6 Cara Menghemat Uang dengan Anggaran Yang Terbatas

1 min read

6 Cara Menghemat Uang dengan Anggaran Yang Terbatas

Saat kita memiliki anggaran yang terbatas, tidak mudah menemukan cara untuk menghemat uang.

Meskipun demikian, penting untuk menyisihkan sedikit uang untuk masa depan, tidak peduli berapa banyak pendapatan yang dihasilkan saat ini.

Berikut ini adalah 6 cara efektif menghemat uang bahkan ketika kita bekerja keras dengan anggaran yang terbatas.

Sering Diabaikan, Inilah 4 Manfaat dari Menerapkan Budgeting

6 Cara Menghemat Uang dengan Anggaran Yang Terbatas

1. Pilah Pilih Layanan Langganan Streaming

Salah satu cara paling mudah mencari uang untuk disimpan ke dalam rekening tabungan adalah dengan membatalkan layanan TV kabel dan beralih ke layanan yang lebih murah. Saat ini cukup mudah untuk mendapatkan berbagai macam pilihan hiburan dari layanan streaming dengan biaya yang sesuai anggaran kita.

2. Perhatikan Tagihan Makanan

Cara lain untuk menghemat uang adalah dengan mengubah cara makan kita. Hal terbaik yang dapat dilakukan adalah berhenti atau sangat mengurangi makan di luar.

Jauh lebih murah untuk memakan sisa makanan dari makan malam semalam daripada pergi keluar untuk makan siang. Sebagai informasi, biaya makan di luar cenderung lebih mahal daripada membeli bahan makanan.

Kita juga bisa mempertimbangkan untuk berhenti atau mengurangi konsumsi daging. Harga daging segar biasanya lebih mahal. Sisa uang bisa digunakan untuk membeli buah, sayur, hingga kacang-kacangan.

3. Pangkas Setiap Kategori Sedikit Demi Sedikit

Saat kita melakukan budgeting, kita mungkin sudah memangkas semua barang yang tidak perlu dari anggaran kita.

Langkah selanjutnya yang mungkin dapat menghemat beberapa rupiah lagi per kategori dan menyimpan atau mengalokasikan uang tersebut seperti untuk investasi. Misalnya dengan memangkas dua atau tiga bahan makanan dan menggunakan angkutan umum.

4. Gunakan Uang Tunai Untuk Pengeluaran Harian

Membawa uang tunai untuk membayar seluruh pengeluaran bisa saja tidak praktis namun hal tersebut dapat membantu kita dalam mengurangi pengeluaran. Tentukan dengan jelas batasan dalam penggunaan uang tunai.

Tips Efektif Budgeting Sistem Amplop

Biaya membeli makan atau bahan makanan dan hiburan adalah dua kategori utama yang bisa dengan menggunakan uang tunai. Begitupun saat membeli pakaian dan makan di luar.

5. Fokus Lunasi Utang

Utang dengan bunga yang besar seperti kartu kredit atau pinjaman online sejatinya dapat menghabiskan penghasilan bulanan kita.

Pernahkah kamu menghitung total bunga yang dibayarkan setiap kita menggunakan kartu kredit?

Mengambil langkah untuk melunasi utang secepat mungkin dapat membebaskan kita dari beban bunga yang terus bertambah dan memungkinkan kita untuk melakukan banyak hal dengan uang (untuk membayar bunga) tersebut.

Jika kita ingin hidup lebih nyaman dan memiliki tabungan, melunasi utang sesegera mungkin adalah langkah yang tepat.

Masalah Umum Soal Budgeting dan Cara Mengatasinya (Part 1)

6. Temukan Cara untuk Mengurangi Pengeluaran Besar

Perhatikan pengeluaran paling besar dari seluruh budget anggaran yang sudah dibuat. Apakah untuk servis mobil? Bisakah menemukan tempat tinggal yang lebih murah dan bagus? Bisakah tinggal dengan roomates untuk menghemat uang sewa?

Pilihan-pilihan tersebut merupakan langkah terakhir yang bisa kita lakukan saat mencari cara untuk meningkatkan tabungan. Pilihan-pilihan tersebut sangat membantu kita menghemat banyak uang setiap bulannya. Semakin rendah biaya-biaya tersebut, semakin mudah untuk kita mencapai impian kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *