5 Buku Rekomendasi Bill Gates untuk Bacaan Musim Panas

2 min read

5 Buku Rekomendasi Bill Gates untuk Bacaan Musim Panas

Membaca buku merupakan hobi yang sangat bermanfaat bagi semua orang. Itu sebabnya sejumlah pengusaha sukses tidak pernah meninggalkan hobi ini walaupun ia sangat sibut, salah satunya adalah Bill Gates.

Sebagai salah satu orang terkaya di Dunia, Bill Gates diketahui membaca sedikitnya 50 buku setiap tahunnya.

Bill Gates mengaku sudah kecanduan membaca sejak kecil. Itu adalah salah satu kunci kepintaran dan kesuksesan pendiri perusahaan teknologi Microsoft tersebut. Tidak sekadar membaca, ia bahkan juga sempat menulis beberapa review buku di blognya, Gates Notes.

Jadi Orang Terkaya, Ini Kunci Sukses Bill Gates

Di dalam blognya tersebut, baru-baru ini Bill Gates juga membagikan daftar buku yang ia rekomendasikan sebagai bacaan musim panas di Amerika Serikat. Temanya sendiri cukup beragam dan membahas topik-topik yang menarik.

Berikut ini adalah daftar buku rekomendasi Bill Gates sebagai bacaan musim panas!

1. ‘Under a White Sky: The Nature of the Future’ (Elizabeth Kolbert)

Elizabeth Kolbert adalah staf penulis pemenang Hadiah Pulitzer di The New Yorker. ‘Under a White Sky: The Nature of the Future’ merupakan buku ketiganya setelah ‘Field Notes from a Catastrophe: Man, Nature, and Climate Change’ dan ‘The Sixth Extinction’. Dalam buku ini, Kolbert mencoba menelaah apakah inovasi dari manusia untuk menyelamatkan Bumi yang telah mereka rusak sendiri.

Kolbert mengangkat berbagai isu-isu seperti menyelamatkan terumbu karang, gene editing, dan geoengineering yang melibatkan perubahan sementara pada atmosfer atau lautan untuk mengontrol suhu bumi.

“Saya senang bahwa penulis cerdas seperti Elizabeth mengingatkan kita tentang risiko mencoba campur tangan pada cara kerja alam. Tetapi saya berharap dia juga mengeksplorasi apakah resikonya layak diambil, atau apakah ada alternatifnya,” tulis Gates dalam ulasannya tentang buku ini di blog Miliknya.

2. A Promised Land (Barrack Obama)

Gates mengagumi memoar mantan presiden Barack Obama ini. Buku ini menceritakan kehidupan Obama melalui operasi di tahun 2011 yang menewaskan Osama bin Laden. Menurut Gates, A Promised Land adalah buku yang menyegarkan dan jujur. Di buku ini, Obama tidak mencoba menjual dirinya kepada para pembaca atau mengklaim bahwa dia tidak melakukan kesalahan.

“Anda harus menjadi orang yang cukup sadar diri untuk menulis autobiografi yang jujur, sesuatu yang jarang dilakukan oleh para politisi. Untungnya, Presiden Obama tidak seperti kebanyakan politisi. Ini bacaan yang bagus, tidak peduli apa aliran politik pembacanya,”tulis Gates dalam ulasannya.

3. ‘Lights Out: Pride, Delusion, and the Fall of General Electric’ (Thomas Gryta & Ted Mann)

General Electric (GE) adalah perusahaan mitos. Ketika GE mulai menggunakan perangkat lunak Microsoft di masa-masa awal kami, itu memberi kami dorongan besar di pasar, karena GE adalah perusahaan penentu arah.” Menurut Gates dalam ulasannya di blog.

‘Lights Out: Pride, Delusion, and the Fall of General Electric’ yang ditulis oleh wartawan Wall Street Journal, Thomas Gryta dan Ted Mann menceritakan tentang masa kejayaan hingga kejatuhan General Electric.

Di buku ini diceritakan bahwa selama bertahun-tahun, investor menyukai saham GE karena tim manajemen selalu “membuat angka”, yaitu, perusahaan menghasilkan laba per saham setidaknya sebesar prediksi analis Wall Street.

Berdasarkan tulisan Gryta dan Mann, hal ini juga memunculkan sisi negatif. Banyak masalah yang akhirnya disembunyikan oleh manajemen GE demi menjaga kinerja, sehingga memungkinkan masalah kecil menjadi masalah besar sebelum terdeteksi.

4. The Overstory (Richard Powers)

“The Overstory” adalah buku yang memenangkan Hadiah Pulitzer 2019 dalam kategori fiksi. Buku fiksi ini adalah sebuah ode untuk pohon melalui sembilan cerita karakter yang hidupnya dalam satu atau lain cara dipengaruhi oleh mereka.

“Buku itu membuat saya ingin belajar lebih banyak tentang pohon. Anda tidak memerlukan pengetahuan khusus untuk mengikuti ceritanya, tetapi itu membuat saya sangat penasaran tentang subjeknya. Ada keanggunan tertentu tentang bagaimana pohon cocok dengan ekosistemnya. Sungguh menakjubkan bahwa mereka hidup begitu lama, pohon tertua di dunia berusia lebih dari 4.800 tahun!”tulis Gates dalam ulasannya di blog.

5. An Elegant Defense: The Extraordinary New Science of the Immune System: A Tale in Four Lives (Matt Richtel)

Ditulis oleh jurnalis pemenang Hadiah Pulitzer New York Times Matt Richtel,’ An Elegant Defense: The Extraordinary New Science of the Immune System: A Tale in Four Lives’ adalah buku tentang sistem kekebalan tubuh manusia. Richtel menceritakan kisah sistem kekebalan melalui “kisah empat orang nyata yang tantangan kesehatannya menggambarkan fitur dan bug sistem kekebalan.

Itu ditulis dan diterbitkan sebelum pandemi coronavirus, tetapi memberikan konteks yang baik untuk memahaminya. Yang paling mengharukan adalah kisah teman seumur hidup Richtel, Jason Greenstein, seorang salesman keliling yang didiagnosis dengan limfoma Hodgkin,” ungkap Gates dalam ulasannya di blog.

Ingin Merdeka Finansial? Ini 5 Rekomendasi Film Yang Akan Memotivasi Kamu

Well, itu adalah daftar buku rekomendasi Bill Gates sebagai bacaan musim panas yang ditulis di blognya, Gates Notes. Apakah kamu tertarik membacanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *