5 Langkah Penting Cara Membangun Brand Bisnis | Timeslib

1 min read

5 Langkah Penting Cara Membangun Brand Bisnis | KlikCair

Waktu baca: 3 menit

Mungkin kamu saat ini sedang mencari tahu tentang bagaimana cara membangun brand. Dan kamu menemukan banyak sekali materi yang bersifat teoritis yang berkenaan dengan membangun brand bisnis. Kamu tahu tidak mudah untuk membuat brand bisnis yang kuat.

Akan tetapi, kamu tidak perlu pesimis. Daripada berkutat pada teori, alangka lebih baik jika kamu belajar sedikit lalu praktik. Karena di tengah perjalanan nanti, kamu akan menemukan ilmu yang baru tentang branding. Atau bahkan mungkin kamu menemukan jalan sendiri untuk membangun brand bisnis.

Untuk langkah awal, sebaiknya kamu pelajari 5 hal dalam membangun brand. Pahami lalu praktikkan. Apa saja 5 hal yang dimaksud?

  • Tentukan Siapa Target Market Bisnismu
Tentukan siapa target market bisnis. Photo by @nickmorrison

Yang pertama adalah menentukan target market atau calon konsumen dari produk bisnismu. Bagian ini yang sering diabaikan. Padahal, ini menjadi fondasi penting dalam membangun branding.

Kamu harus menyadari bahwa brand itu karakteristik dari bisnismu. Dan brand milikmu itu harus mudah dikenali oleh target market yang diinginkan. Jadi, kamu harus tentukan siapa sih target market yang diinginkan, mulai dari jenis kelamin, usia, lokasi, dan lain sebagainya.

  • Pahami Apa yang Target Market Inginkan
Paham target pasar.
Paham apa yang diinginkan target market. Photo by Pexels

Sudah tahu siapa target market? Langkah selanjutnya adalah mencari tahu apa yang mereka inginkan. Dari sana, kamu akan tahu bagaimana cara menyampaikan value dari produkmu agar ada ikatan antara konsumen dengan produk tersebut.

Baca juga: Mencari Rekan Bisnis yang Tepat untuk Akselerasi Perkembangan Usaha

  • Buat Hubungan antara Bisnismu dengan Target Market
Jaga hubungan dengan customer.
Hubungkan bisnis dengan target market. Photo by Rawpixel

Sebisa mungkin kamu harus membangun hubungan antara bisnismu dengan target market. Bagian konten yang mereka suka yang ada kaitannya dengan bisnismu. Konten tersebut bisa berupa artikel, gambar, video, dan lain sebagainya. Gunakan semua channel yang ada, seperti Instagram, Facebook, TikTok, Youtube, dan juga blog. Semakin banyak channel yang digunakan, semakin besar kamu bisa menjangkau target market yang diinginkan.

Cara Membangun Brand
Buat logo dan tagline. Photo by @sxy_selia

Setelah terbangun hubungan antara bisnis dengan target market, sekarang waktunya menerapkan cara membangun brand yang penting. Yaitu membuat logo dan tagline.

Logo itu seperti simbol yang menggambarkan bisnismu. Logo akan membuat target market tahu langsung bahwa itu bisnismu. Dan untuk terus mengingatkan apa brand milikmu, buatlah tagline yang menarik. Yaitu tagline yang mengikat sisi emosional target market.

  • Fokus Memberikan Value kepada Target Market
Cara Membangun Brand
Memberikan value kepada target pasar. Photo by Pexels

Membangun brand itu butuh konsistensi. Tujuannya agar orang semakin kuat ikatannya dengan bisnismu. Dan mereka tidak lupa dengan bisnismu.

Konsistensi ini bisa dilakukan dengan cara membagikan konten yang valuable atau bernilai. Kesalahan yang sering dilakukan oleh pebisnis pemula adalah menawarkan produk atau jualan. Tentu itu bukan hal yang salah. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa kebanyakan orang justru ilfil jika kamu terus berjualan. Kamu harus membagikan konten yang edukatif, bernilai, dan bermanfaat untuk mereka juga.

Itulah beberapa cara membangun brand yang bisa kamu lakukan terlebih dahulu. 5 tips tersebut hanya awal untuk kamu membangun brand. Dan itu sudah cukup. Saat mulai branding, kamu tidak boleh lupa untuk menjaga atau meningkatkan kualitas produk. Karena percuma saja kamu sudah branding tapi kualitas produk tidak sesuai dengan brand yang disampaikan atau tidak sesuai dengan ekspektasi target market. Jadi, membangun brand harus dibarengi juga dengan meningkatkan kualitas produk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *