7 Tips Jitu Agar Bisnis Dikenal Secara Global | Timeslib

1 min read

7 Tips Jitu Agar Bisnis Dikenal Secara Global | KlikCair

Waktu baca: 3 menit

Bisnis memang perlu untuk dikembangkan agar pelanggan makin banyak. Namun, dalam menjalaninya banyak rintangan yang harus dihadapi. Terlebih jika kamu ingin bisnis yang dikenal secara global.

Membuat bisnis go international atau dikenal secara global memang cukup terdengar sulit. Namun sebenarnya hal itu tidaklah mustahil lho TemanKlik.

Kamu ingin tahu caranya? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Tips Bisnis Dikenal Secara Global

Tips bisnis dikenal secara internasional. Photo by Pixabay
  • Pelajari kelebihan produkmu
bisnis global
Pelajari kelebihan produk. Photo by @agefis

Setiap produk yang dijual tentu memiliki keunikan dan kelebihan masing-masing. Makanya penting untuk mengenal keunggulan produk agar mudah dalam proses pemasaran.

Yang diperhatikan tidak hanya kualitas lho TemanKlik. Kamu juga perlu memperhatikan dari harga dan packaging yang dilakukan. Dengan begitu, kamu bisa memberikan banyak keunggulan dan akan menjadi pembeda dari produk pesaing.

  • Pahami Kebutuhan Konsumen
bangun kepercayaan dengan pelanggan.
Pahami kebutuhan konsumen. Photo by @squareinc

Kebutuhan tiap konsumen sudah tentu berbeda-beda dan itu menjadi tugasmu untuk mencari tahu. Maka dari itu, lakukanlah riset pasar agar bisa mengerti dan memahami kebutuhan konsumen. Dengna begitu, kamu bisa tahu apakah konsumen memang membutuhkan produkmu untuk sehari-hari atau hanya musiman.

Riset tersebut nantinya akan sangat berguna sehingga setiap barang yang diproduksi atau dijual di pasar benar-benar laku.

Kualitas barang atau jasa diperhatikan
Perhatikan kualitas dari barang atau jasa yang ditawarkan. Photo by Pixabay

Kualitas barang di luar negeri tentu berbeda dengan yang ada di dalam negeri. Jika produk yang dijual ingin laku di pasar internasional, tentu harus menyesuaikan kualitas dengan melakukan peningkatan.

Dengan meningkatkan kualitas, kamu dapat menambah harga jual dan dapat dipastikan keuntungan yang didapat lebih besar dibanding menjual produk di dalam negeri.

  • Lakukan strategi pemasaran dengan tepat
trading bitcoin
Gunakan strategi pemasaran dengan tepat. Photo by Pexels

Pikirkan strategi pemasaran dengan tepat jika ingin produkmu dikenal di kancah internasional. Selain menggunakan media sosial atau website, sebaiknya jalin kerja sama influencer atau content creator untuk membantu memasarkan produk. Dengan begitu, proses pengenalan produk lebih cepat.

Baca juga: 5 Cara Dapat Testimoni Pembeli untuk Strategi Pemasaran Bisnismu

Pelajari regulasi. Photo by Rawpixel

Setiap negara memiliki regulasi perdagangan masing-masing. Maka dari itu kamu perlu mempelajari hukum perdagangan internasional agar mengentahui ketentuan berbisnis di negara orang lain.

Pelajari pajak, bea ckuai, hingga cara pendistribusian barang sesampainya di luar negeri. Mengingat persyaratan untuk menjalankan bisnis secara global cukup kompleks, ada baiknya luangkan waktu khusus untuk mendalami ilmu tersebut.

  • Jalin kerja sama dengan pihak logistik
bisnis global
Jalin kerja sama dengan pihak logistik. Photo by Pexels

Menjalin kerja sama dengan pihak logisitik menjadi salah satu tips agar bisnis bisa go international. Pastikan logistik tersebut beroperasi di berbagai negara, terutama negara-negara tempat kamu mengekspor produk.

Dengan begitu, kamu tidak perlu menggunakan logistik yang bertbeda selama berbisnis.

  • Buat perencanaan dengan matang
Lakukan promosi dengan tepat.
Rencanakan dengan matang. Photo by Rawpixel

Bisnis bukanlah rencana perjalanan yang singkat. Kamu tidak bisa beraksi tanpa adanya perencanaan yang matang. Maka dari itu, perencanaan yang matang sangat diperlukan agar dapat mendatangkan keuntungan yang sesuai keinginanmu.

Pastikan semua hal terintregasi dengan baik untuk menghindari adanya miskomunikasi yang bisa menghambat kelancaran perjalanan bisnismu.

Itulah beberapa tips agar bisnis bisa terkenal secara global. Jika ingin sukses berbisnis di kancah internasional, silakan terapkan tips-tips di atas ya TemanKlik. Satu hal yang perlu diingat ialah kamu perlu pelajari risiko yang mungkin muncul saat berbisnis di negara orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *