7 Franchise Makanan dan Jajanan Kekinian Modal Mulai 1 Jutaan!

5 min read

Bisnis franchise adalah salah satu alternatif peluang bisnis menarik untuk meningkatkan penghasilan. Jajanan kekinian adalah salah satu jenis franchise yang banyak di minati dan berpotensi tinggi. Sebab, jajanan kekinian pasti selalu di cari oleh siapa saja dan dimana saja.

Namun kita tidak mungkin berinvestasi pada semua franchise yang ada saat ini bukan? Sebelum memutuskan untuk bergabung pada suatu bisnis franchise tertentu, kita perlu meriset terlebih dahulu tentang produknya, harga jual, potensi return, brand dll. Nah diantara banyaknya franchise, kami rangkumkan 7 franchise jajanan kekinian yang dengan modal mulai dari Rp 1 jutaan, beserta paket penjualannya. Simak ulasannya hingga akhir ya!

1. Samwon House (Virtual Waralaba)

franchise Samwon House (Virtual Waralaba)

Franchise pilihan yang pertama adalah Samwon House. Samwon house adalah restoran makanan dan minuman korea milik SamWon Group yang sudah berdiri sejak tahun tahun 2010.

Saat ini Anda SamWon House sudah membuka peluang bisnis franchise untuk Anda yang ingin memulai ataupun mengembangkan bisnis kuliner korea namun masih memiliki modal yang terbatas. Sebab percaya atau tidak, Anda bisa mulai membeli franchisenya mulai dari modal Rp 1 juta saja!

Nah, Samwon House sendiri menawarkan konsep virtual waralaba. Apa itu virtual waralaba?

Virtual warabala adalah konsep bisnis franchise yang lebih fleksibel dimana Anda bisa menentukan sendiri brand ataupun menu yang ingin di jual.

Inilah mengapa modal untuk membuka bisnis kuliner korea ini bisa di sesuaikan dengan kondisi kita masing-masing sebagai mitra. Disamping itu Anda tetap mendapatkan support marketing, bahan baku, pelatihan menu dan sebagainya dari pusat seperti bisnis franchise secara umum.

Samwon Group menawarkan 3 pilihan merek yang bisa Anda pilih, yakni :

  • Samwon House : Makanan Korea dan Snack (Jajanan) Korea
  • K-Drink : Minuman Milk tea, Fruit tea, Smooties
  • Yago Chicken : Ayam Geprek Korea Pertama di Indonesia.

Saat ini Samwon House sudah memiliki lebih dari 100 Mitra, yang tersebar di 50 kota di Indonesia. Biaya pendaftaran mulai untuk join menjadi mitra virtual warabala Samwon Group adalah Rp. 1.000.000 / kategori menu.

Sedangkan biaya member feenya adalah Rp 100.000/ bulan/ merek. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa menghubungi cs Samwon Group atau mengunjungi website resminya.

Tertarik bergabung menjadi mitra virtual waralaba Samwon House?

2. Chicken Popop

waralaba Chicken Popop

Saat ini, ayam bukan hanya di makan sebagai lauk nasi tapi juga sebagai snack (cemilan). Salah satu cemilan daging ayam fillet yang banyak di gemari adalah chicken popcorn/ ayam pop dengan berbagai bumbu gurih maupun pedas.

Chicken Popop adalah salah satu waralaba chicken popcorn yang sudah berdiri sejak tahun 2017 dan cukup laris. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa suka dengan cemilan fillet ayam yang satu ini.

Kabarnya Chicken Popop kini tampil dengan desain booth maupun grafis yang lebih fresh dan kekinian. Ini tentunya akan bisa meningkatkan ketertarikan pelanggan. Berapa biaya joinnya? Anda bisa mulai bergabung dan membuka outlet Chicken Popop dengan modal Rp 7 jutaan, sudah termasuk booth, dan peralatan memasak.

Berikut adalah paket waralaba yang bisa Anda pilih dari Chicken Pop Pop!

  • Paket usaha C : Rp 7,5 juta (booth dengan peralatan masak kompor gas)
  • Paket usaha B : Rp 8,3 juta (booth dengan peralatan masak deep fryer listrik)
  • Paket usaha A : Rp 8,8 juta (booth dengan peralatan masak deep fryer gas)

Dalam lampiran hpp dan potensi returnnya, disebutkan bahwa dengan membuka 1 booth Chicken Popop Anda bisa mendapatkan keuntungan kurang lebih Rp 5 juta/ bulan.

Dengan asumsi harga jual Rp 13.000 dan estimasi penjualan 50 pcs/ harinya selama 26 hari kerja (bahan baku ayam di sediakan sendiri). Namun setiap booth bisa berbeda tergantung kondisi bisnis dan juga kota masing-masing mitra.

3. Chick Chick Gunting

waralaba jajanan minuman kekinian Rachacha

Franchise kuliner ayam fillet lainnya yang mungkin bisa Anda pertimbangkan adalah Chick Chick Gunting. Anda pasti tahu kan snack ayam fillet jumbo khas Taiwan (Shihlin) ? Nah, Chick Chick Gunting adalah salah satu merek waralaba snack favorit tersebut.

Chick chick Gunting terbilang merupakan waralaba baru. Namun karena jenis snack fillet jumbo khas Taiwan ini sudah banyak penggemarnya dan di sisi lain belum banyak orang berjualan, hal ini bisa di manfaatkan untuk menarik keuntungan sebanyak mungkin.

Baca yuk, 10 Bisnis Franchise dengan Modal Kurang dari 10 Juta Rupiah

Biaya join dengan Chick Chick Gunting juga tergolong terjangkau yakni mulai dari Rp 4,8 jutaan. Estimasi laba bersih yang bisa di terima oleh mitra dengan 1 booth Chick Chick Gunting adalah mulai dari Rp 5 juta/ bulan (dengan penjualan 60 posi/ hari selama 25 hari kerja.

Siap menjadi mitra Chick Chick Gunting?

4. Tacitos

franchise jajanan makanan kekinian Tacitos

Ingin bisnis kuliner yang berbeda? Coba Tacitos, yang merupakan waralaba kuliner Taco dan Toast khas Meksiko. Outletnya berkonsep minimalis dengan menawarkan Taco dan Toast yang harganya terjangkau kepada konsumen. Nah, nampaknya makanan asal Meksiko ini masih belum banyak penjualnya, namun tinggi peminat. Jadi ini bisa menjadi peluang bagi Anda bukan?

Ada berbagai macam menu taco dan toast yang bisa Anda jual. Termasuk beserta minumannya. Paket franchise Tacitos sendiri bisa Anda beli dengan modal Rp 29 juta. Dalam paket kemitraan Tacitos, Anda sudah mendapatkan bahan baku awal dan juga peralatan untuk menjalankan usaha serta beberapa bonus menarik sepertu dispenser system aduk, cooler box dll.

Baca juga, 30 Contoh Usaha Waralaba Modal Kecil yang Menguntungkan

Dalam lampiran ROI (Return Of Investment) nya, estimasi laba bersih yang bisa di terima mitra sekitar Rp 20 juta hingga Rp Rp 45 juta (paling rendah). Dengan asumsi :

  • Harga jual taco adalah Rp 15000/ pcs dengan penjualan 40-80 taco/ hari selama 30 hari kerja.
  • Harga jual toast yakni Rp 15000/ pcs dengan penjualan 40-90 toast/ hari selama 30 hari kerja.
  • Harga jual minuman yakni Rp 10000/ cup dengan penjualan 60-120 cup/ hari selama 30 hari kerja.

5. Yakisora

jajanan kekinian franchise kedai jepang yakisora

Bisnis jajanan dengan konsep kedai kaki lima ala Jepang juga tak kalah menarik. Untuk itu Anda mungkin bisa mempelajari Yakisora yang menawarkan peluang bisnis tersebut dengan modal usaha mulai dari Rp 9,5 juta (Paket Super “Hemat”).

Paket kemitraan tersebut sudah mencakup booth 1 meter, deep fryer/ kompor, kitchen set, banner & promotion set, set bakar-chuka idako dan juga seragam 2 set. Namun ada juga paket kemitraan lainnya yakni paket medium Rp 15 juta dan paket vip yakni Rp 50 juta.

Secara perhitungan ROI, 1 booth paket kemitraan super “hemat” kemungkinan Anda bisa mendapatkan laba bersih sekitar Rp 11 juta/ bulan. Oh ya, dengan bergabung menjadi mitra Yakisora, Anda juga memiliki peluang mendapatkan bonus berupa cash drawer, cup sealer, neon box unik, kulkas 2 pintu bahkan hadiah khusus Yamaha NMax untuk outlet dengan omzet tertinggi.

Yuk baca, Apa itu Waralaba? Pengertian, Jenis dan Konsep Bisnis

Cara bergabung menjadi mitra Yakisora adalah dengan melakukan proses admistrasi dan persiapan teknis (seperti survei lokasi, booth set up dan training) terlebih dahulu, baru setelah itu Anda bisa mulai menjalankan usaha. Nah jika Anda tertarik, ada baiknya Anda berkonsultasi dan membaca proposal kemitraan yang bisa di akses lewat website resmi Yakisora.

6. Burger Brambang

FRANCHISE BURGER Burger Brambang

Unik ya nama mereknya? Burger Brambang adalah salah satu merek burger dan beef bowl premium yang memproduksi bahan bakunya sendiri menggunakan 100% daging US dan Australia.

Daging burger dibuat dengan teknologi dari Jerman sehingga higienitasnya tetap terjaga dan menghasilkan ukuran serta bentuk yang konsisten. Ada juga menu french fries yang menggunakan kentang dari Belgia.

Burger Brambang menyediakan berbagai paket kemitraan yang di mulai dari Rp 1 jutaan. Hm.. bisa menjadi alternatif pilihan bagi Anda yang ingin menjadi pemilik kedai burger tapi masih memiliki modal yang terbatas, bukan?

Semua paket “Griddle” sudah include dengan Griddle dan alat lainnya serta 1x training untuk satu 1 orang. Nah, berikut adalah daftar lengkap paket waralaba Burger Brambang!

  • Gerobak Griddle gas : Rp 9,95 juta
  • Gerobak Griddle listrik : Rp 11,45 juta
  • Griddle Gas : Rp 3,95 juta
  • Griddle Listrik : Rp 4,95 juta
  • Ekspress (tanpa peralatan) : Rp 1,45 juta

Burger Bambang juga sudah punya website dan aplikasinya sendiri, sehingga Anda bisa dengan mudah membeli bahan baku lewat situ. Untuk menjadi mitra Burger Brambang Anda harus melakukan registrasi dengan mengisi form yang tersedia terlebih dahulu. Atau Anda bisa berkonsultasi dengan menghubungi tim Burger Brambang.

7. Rachacha

waralaba jajanan minuman kekinian Rachacha

Siapa yang tidak suka Thai tea?

Minuman kekinian ini sudah dikenal dan menjadi favorit banyak orang. Jika 6 franchise pilihan sebelumnya adalah makanan, kali ini kita akan mengulas minuman kekinian yakni Thai tea. Jika Anda tertarik berbisnis Thai tea, Rachacha mungkin bisa menjadi pilihan Anda. Booth thai tea memang sudah banyak, tapi hanya beberapa saja yang nama mereknya sudah cukup besar termasuk Rachacha.

Pada tahun 2018, Rahacha mendapatkan reward sebagai “The Most Promising Brand 2018 – Franchise dan Business Opportunity” dari Majalah Franchise. Kemudian pada tahun berikutnya Rachacha juga meraih penghargaan “Rising Business Opportunities” dari Franchise Global.

Modal membeli franchise ini bisa di mulai dari Rp 6,9 jutaan. Paket tersebut sudah termasuk booth portable, 300 bahan baku, roll banner, dan perlengkapan lainnya. Nah berbicara tentang ROI dari bisnis franchise Rachacha, kemungkinan Anda bisa mendapatkan keuntungan bersih sebesar Rp 8 juta dengan asumsi penjualan 100 cup/ hari selama 26 hari kerja.

Sudah lebih dari 1000 mitra bergabung dengan Rachacha yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Jika Anda belum yakin untuk join, Anda bisa mempelajari terlebih dahulu proposal bisnis Rachacha yang bisa di download lewat website resminya.

Penutup

Bisnis franchise makanan dan jajanan kekinian bisa menjadi alternatif untuk meningkatkan income. Namun sebelum memutuskan franchise mana yang akan Anda beli, ada baiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu. Dalam proses riset, coba pertimbangkan kebutuhan, area tempat usaha, modal dan juga nama brand dari franchise sebelum Anda benar-benar memilih. Semoga 7 franchise makanan dan jajanan kekinian diatas bisa menginspirasi Anda dan memilih bisnis waralaba terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *