6 Cara Mengatasi Krisis Keuangan Rumah Tangga | Timeslib

2 min read

6 Cara Mengatasi Krisis Keuangan Rumah Tangga | KlikCair

Waktu baca: 3 menit

Kebutuhan di dalam rumah tangga tentu berbeda dengan saat kamu masih single. Banyak kebutuhan rumah tangga yang harus dipenuhi di antaranya ialah biaya pendidikan anak, cicilan dan sebagainya. Makanya dari hal itu rumah tangga pasti akan mengalami suatu krisis walaupun pasangan sama-sama bekerja dan memiliki penghasilan tetap. Makanya kamu perlu mengetahui cara mengatasi krisis keuangan rumah tangga agar tetap harmonis.

Kondisi keuangan sudah tentu akan berubah seperti roda, kadang kita di atas dan kadang juga sedang di bawah. Meski begitu, jangan sampai membuat rumah tanggamu berantakan. Kamu harus bisa mempertahankan kondisi rumah tanggamu terlebih saat mengalami krisis keuangan TemanKlik.

Nah berikut ini cara mengatasi krisis keuangan rumah tangga agar tetap harmonis dan bahagia.

Cara Mengatasi Krisis Keuangan Rumah Tangga

  • Tetap terbuka dengan pasangan
Terbuka dengan pasangan. Photo by Pexels

Saat menghadapi krisis keuangan, kamu dan pasangan harus saling percaya dan terbuka satu sama lain. Hilangkan rasa curiga yang datang. Sebab, jika hati dan pikiran ini dipenuhi dengan rasa curiga maka yang akan timbul ialah prasangka buruk dan keributan yang tidak berujung.

Inilah mengapa penting bersikap saling terbuka, baik di sisi pemasukan maupun pengeluaran. Jangan sampai ada yang ditutup-tutupi. Sebab, jika ketahuan akibatnya bisa fatal. Kamu dan pasangan dapat terlibat pertengkaran hebat, hingga membuat kondisi rumah tanggamu berantakan.

  • Jangan menghakimi kondisi keuangan pasangan
Tidak menghakimi kondisi keuangan pasangan. Photo by Pexels

Saat mengetahui jika sikap pasangan yang boros menjadi salah satu pemicu utama krisis, sebaiknya jangan mempertegas hal ini di depannya. Justru hal itu bisa membuat pasangan semakin terpuruk. Lebih baik, saling mengingatkan satu sama lain dan cari solusi bersama untuk menghilangkan pemborosan yang dilakukan itu.

Saat berdiskusi, usahakan dengan suasana yang santai dan gunakan bahasa santun tanpa ngegas dan jika bisa diselingi canda tawa yang menghibur. Jangan lupa untuk saling meyakinkan bahwa krisis keuangan yang terjadi bukan hanya beban salah satu dari kalian. Namun hal itu jadi tanggungan yang dipikul dan diselesaikan bersama.

  • Mengatur ulang anggaran rumah tangga
Cara Mengatasi Krisis Keuangan Rumah Tangga
Kurangi belanja hal yang tidak perlu. Photo by @dylu

Saat mengalami krisis keuangan rumah tangga, cobalah untuk mengatur ulang anggarannya. Buat daftar yang baru dengan memangkas pengeluaran-pengeluaran besar yang tidak perlu. Utamakan penuhi kebutuhan prioritas seperti kebutuhan dapur, cicilan utang, tagihan listrik dan air, kuota internet, dan sebagainya.

Hemat uang. Photo by Fox Business

Kencangkan ikat pinggangmu dan pasangan serta jangan lupa untuk berhemat. Sebab, kondisi krisis keuangan harus ditanggung bersama. Kurangi kebiasaan makan di luar, belanja kebutuhan dengan berlebihan, dan sebagainya.

Mulailah untuk mencoba memasak makanan sendiri di rumah, bawa bekal ke kantor, stop jajan, dan lainnya. Penghematan ini harus dilakukan dengan pasanganmu secara disiplin. Hal itu agar perlahan rumah tanggamu terbebas dari jerat krisis finansial.

Baca juga: Ketahui Apa Saja Tips Hemat untuk Ibu Rumah Tangga

  • Lakukan hal-hal yang bikin rumah tangga tetap harmonis
Cara Mengatasi Krisis Keuangan Rumah Tangga
Jaga keharmonisan. Photo by Pexels

Saat menghadapi krisis keuangan rumah tangga, pastikan kamu dan pasangan lebih peduli satu sama lain. Usahakan lebih banyak menyisihkan waktu untuk berdiskusi membahas keuangan yang sebelumnya tidak pernah dilakukan. Hal itu terkesan sederhana namun bisa memperkuat keharmonisan keluarga.

  • Selalu ada saat pasangan membutuhkanmu
Saling mendukung satu sama lain. Photo by Pixabay

Kesulitan keuangan merupakan salah satu ujian rumah tangga. Dalam situasi tersebut tentu kamu dan pasangan harus selalu ada untuk saling menemani dan menguatkan.

Lalu, jangan lupa untuk mencari solusi atas masalah yang terjadi. Semua hal perlu dibicarakan berdua agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Demikian cara mengatasi krisis keuangan rumah tangga yang bisa dilakukan oleh kamu dan pasangan. Yang terpenting, kamu dan pasangan tetap saling mendukung satu sama lain dan komunikasi tetap berjalan agar tidak muncul kesalahpahaman yang tidak perlu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *