3 Jenis Investasi Jangka Pendek Untuk Investor Pemula Modal Kecil

1 min read

3 Jenis Investasi Jangka Pendek Untuk Investor Pemula Modal Kecil

Semakin mahalnya kebutuhan hidup membuat masyarakat mulai berlomba-lomba melakukan investasi untuk menambah pemasukan keuangannya.

Modelnya pun bermacam-macam, ada yang dikelola melalui investasi institusional (lembaga keuangan), namun tidak sedikit yang melakukannya secara pribadi atau sering disebut investor perseorangan.

Definisi investasi adalah penanaman modal untuk satu atau lebih aktivas yang dimiliki dan biasanya berjangka waktu lama dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa mendatang.

Saat ini dunia investasi juga mulai diramaikan dengan kehadiran anak muda dari kalangan mahasiswa yang ingin belajar berbisnis dan menghasilkan uang di usia muda. Namun ada keterbatasan bagi mahasiswa yang ingin menjadi investor perseorangan.

Dengan modal finansial yang tidak besar, umumnya investasi jangka pendek menjadi pilihan yang strategis. Perhatikan penjelasannya di bawah ini!

Umumnya, orang mencari opsi investasi jangka pendek, sebab menginginkan perputaran uang yang lebih cepat balik modal dan mendapatkan keuntungan, meskipun tidak mendapatkan profit yang optimal.

Nah, investasi jangka pendek apa saja yang bisa menjadi pilihan, berikut pilihan yang bisa anda pilih;

1. Deposito

Investasi Deposito merupakan salah satu instrumen investasi yang paling mudah dilakukan untuk investor pemula. Pasalnya, jenis transaksi ini adalah menyetorkan sejumlah uang di bank dengan jangka waktu tertentu dan dapat diambil dengan imbal hasil yang didapatkan setelah jangka waktu selesai.

Investasi Deposito umumnya memiliki jangka waktu mulai dari satu bulan, tiga bulan, enam bulan, hingga 12 bulan. Selain itu, jangka waktu bisa terus diperbarui apabila kamu ingin mendapatkan keuntungan berlipat.

2. Emas

Investasi Emas adalah investasi yang paling awal banyak digunakan oleh masyarakat. Emas berfungsi tidak hanya sebagai alat investasi tetapi juga umumnya menunjukkan strata sosial seseorang dalam masyarakat.

Investasi Emas kini memiliki beragam bentuk, mulai dari perhiasan, emas batangan, hingga emas virtual. Dan untuk kamu si investor pemula, investasi emas kini bisa dilakukan dengan modal yang kecil. Bila dahulu kita terbiasa membeli emas dengan nilai ratusan ribu hingga jutaan, kini membeli emas dapat dilakukan dengan nominal yang lebih kecil lagi.

Pilih Investasi Emas? Cek Dulu Keasliannya!

3. P2P Lending

Pilihan investasi P2P Lending dapat dijadikan opsi terbaik sebagai alternatif investasi yang menjanjikan di saat ini. Pasalnya, investasi P2P Lending menawarkan kelebihan yang menarik dibanding instrumen investasi lainnya. Investasi P2P Lending cukup dilakukan melalui smartphone, mulai dari mendaftar hingga bertransaksi.

P2P Lending di Indonesia terbagi menjadi dua kategori, yaitu konsumtif dan produktif. Untuk kategori produktif, dana umumnya disalurkan kepada pengusaha atau UMKM yang membutuhkan modal usaha. Dengan demikian, perputaran dana yang dipinjamkan untuk usaha yang mana akan mendapatkan keuntungan.

Tips Memilih Investasi P2P Lending untuk Pemula

Investasi P2P Lending memang terbilang baru dalam dunia investasi. Meskipun demikian, investasi ini menawarkan keuntungan yang bersaing dengan jenis instrumen lainnya.

Kehadiran dan ketenaran investasi P2P Lending dimanfaatkan oleh sejumlah oknum untuk kepentingannya sendiri, maka dari itu, sebagai investor harus jeli dan berhati-hati dalam memilih perusahaan investasi P2P Lending. Simak tipsnya dibawah ini!

  1. Sudah Terdaftar, Diawasi, dan Memiliki Izin USaha dari OJK
  2. Tergabung dalam AFPI
  3. Memiliki Kantor dan Lokasi Yang Jelas
  4. Memiliki Layanan Pengaduan Yang Jelas
  5. Menawarkan Bagi Hasil Yang Masuk Akal

Itulah beberapa tips yang perlu diperhatikan oleh investor pemula dalam memilih perusahaan investasi P2P Lending. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *