4 Fungsi Paklaring Yang Jarang Diketahui Karyawan Baru

1 min read

4 Fungsi Paklaring Yang Jarang Diketahui Karyawan Baru

Surat paklaring merupakan dokumen yang menunjukkan seseorang pernah bekerja di sebuah perusahaan dengan posisi tertentu. Dokumen tersebut dikeluarkan oleh perusahaan di mana seseorang pernah bekerja dan berisi mengenai jenjang karir seseorang dari mulai bekerja hingga ia memutuskan untuk resign.

Tidak semua karyawan rupanya menyadari fungsi dari surat paklaring ini. Bahkan paklaring sendiri mengalami salah persepsi seperti surat referensi pekerjaan baru hingga surat rekomendasi dari tempat bekerja sebelumnya. 

Padahal, paklaring mengacu pada surat keterangan bekerja atau surat pengalaman bekerja. Paklaring bisa didapatkan oleh kamu atau seorang karyawan apabila telah bekerja minimal selama satu tahun. Pastikan seluruh pekerjaan kamu sudah dipenuhi sebelum resign ya sehingga kamu masuk dan keluar perusahaan dengan etika yang baik. 

Tips Jelaskan Resign Saat Wawancara Kerja

4 Fungsi Paklaring Yang Jarang Diketahui Karyawan Baru

Surat paklaring sejatinya memiliki banyak fungsi selain untuk keperluan melamar pekerjaan baru, terlebih lagi untuk kamu yang baru mulai bekerja atau memiliki pengalaman yang sedikit. Apa sajakah itu? 

1.Mencairkan Dana BPJS Ketenagakerjaan

Salah satu dokumen wajib yang harus dilampirkan saat mencairkan dana Jaminan Hari Tua (JHT) dari BPJS Ketenagakerjaan adalah surat keterangan bekerja yang asli dan fotocopy serta sudah dilegalisir. Meskipun kamu hanya mencairkan beberapa persen saja, kamu tetap membutuhkan surat paklaring. Jadi pastikan kamu mendapatkan dokumen tersebut sebelum resign ya!

2. Pinjaman Bank dan Kartu Kredit

Surat Paklaring juga menjadi syarat wajib bila seseorang ingin mengajukan pinjaman, baik itu Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), ataupun Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Tujuannya adalah agar bank percaya bahwa kamu dapat membayar pinjaman berdasarkan kesepakatan yang telah disetujui oleh kedua pihak.

Sama seperti mengajukan pinjaman ke bank, surat paklaring digunakan sebagai penanda bahwa kamu dapat membayar tagihan yang ada dengan rutin. 

3. Mengajukan Beasiswa

Bagi sebagian karyawan, bekerja digunakan untuk mengumpulkan biaya agar bisa melanjutkan pendidikan. Tahukah kamu bahwa kamu bisa menggunakan surat paklaring untuk mengajukan beasiswa baik itu dari pemerintah atau pihak swasta. Keuntungan lain yang didapatkan adalah kamu juga bisa mendapatkan surat referensi dari atasan-atasan yang pernah bekerjasama denganmu.

Nah itulah fungsi surat paklaring yang wajib diketahui!

Siapkan Dana Darurat Sebelum Resign

Lepas dari orangtua dan memiliki pendapatan sendiri adalah hal yang menyenangakan, seperti rasanya bisa mandiri hingga seringkali luput dalam mengelola keuangan. Tiba-tiba saja uang habis sebelum waktu gajian tiba, bahkan terjerat utang dan tidak memiliki dana darurat.

Untuk itu, bagi kamu yang baru mendapat pekerjaan ada baiknya segera mengalokasikan pendapatan untuk mengumpulkan dana darurat. Dana darurat bisa menjadi penolong saat sesuatu menimpa dirimu. Dana darurat setiap orang berbeda jumlahnya, namun idealnya adalah 6 – 12 kali pengeluaran bulanan.

Gak perlu khawatir karena kini kamu bisa mengumpulkan dana darurat dengan berinvestasi di Amartha. Amartha adalah perusahaan peer to peer (P2P) lending yang menghubungkan investor kepada perempuan pengusaha mikro dengan menawarkan keuntungan sampai 15% flat per tahun.

Sebagai fintech terpercaya, Amartha sudah mengantongi izin usaha dari OJK sejak tahun 2019 lalu sehingga pendanaan kamu pasti aman. Tunggu apalagi, daftarkan diri kamu segera di Amartha!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *