6 Cara Mengatur Keuangan dengan Gaji 2 Juta

1 min read

6 Cara Mengatur Keuangan dengan Gaji 2 Juta

Banyak orang yang beranggapan bahwa mustahil mengelola keuangan dalam memenuhi kebutuhan bulanan dengan gaji 2 juta. Padahal, meski sulit, hal tersebut nyatanya tidak mustahil untuk dilakukan.

Mengatur kebutuhan bulanan dengan gaji yang terbatas memang membutuhkan siasat tersendiri. Karena itu, jika dilakukan dengan benar, tidak hanya memenuhi kebutuhan, kamu bahkan masih bisa menabung maupun berinvestasi.

Nah, berikut ini adalah 6 cara mengatur keuangan dengan gaji 2 juta!

1. Menyisihkan Uang di Awal Bulan

Menyisihkan uang di awal bulan adalah salah satu hal yang penting dilakukan, terutama jika kamu memiliki gaji hanya 2 juta. penyisihan seawal mungkin setelah gaji diterima ini akan membantumu untuk menekan keinginan berbelanja.

Pastikan kamu tidak mengutak-atik uang yang disisihkan ini pada sesuatu yang bukan tujuannya. Contohnya, uang yang disisihkan adalah untuk biaya hidup. Tentunya, kamu tidak boleh mengalokasikannya untuk hobi, sekedar keinginan, atau barang promo yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

2. Catat Pemasukan dan Pengeluaran

Apakah selama ini kamu selalu melakukan pencatatan pada pemasukan dan pengeluaran bulanan? Jika kamu sudah terbiasa mencatat pemasukan dan pengeluaran, pertahankan hal ini. Namun jika tidak, cobalah membiasakan diri untuk mencatatnya dari sekarang, ya!

Pencatatan dilakukan agar kamu dapat mengestimasi anggaran dengan tepat. Hal ini bertujuan untuk mengetahui pemasukan dan pengeluaran bulanan. Catatan ini juga berfungsi sebagai rekaman data keuangan dan untuk mengetahui apa saja uang yang keluar dan yang dipakai.

3. Mempertimbangkan untuk Hidup Sederhana

Hidup sederhana selalu menjadi kunci untuk bisa hidup lebih sejahtera di masa yang akan datang. Dengan hidup sederhana, tak ada lagi sikap boros, tak ada lagi keinginan menggebu-gebu untuk memiliki semua benda atau koleksi. Karena itu, penting untuk mempertimbangkan hidup yang sederhana demi bisa mengelola gaji sebesar 2 juta setiap bulannya.

4. Mengetahui Persentase Alokasi Gaji yang Tepat

Ketahui juga nominal-nominal persentase yang tepat dalam mengalokasikan gaji. Persentase yang paling disarankan adalah untuk menjadikan sebanyak 40% sebagai biaya hidup, 30% untuk tagihan, 20% untuk berinvestasi, dan 10% untuk beramal atau kebutuhan lain.

Kamu juga bisa mengubah persentase investasi dan cicilan. Seperti misalnya menjadikan 30% untuk investasi dan 20% saja untuk membayar cicilan. Bisa juga dengan menambah persentase investasi atau menabung karena ternyata dalam satu bulan kamu bisa lebih hemat.

5. Mencari Pemasukan Tambahan Jika Dibutuhkan

Jika gaji 2 juta dirasa sangat kurang, maka satu-satunya solusi yang bisa kamu lakukan adalah mencari sumber pemasukan tambahan. Bisa dengan menjadi seorang freelancer atau melakukan pekerjaan part time.

6. Berhemat

Berhemat adalah hal wajib, apalagi jika penghasilan yang kamu punya relatif kecil. Hal-hal yang tidak terlalu berpengaruh terhadap daya hidup bisa kamu kurangi atau hentikan sementara.  

Kegiatan konsumtif seperti shopping di mall, jalan-jalan, ataupun nongkrong di kafe bisa kamu lakukan jika memang ada uang berlebih. Cerdik memilih harga juga harus kamu kuasai. Kamu bisa membandingkan harga suatu barang dari beberapa toko dan pilih mana yang lebih murah.

Itulah 6 mengatur keuangan dengan gaji 2 juta. Nah, selamat mencoba ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *