5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop untuk Anak Sekolah

1 min read

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop untuk Anak Sekolah

Tak lama lagi ajaran baru akan segera dimulai. Sayangnya, semenjak awal tahun 2020, anak-anak sekolah diharuskan untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar secara daring. Untuk menunjang kegiatan tersebut, setiap anak setidaknya harus memiliki PC atau laptop. Namun ada beberapa hal yang wajib diperhatikan saat memilih laptop untuk anak sekolah seperti yang diulas di bawah ini.

5 Tip yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop untuk Pelajar

1. Memilih Laptop yang Nyaman

Kenyamanan merupakan faktor yang harus menjadi pertimbangan utama saat memilih laptop. Kenyamanan dalam hal ini mencakup beberapa komponen utama pada laptop seperti layar, keyboard, touchpad, maupun kamera.

Untuk menunjang kenyamanan anak saat menjalani kegiatan belajar mengajar secara daring, pilihlah laptop dengan layar full HD dan perhatikan juga kualitas touchpad serta keyboard. Tanyakan pada penjual seperti apa kemampuan laptop jika digunakan untuk melakukan video call dan seberapa jernih hasil video yang diberikan.

2. Memilih Laptop dengan Desain Ergonomis

Ada beberapa spesifikasi khusus yang wajib diperhatikan saat memilih laptop untuk anak sekolah, salah satunya adalah desain. Pilihlah laptop yang mengusung desain ergonomis. Mengingat bahwa anak sekolah sering membawa tas dengan beban yang cukup berat dan masih dalam masa pertumbuhan, laptop dengan desain ringan dan tipis merupakan pilihan yang tepat. 

Selain itu, perhatikan juga dimensi layar. Laptop dengan layar berukuran 11 hingga 13 inchi sudah menjadi pilihan yang cukup ideal bagi para anak sekolah yang baru pertama kali belajar menggunakan laptop. 

3. Pertimbangkan RAM dan CPU

Spesifikasi RAM dan CPU merupakan hal ketiga yang harus diperhatikan sebelum membeli laptop untuk anak sekolah. Spesifikasi laptop untuk pelajar memang tidak harus muluk-muluk seperti laptop yang digunakan para desainer grafis.

Meski begitu, bukan berarti Anda bisa memilih laptop ala kadarnya. Pastikan laptop memiliki kapasitas RAM yang cukup besar agar tidak membuat anak merasa kesulitan saat mengerjakan tugas dan harus membuka lebih dari satu jendela. 

4. Siapkan Dana

Meski banyak manufaktur yang berlomba-lomba menciptakan PC maupun laptop dengan inovasi terbaru, bukan berarti Anda harus selalu membeli laptop yang sedang tenar di pasaran. Kecuali jika Anda sudah menyiapkan dana untuk membeli laptop dengan fitur-fitur terbaru.

Namun jika anggaran yang disiapkan kurang memadai, tentu hal ini akan membuat Anda sedikit kesulitan memilih laptop untuk buah hati Anda. Jadi, pastikan untuk membeli laptop dengan spesifikasi yang sesuai dengan dana yang Anda miliki.

5. Garansi dan Pusat Servis

Laptop untuk anak sekolah dengan spesifikasi yang mumpuni tentunya tidak murah. Begitu pula dengan harga aksesoris maupun spare part. Oleh karena itu, wajib untuk membeli laptop yang dilengkapi dengan garansi dan memiliki pusat servis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *