3 Rekomendasi Personal Finance Course Online & Gratis!

1 min read

3 Rekomendasi Personal Finance Course Online & Gratis!

Pengelolaan keuangan pribadi pada dasarnya adalah tentang menabung, membelanjakan, berinvestasi, serta melindungi uang milikmu secara benar untuk meraih kebebasan finansial.

Sayangnya, pengelolaan keuangan pribadi merupakan ilmu yang tidak diajarkan di sekolah. Karena itu, seringkali kebanyakan orang dipaksa untuk mempelajari ilmu tentang pengelolaan keuangan pribadi melalui proses trial and error.

Pada dasarnya, menguasai ilmu pengelolaan keuangan pribadi membutuhkan pengetahuan, keterampilan, dan pola pikir yang benar.

Wajib Dibaca, 4 Buku Inspiratif untuk Kelola Keuangan

Dengan semakin berkembangnya teknologi saat ini, kamu bisa mempelajari ilmu ini melalui personal finance course yang banyak sekali tersebar dan dapat diakses lewat jaringan internet. Bahkan, beberapa personal finance course pun disediakan secara gratis.

Berikut ini adalah 3 rekomendasi personal finance course online & gratis:

1. Making Sense of Your Personal Finances

Pada course online gratis ini, kamu bisa belajar untuk menetapkan tujuan keuangan secara SMART. Kamu juga dapat mencari tahu berapa banyak yang kamu butuhkan untuk mencapai tujuan keuanganmu.

Ini adalah kursus singkat tentang dasar pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh Institute for Financial Literacy, Singapura. Mereka menyediakan program pendidikan keuangan gratis dan tidak terafiliasi dengan perusahaan dan organisasi mana pun.

Di course ini, kamu bisa mempelajari bagaimana memahami dan menetapkan tujuan keuangan, memperbaiki anggaran yang rusak, menabung secara efektif, serta belajar mengelola utangmu.

2. Managing My Money

Lewat course online gratis ini, kamu dapat mengatur keuangan pribadimu dengan bimbingan dan nasihat praktis. Kamu akan mempelajari tentang utang dan investasi, dan bagaimana hipotek digunakan untuk membiayai kepemilikan rumah. Masalah kritis dari perencanaan pensiun dijelaskan, dengan panduan tentang produk yang berbeda-beda.

Personal finance course online ini merupakan panduan praktis dalam menyusun anggaran dan menggunakannya untuk membuat keputusan yang baik tentang pengeluaranmu.

Kamu juga bisa mempelajari keterampilan untuk mengelola keuangan pribadi, termasuk anggaran, hutang, investasi, pembelian properti, pensiun, dan asuransi.

3. Practical Personal Finance

Di course online gratis ini, kamu bisa menggunakan penalaran ekonomi untuk mengambil langkah-langkah menuju kehidupan yang bermanfaat secara pribadi dan aman secara finansial.

Kamu bisa mendapatkan penalaran ekonomi dengan memulai dan berhasil menyelesaikan kursus ini dalam pengelolaan keuangan pribadi secara praktis.

Pada course ini, kamu bisa mempelajari bagaimana mengidentifikasi pilihan-pilihan yang terkait dengan gaya hidup secara pribadi agar terpenuhi dan terjamin secara finansial.

Selain itu, ada juga pelajaran tentang bagaimana mengidentifikasi pilihan-pilihan yang bijaksana sehubungan dengan menabung, mengonsumsi, melakukan investasi, dan mengambil hutang.

Kamu pun dapat belajar menetapkan tujuan jangka pendek, menengah, dan panjang yang masuk akal sesuai pilihan gaya hidupmu.

Well, itulah 3 rekomendasi personal finance course online & gratis yang bisa kamu akses untuk belajar. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *