5 Jenis Sertifikasi di Bidang Keuangan Yang Perlu Kamu Ketahui!

1 min read

5 Jenis Sertifikasi di Bidang Keuangan Yang Perlu Kamu Ketahui!

Cara mengetahui kompetensi seseorang di bidang keuangan adalah melalui sertifikasi. Dalam bidang keuangan, terdapat beragam sertifikasi keahlian namun ada lima sertifikasi yang umum ditemui.

Perlukah Menggunakan Jasa Financial Planner?

Sertifikasi adalah bukti kompetensi seseorang di bidang tertentu yang mana dalam hal ini di bidang keuangan. Di pasar tenaga kerja atau pasar jasa tertentu, sertifikasi bisa menjadi penguat daya tawar seseorang. Berikut ini 5 jenis sertifikasi di bidang keuangan yang bisa kamu ketahui:

5 Jenis Sertifikasi di Bidang Keuangan

  1. Chartered Financial Analyst (CFA)

CFA adalah salah satu sertifikasi yang paling populer dan bergengsi di bidang investasi dan keuangan di dunia. Meskipun demikian, di Indonesia jumlah pemegang sertifikat ini masih sedikit yaitu bari sekitar 261 orang saja.

CFA Institute menawarkan sertifikasi ini kepada orang-orang yang bekerja di bidang investasi dan keuangan. Untuk mendapatkan sertifikasi ini, calon pemegang sertifikat harus melewati 3 level ujian, yaitu level 1, level 2, dan level 3.

Tak perlu khawatir karena sebelum mengikuti ujian, para calon pemegang sertifikat bisa mengikuti program persiapan yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi atau lembaga non-perguruan tinggi.

2. Certificate in Finance, Accounting and Business (CFAB)

Institute of Chartered Accountants in England and Wales (ICEAW), sebuah lembaga global yang berpusat di Inggris dan memiliki kantor perwakilan di Indonesia ini menawarkan program sertifikasi berupa Certificate in Finance, Accounting, and Business (CFAB).

Di sertifikasi ini, para profesional yang bekerja di bidang keuangan dapat memperdalam pengetahuan di bidang akuntansi, keuangan, dan bisnis. Materi yang akan dipelajari adalah manajemen informasi, hukum bisnis, asuransi, dan akuntansi. Sertifikasi ini dapat ditempuh dalam jangka waktu 12 bulan.

3. Certified Financial Planner (CFP)

CFP adalah sertifikasi yang biasanya diikuti oleh para financial planner, baik itu uang bekerja secara independen atau di industri keuangan. Pasalnya, sertifikasi ini diselenggarakan untuk memastikan bahwa perencana keuangan memiliki pengetahuan dan keahlian yang memadai untuk melakukan aktivitas terkait perencanaan keuangan.

Program sertifikasi ini ditawarkan oleh Financial Planner Standards Boards (FPSB) yang memiliki jaringan di berbagai negara, termasuk Indonesia. FPSB Indonesia mensyaratkan calon pemegang sertifikat memenuhi proses yang meliputi pendidikan, ujian, etika, dan pengalaman kerja.

4. Certified Public Accountant (CPA)

CPA merupakan sertifikasi tertinggi pada profesi akuntan publik di Indonesia. Sertifikasi ini mencakup berbagai pengetahuan teoritis seperti akuntansi, audit, pengendalian internal, sistem informasi, perpajakan, ekonomi makro dan mikro, manajemen keuangan, dan sebagainya.

Sertifikasi ini diadakan oleh Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI). Sertifikasi ini pula adalah syarat yang diperlukan untuk penerbitan izin praktek individu oleh Pusat Pembinaan Akuntan dan Jasa Penilai Kementerian Keuangan. 

5. Certified Wealth Managers (CWM)

CWM adalah sertifikasi yang dibutuhkan bagi profesional yang bekerja di industri keuangan bagian wealth manager atau pengelola kekayaan para nasabah. Di program sertifikasi ini, materi yang dipelajari adalah dasar-dasar pengelolaan kekayaan, investasi, manajemen risiko, aspek legal, mengelola pensiun, dan sebagainya.

Dalam program ini ada standar kompetensi internasional sehingga seseorang dengan sertifikasi ini bisa mendapatkan kepercayaan dari nasabah yang ingin kekayaannya dikelola. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *