seblak.

Seblak di buat langsung ketika ada pembelinya, seperti halnya nasi goreng. Sebelum mencampur bahan-bahannya Anda perlu meracik bumbu halus terlebih dahulu yang terbuat dari bawang merah, bawang putih, kencur, dan kemiri.

Siapkan juga sambal racikan. sayuran seperti kol dan daun bawang. Jika semuanya sudah siap, maka tinggal eksekusi saja.

Panaskan minyak,lalu masukan bumbu halus dan bawang daun serta kol, tambahkan sedikit air. Kemudian masukan kerupuk dan topingnya, tak lupa masukan juga sambal racikan.

Baca juga ; Bisnis Kecil : 23 Contoh Usaha Terbaik

Setelah itu tambahkan gul, garam dan penyedap secukupny dan tunggu beberapa saat sampai seblak siap di sajikan. Harga seblak biasanya berkisar mulai dari Rp. 5000-an.

6. Pop Ice dan Minuman Serbuk Lainnya

Jika jajanan anak sebelumnya berbentuk makanan, kali ini kita bahas minumannya. Biasanya anak-anak suka minuman berasa. Namun minuman kekinian seperti boba dan Thai Tea, biasanya di nilai agak terlalu mahal untuk ukuran uang jajan anak SD. Sehingga Pop Ice dan miniman serbuk lainnya menjadi jajanan yang lebih terjangkau.

jualan opo ice dan minuman serbuk lainnya
Pop Ice dan Minuman Serbuk Lainnya

Pop ice dan minuman serbuk lain juga bukan hanya di sukai oleh anak-anak SD kok. Buktinya banyak juga orang-orang lewat ke stand yang Pop ice di pinggur jalan. Untuk menjualnya, Anda juga tidak perlu ribet dengan bahan-bahan.

Cukup beli pop ice dan minuman sachet lain, sediakan air, es batu, blender dan colokan listrik (untuk blender). Untuk packagingnya cukup menggunakan plastik minuman atau cup. Bahkan jika Anda tidak punya blender, Anda bisa menggunakan tempat minum yang bisa di kocok (shake).

Biasanya harga jajanan pop ice dan minuman serbuk cukup beragam. Jika minuman sebuknya seperti teh, biasanya di harga Rp. 2000, sementara pop ice bisa mulai dari Rp 3000 (menggunakan bungkus plastik).

Harganya akan berbeda lagi jika Anda menggunakan cup minuman dan menyediakan tambahan topping seperti jelly, choco chips atau keju. Tapi yang pasti anak-anak sampai orang dewasa akan suka!

7. Batagor

Yuhuu, siapa yang tidak batagor? Jajanan yang berasal dari Jawabarat ini punya fans di mana-mana. Bahkan berdasarkan pengalaman, di daerah Jawa Timur-an, batagor dengan label “Batagor Bandung” selalu di kemuni pelanggan. Nah, batagor juga termasuk jajanan anak SD yang di sukai hingga orang dewasa.

batagor
Batagor

Batagor adalah singkatan dari “Baso tahu goreng”. Yang di maksud baso tahu di sni juga bukan baso sapi yang biasa di jual di kedai kedai baso, melainkan tepung kanji yang di campur ikan tenggiri sehingga rasanya gurih serta di masukan sebagi isian tahu coklat.

Biasanya tahu yang di gunakan adalah tahu sumedang tapi Anda bisa mengunakan tahu putih yang di jual di sekitar tempat tinggal Anda.

Untuk membuatnya, Anda perlu menyiapkan bahan-bahan utama seperti tepung kanji, tepung terigu, ikan tenggiri yang di haluskan, dan juga tahu putih.

Tak lupa siapkan juga bahan-bahan untuk membuat saus kacangnya. Jika Anda ingin membuat dulu saus kacang, Anda perlu menghaluskan kacang dengan bumbu-bumbu (bawang merah, putih, kemiri, cabe merah), lalu masukan gula merah, daun salam sereh.

Kemudian, buat dulu adonan baso tahu dengan mencampurkan tepung kanji, tepung terigu, garam, gula, merica, ikan tenggiri, bawang putih-merah halus, daun bawang dan air.

Lalu aduk sampai kalis. Ambil tahu yang sudah di potong menjadi 2 atau 4 bagian (terserah Anda), dan masukan adonan menggunakan sendok sebagai isian tahu. Goreng dalam minyak panas.

Jika batagor sudah matang, ptong-potong dan siram dengan saus kacang. Untuk packaging, minimal Anda cukup menggunakan plastik saja. Harga batagor sangat terjangkau. Yang termurah mulai dari Rp 3000-Rp. 5000/ porsi plastik. Tertarik bisnis batagor?

8. Martabak Mini

Sekarang kita beralih ke jajanan yang manis. Martabak mini juga banyak di gemari anak-anak sampai orang dewasa. Cara membuatnya juga mudah dan tidka memerlukan terlalu banyak modal.

jajanan anak martabak mini
Martabak Mini

Terbuat dari adonan tepung terigu dan telur, gula, garam, baking powder, baking soda dan bubuk krimer yang di campur air. Kemudian Anda hanya perlu menyediakan loyang untuk kue mini yang telah di oleskan margarin. Tuangkan adonan secukupnya kedalam loyang tersebut.

Untuk topingnya Anda bisa menggunakan, keju, kismis, coklat, pisang, kacang tumbuk, susu kental manis dll. Harga marbak mini biasanya berkisar mulai dari Rp 2500/ pcs.

Oh iya, jika kamu sudah menentukan bisnis apa, jangan lupa membuat promosi yang menarik dan gunakan kata kata promosi yang bombastis. Kamu bis amembaca artikel kami, Contoh Kalimat Promosi Makanan di Sosmed Bisa Kamu Coba.

Penutup

Bagaimana, apakah Anda mendapatkan inspirasi bisnis dari salah satu ide jajanan anak SD di atas? Bisni jajanan SD memang terkesan sederhana, tapi pasarnya juga luas dan banyak di sukai. Selain itu, bisnis jajanan SD juga tidak terlalu membutuhkan modal yang besar. Anda yang punya modal kecilpun bisa memulainya. Jadi tunggu apa lagi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *