4 Lokasi yang Cocok untuk Investasi Tanah

1 min read

4 Lokasi yang Cocok untuk Investasi Tanah

Banyak orang yang sering menganggap bahwa investasi properti dengan investasi adalah hal serupa. Padahal, kedua hal tersebut justru berbeda. Bedanya hanya pada objeknya. Tanah baru sebatas lahan tanpa ada bangunan di atasnya. Beda sama properti yang sudah menjadi satu antara tanah dan bangunan.

Investasi tanah memang tidak murah, dan membutuhkan modal yang lumayan besar. Tapi, profit yang didapatkan juga bisa dibilang potensial untuk meraup untung yang lebih besar dari modal yang dikeluarkan.

Meski begitu, ada hal yang mesti diperhatikan sebelum menggeluti hal ini, salah satunya adalah pemilihan lokasi tanah untuk investasi. Soalnya, tidak semua lokasi bisa dijadikan sebagai investasi properti dan jika kamu salah memilih, malah kerugian yang didapat.

Berikut ini adalah 4 lokasi yang cocok untuk investasi tanah:

1. Lokasi Tanah yang Belum Punya Prospek Pembangunan

Jenis tanah yang satu ini biasanya belum masuk dalam rencana tata ruang yang spesifik. Misalnya saja, apakah untuk kawasan industri atau pemukiman. Maka itu membeli tanah jenis ini sifatnya spekulatif, tapi harganya lebih miring.

Jika prediksi tepat, maka di kawasan itu dibangun permukiman, pusat industri, dilewati jalan, atau pembangunan infrastruktur. Dan otomatis maka harga tanah merangkak naik. Begitu pun sebaliknya jika prediksi meleset. Harga tanah bakalan tetap statis.

2. Lokasi Tanah yang Jauh dari Kebisingan

Berikutnya, lokasi tanah yang bagus untuk investasi adalah yang jauh dari kebisingan. Artinya, ketika kamu ingin investasi tanah, pertimbangkan lokasinya terlebih dulu. Kamu bisa memilih lokasi tanah yang jauh dari kebisingan dan sesuatu yang tidak nyaman, seperti dekat dengan limbah sampah, kawasan yang dikenal memiliki tingkat kriminalitas tinggi, serta kawasan yang sering dilanda bencana alam.

Maka dari itu, sebelum mulai investasi tanah, pastikan kamu sudah benar-benar jeli melihat lokasi tersebut. Jika masih ragu, cobalah meminta bantuan kepada pihak notaris yang mungkin berada di dekat lokasi tanah tersebut.

3. Lokasi Tanah yang Dekat Pusat Kota dan Strategis

Memilih lokasi tanah yang bagus untuk investasi bisa juga dilihat dari strategis atau tidaknya lokasi tersebut. Pasalnya, kebanyakan orang atau perusahaan yang ingin membeli tanah pasti melihat letak dari tanah itu sendiri.

Idealnya, lokasi tanah haruslah berada dekat dengan pusat kota. Lokasi tersebut mudah diakses dari jalan raya dan tersedia fasilitas umum maupun fasilitas untuk menunjang ekonomi serta mudah dijangkau.

Walaupun berinvestasi di lokasi ini cukup mahal, namun coba bayangkan kalau nantinya ada yang membeli tanah milikmu karena dianggap strategis. Pasti keuntungan yang kamu dapatkan bisa mencapai berkali-kali lipat dari harga beli. Apalagi kalau letaknya ada di pusat kota besar seperti Jakarta.

4. Lokasi Tanah dengan Bentuk Trapesium

Terakhir, saat mencari lokasi tanah yang bagus untuk investasi adalah dengan melihat apakah bentuknya trapesium atau tidak. Sebab, kebanyakan orang pasti mengincar tanah berbentuk trapesium terutama untuk pembangunan rumah.

Jenis ini dinilai memiliki ukuran yang lebih sempit pada bagian depan ketimbang bagian belakangnya, di mana nantinya tampilan rumah akan terlihat lebih lebar di bagian belakangnya.

Well, itulah beberapa lokasi yang cocok untuk investasi tanah. Semoga informasi ini bermanfaat buatmu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *