5 Tips Yang Dapat Membantu Anda Menangani Pay Cut Akibat Pandemi

1 min read

5 Tips Yang Dapat Membantu Anda Menangani Pay Cut Akibat Pandemi

Pandemi virus Covid-19 atau Corona secara drastis mengubah lanskap banyak perusahaan dan bisnis kecil. Banyak perusahaan terpaksa merumahkan atau memberhentikan karyawan untuk menghindari masalah arus kas yang serius. Sementara itu, yang lainnya terpaksa menunda perekrutan karyawan baru. 

Namun, ada juga beberapa perusahaan mengadopsi pendekatan lainnya, yaitu mereka memangkas kompensasi untuk menutup kerugian pendapatan dan mempertahankan pekerja mereka tetap bekerja.

Menurut sebuah studi oleh The Conference Board, terdapat 61% dari perusahaan publik di Amerika Serikat yang mengumumkan pengurangan gaji. Rata-rata perusahaan tersebut memangkas gaji pokok, mulai dari level manajer senior.

Jika kamu juga mengalami pemotongan gaji yang tidak terduga karena pandemi virus Covid-19 atau Corona, ada beberapa tindakan yang dapat diambil untuk tetap bertahan secara finansial. Tips-tips ini juga tetap relevan digunakan jika kamu mengalami PHK sementara ataupun permanen.

1. Buat Anggaran Bulanan yang Baru

Setiap kali penghasilanmu berubah, artinya perlu meninjau kembali anggaran bulananmu dan melakukan penyesuaian. Jika kamu sebelumnya belum pernah melakukan penganggaran, langkah pertama adalah membuatnya.

Masalah Umum Soal Budgeting dan Cara Mengatasinya (Part 2)

Cantumkan semua pengeluaranmu, dan beri label mana yang kebutuhan maupun mana yang diinginkan. Tinjau laporan kartu kredit dan rekening bank untuk memastikan kamu tidak mengabaikan biaya berulang yang mudah terlewatkan (seperti biaya bulanan untuk layanan streaming).

Di samping setiap pengeluaran, catat apakah itu kebutuhan atau keinginan. Misalnya, biaya sewa tempat tinggal akan menjadi kebutuhan, sedangkan layanan streaming akan menjadi keinginan.

2. Buat Anggaran Bulanan yang Baru

Cara lain untuk mengurangi anggaranmu adalah dengan memotong semua pengeluaran yang tidak penting dengan persentase tertentu. Yang tidak penting umumnya adalah barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan. Sebagai contoh, membeli makanan siap saji ataupun pakaian baru.

3. Hemat Kebutuhanmu

Saat berusaha menuju anggaran yang layak untuk rumah tanggamu, tinjau kembali daftar kebutuhanmu, dan identifikasi barang-barang yang dapat dihemat. Misalnya jika tagihan belanja bulananmu tinggi, sebaiknya buat rencana untuk hanya membeli barang-barang yang diobral saja.

4. Cobalah untuk Tetap Membayar Dana Pensiun Ataupun Menabung

Ketika penghasilanmu berkurang, tampaknya masuk akal untuk mengurangi atau menghentikan membayar dana pensiun supaya punya dana bulanan lebih banyak. Tetapi melakukan hal itu dapat memiliki implikasi serius bagi rencana pensiun kamu.

Karena itu, cobalah untuk tetap menyisihkan dana pensiun. Misalnya, sesuaikan dana yang disetor menjadi hanya 10% dari penghasilanmu. Jika memungkinkan, ada baiknya kamu juga tetap menabung.  

5. Pikirkan Tentang Tujuan Jangka Panjang

Jika pandemi virus Covid-19 atau Corona mengubah perspektif dan pemikiranmu tentang karier, luangkan waktu untuk menyusun daftar tujuan jangka panjang yang baru.

Tuliskan item tindakan spesifik untuk membuat tujuanmu menjadi kenyataan. Selain itu, tetapkan tenggat waktu yang layak untuk tujuan yang kamu tetapkan, sehingga bisa mencapainya secara realistis.

Well, itulah beberapa tips yang bisa membantumu mengatasi pemotongan gaji akibat pandemi. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *