26 Contoh Usaha Sampingan Menambah Penghasilan Tahun 2021

14 min read

Sejak pandemik, semakin banyak dari kita yang lebih sadar tentang kondisi keuangan pribadi sehingga lebih kreatif mencari cara untuk bertahan dan berkembang. Termasuk melakukan usaha sampingan agar bisa membuka keran-keran income yang lainnya dan tidak hanya mengandalkan gaji bulanan saja.

Pandemik juga mengajarkan kita untuk jeli dalam melihat peluang. Dari mulai yang masih mahasiswa, karyawan biasa, hingga yang pengusaha semuanya harus memutar otak untuk menghadapi keadaan ekonomi yang tidak pasti. Jadi tak heran jika kini muncul berbagai usaha sampingan menarik dan mungkin juga bisa Anda coba di tahun ini.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari usaha sampingan, kali ini kita akan mengupas berbagai peluang usaha sampingan yang mungkin bisa menjadi salah satu inspiransi Anda. Apa saja jenisnya? Ini dia peluang usaha sampingan yang bisa di coba di tahun 2021!

Daftar Contoh Usaha Sampingan Menarik Tahun 2021

1. Bisnis Online Dropship

usaha sampingan dropshiper
Bisnis Online Dropship

Menjadi dropshipper kerap kali menjadi pilihan banyak orang yang ingin menambah penghasilan dari online dan hampir tanpa modal. Karena secara umum, alur kerjanya adalah menawarkan suatu barang kepada calon customer tanpa menyetok barang.

Jadi nantinya barang di kirim langsung oleh reseller ataupun distributor. Barang-barang yang di jual oleh dropshipper bermacam-macam, mulai dari pakaian dari berbagai usia, pakaian & perlengkapan ibadah, makanan, sepatu, tas dll.

Asalkan punya smartphone yang terhubung dengan internet, maka Anda bisa menjadi dropshipper. Waktu kerjanya pun bisa flexible.

Anda bisa membalas chat dari calon customer di waktu-waktu yang Anda tentukan dan memesankan barangnya sesuai jadwal. Barangnya bisa di kirim terlebih dahulu ke alamat Anda (setelah dipesan customer) lalu Anda packing ulang ataupun langsung di kirim dari distributor/reseller atas nama Anda.

Lalu dari mana Anda bisa mendapatkan barang-barang yang nantinya Anda jual secara dropship? Untuk sumber barangnya sendiri, Anda bisa mendapatkannya dari distributor besar di berbagai platform online.

Misalnya Shopee, Lazada atau Tokopedia. Saat ini banyak juga platform khusus dropshipper yang bisa Anda gunakan seperti sahabat dropshipper, dropship aja dll.

Cara konvensional seperti mencari barang langsung di marketplace memang grtatis. Anda tidak perlu membayar uang pendaftaran apapu, tapi konsekwensinya Anda harus mencari-cari sendiri distributor yang terpercaya dan menawarkan harga yang sesuai.

Nah jika Anda menggunakan platform dropship, maka biasanya Anda akan dikenakan biaya pendaftaran/ keanggotaan, namun distributor dan harga sudah di jamin oleh pihak perusahaan dropship tersebut.

2. Franchise

bisnsi sampingan franchise
Franchise

Peluang bisnis kedua yang menarik saat ini adalah franchise, karena tidak jarang omzetnya bisa mencapai puluhan juta. Jika Anda ingin memiliki usaha sampingan namun tidak bisa mengelola manajemen dan pemasarannya, maka Anda bisa memilih bisnis franchise.

Bisnis franchise (waralaba) ini pada dasarnya adalah pembelian lisensi penjualan produk/jasa dimana nantinya barang/jasa yang di jual mengikuti SOP (Standard Operating Procedure) yang telah di buat oleh suatu brand franchise.

Biasanya sebuah fanchise sudah memiliki tim pemasaran dan manajemennya tersendiri. Sehingga Anda sebagai franchisee bisa lebih menghemat waktu. Beberapa brand franchise menerapkan sistem komisi, tapi ada juga yang tidak menerapkan komisi sama sekali (hanya bahan-bahan dan standart SOP tetap sesuai ketentuan brand).

Saat ini sudah ada berbagai jenis franchise. Bukan hanya makanan atau minuman, bahkan jasa cuci sepatu, salon, laundry pakaian, apotek dan kursus sudah ada franchisenya. Anda tinggal memilih mana jenis bisnis franchise yang Anda minati dan tentunya menyiapkan modalnya (sesuai ketentuan masing-masing franchise).

3. Handmade

hobi jadi bisnis - kerajinan tangan
Handmade

Jika Anda punya hobi ataupun keterampilan membuat kerajinan tangan dan ingin memanfaatkannya untuk mencari income tambahann maka Anda bisa mengeksplorasinya menjadi sebuah bisnis menarik.

Prospektus bisnis handmade ini juga tidak bisa di remehkan. Banyak juga yang telah sukses dari bisnis yang berasal dari hobi membuat karya handmade.

Apalagi jika karya yang Anda hasilkan bersifat unik, maka karya Anda akan selalu di cari karena di butuhkan. Meskipun banyak yang meniru, tapi jika keunikan dan kualitas karya handmade hanya dimiliki oleh produk Anda maka pelanggan akan kembali pada produk Anda. Beberapa karya handmade yang saat ini menarik perhatian seperti :

  • Tas perca
  • Aksesoris
  • Bantal handmade
  • Lukisan handmade
  • Tas dan berbagai kreasi dari rajutan
  • dan masih banyak lagi.

4. Membuka Les Privat/ Training

Membuka Les Privat/ Training

Nah, untuk Anda yang punya keahlian atau minat di bidang pendidikan maka Anda bisa mencoba membuka les privat untuk anak-anak sekolah.

Misalnya Anda jago bahasa inggris atau matematika, maka Anda bisa memberi tahu bahwa Anda membuka les private lewat grup whatsapp atau lewat sosmed. Anda bisa mencoba daftar di sebuah platform online guru les privat, misalnya seperti Superprof.

Karena sifatnya adalah usaha sampingan, Anda mungkin tidak bisa melakukannya sebanyak waktu jam kerja seperti biasa. Mungkin Anda hanya bisa meluangkan waktu 2-3 jam saja untuk mengajar les per-minggunya.

Namun jangan khawatir, hasil dari les private ini lumayan untuk di jadikan tambahan. Biasanya les private bahasa inggris bisa sampai Rp. 100 ribu/jam-nya.

Selain itu, jika Anda memiliki keahlian lainnya, Anda juga bisa membuka les privat ataupun training untuk orang dewasa misalnya seperti :

  • les melukis
  • kursus menjahit
  • training yoga/ muaythai

5. Youtuber

usaha samnpingan sebagai Youtuber
Youtuber

Peluang usaha lain yang juga sedang hits saat ini adalah menjadi seorang Youtuber. Nah bagi Anda yang suka berbicara di depan kamera dan membuat konten, menjadi Youtuber mungkin bisa menjadi salah satu peluang usaha menarik. Dari mana saja peluang seorang youtuber mendapatkan income?

Selain dari menetisasi Youtube, seorang Youtuber sangat mungkin mendapatkan income dari endorsement ataupun kerjasama dengan brand-brand ternama.

Penghasilan dari monetisasi Youtube akan dihitung berdasarkan Cost per Mile (per-1000 penayanangan iklan) dan Cost per Click (berapa kali iklan di klik).

Namun sebelum Anda memutuskan menjadi Youtuber, perlu di perhatikan bahwa untuk menghasilkan dari Youtube tentunya membutuhkan proses dan waktu yang tidak sedikit. Jadi jika Anda sedang ingin cepat-cepat menghasilkan lebih baik tidak memilih menjadi Youtuber dan mencari jenis peluang usaha yang lebih instant menghasilkan uang misalnya berjualan sesuatu.

6. Menjadi Freelance Virtual Assistant (VA)

Menjadi Freelance Virtual Assistant
Menjadi Freelance Virtual Assistant

Bekerja melalui internet saat ini bukan hanya untuk orang-orang yang ingin berbisnis menjual barang saja. Tapi dengan kecanggihan teknologi, kita yang punya keterampilan bekerja secara administrastif juga bisa sukses di internet. Lalu apa itu freelance virtual assistant?

Virtual assistant adalah salah orang yang menawarkan jasa administratif kepada klien dan bekerja secara remote/ jarak jauh. Berikut ada beberapa jenis virtual assistant, mungkin saja salah satunya cocok dengan Anda!

  • Generalist VA, yakni seorang VA yang menangani pekerjaan-pekerjaan umum misalnya : mengecek email, mengatur jadwal, membuat laporan, mengurus pembayaran invoice dari klien.
  • Social Media VA, yaitu seorang VA yang menangani masalah yang berkaitan dengan media sosial dari klien, contohnya : membuat kalender konten, menggunakan berbagai tools yang berkaitan dengan medsos, membuat analisa dan laporan trancking medsos.
  • Content Management VA, yaitu seorang VA yang pekerjaannya berkaitan dengan konten dari medsos ataupun media online dari klien. Misalnya meriset topik yang potensial, membaca dan mengontrol traffic blog, editing dll

Klien ini bisa berasal dari klien lokal ataupun internasional. Anda bisa mencari calon klien lokal sebagai freelance virtual assisteant melalui Ekrut, Glint, Fastwork dll. Namun jika Anda tertarik untuk mencari klien global, maka Anda bisa menggunakan Upwork. Tertarik menjadi virtual assistant?

7. Freelance Software Developer

Freelance Software Developer
Freelance Software Developer

Nah jika Anda memiliki kemampuan dalam hal IT, Anda juga bisa membuka jasa sebagai software Developer secara freelance. Walaupun sebagai freelancer, untuk menjaga profesionalitas Anda harus tetap membuat surat perjanjian kerja dengan klien. Hal ini di lakukan untuk menghindari hal- hal yang tidak di inginkan.

Sebab berdasarkan pengalaman, banyak sekali kasus project IT freelance yang berakhir secra tidak baik karena pada prosesnya bisa jadi si klien kurang mengerti seluk beluk proyek yang di buatnya ataupun di sisi freelancer yang yang kurang profesional.

Jadi untuk Anda yang ingin memulai usaha sampingan dari freelance software developer usahakan untuk memembuat kontrak kerja dan memastikan semuanya jelas di awal. Sebab surat/kontrak kerja ini bisa melindungi klien dan juga Anda sebagai freelancer pembayaran yang tidak sesuai dengan kesepakatan atau bahkan permintaan project yang tidak sesuai dengan perjanjian awal.

8. Jasa Penerjemah Lepas

Jasa Penerjemah Lepas
Jasa Penerjemah Lepas

Apakah Anda punya kemampuan bahasa asing? Yuk, manfaatkan kemampuan Anda menjadi usaha sampingan yang menghasilkan.

Anda bisa membuka jasa penerjemah untuk berbagai keperluan. Misalnya saja menerjemahkan dokumen perusahaan, menerjemahkan buku atau bahkan menjadi translator yang mewakili perusahaan atau dinas dalam suatu pertemuan.

Bberapa bahasa asing yang sangat banyak di perlukan oleh perusahaan adalah bahasa Inggris, Mandarin, Jerman, Jepang, Korea dll. Anda bisa mempromosikan kemampuan diri lewat blog ataupun bergabung dalam suatu komunitas.

Dari mana kita bisa mendapatkan pekerjaan sebagai penerjemah lepas? Anda tentunya bisa mencari di situs-situs freelance, misalnya fastwork.

9. Freelance Content Writer

inspirasi peluang usaha
Freelance Content Writer

Jika Anda hobi menulis dan ingin mendapatkan penghasilan tambahan, Anda bisa menyalurkan hobi menulis Anda menjadi seorang freelance content writer. Seiring majunya teknologi dan arus informasi saat ini, content writer menjadi salah satu profesi yang banyak di cari. Anda bisa menulis di mana saja dan kapan saja, sehingga wkatu kerja Anda tidak terganggu. Content writer biasanya di butuhkan untuk menulis artikel di :

  • Situs perusahaan
  • Media online
  • Blog-blog yang sudah besar

Bayaran untuk artikel yang di tulis bermacam-macam. Semakin Anda bisa menunjukan kualitas dan keunikan dari artikel Anda, maka bayaran Anda sebagai content writer akan semakin tinggi walaupun status Anda sebagai freelancer. Hal ini karena tulisan yang Anda buat, bernilai bagi perusahaan. Jadi jika Anda memilih content writer sebagai usaha sampingan, teruslah tingkatkan kemampuan menulis Anda saat waktu senggang.

10. Monetisasi Blog

Monetisasi Blog
Monetisasi Blog

Selain menjadi content writer freelance, Anda yang hobi menulis juga bisa membuat blog profesional sendiri yang nantinya bisa Anda monetisasi untuk menghasilkan income tambahan. Tapi seperti halnya Youtube, sebuah blog juga butuh proses dan waktu agar bisa di monetisasi. Berbeda dengan content writer yang bisa di bayar per-artikel yang ditulis, Anda tidak bisa menghasilkan income tambahan dari blog hanya dengan waktu seminggu saja.

Blog Anda perlu mendapatkan penilaian yang bagus dari google. Sehingga Anda harus menulis artikel yang berkulitas secara konsisten. Tampilan blog Anda juga perlu di tata agar user friendly, dengan begitu para pembaca akan betah membaca artikel di blog Anda. Hal inilah yang akan meningkatkan penilaian google untuk website Anda.

Saat ini banyak sekali trik dan teknik SEO (Search Engine Optimization) yang bertebaran. Namun di antara trik tersebut ada juga yang justru membahayakan eksistensi blog kita dan bisa di banned oleh pihak google. Jadi Anda perlu berhati-hati. Di banding menggunakan trik yang tidak aman, konsistensi dan kualitas konten adalah senjata utama bagi sebuah blog agar bisa di lirik oleh Google.

11. Menulis Buku Berdasarkan Keahlian

menulis buku
Menulis Buku Berdasarkan Keahlian

Jika Anda kurang berminat menjadi konten writer freelance ataupun membangun sebuah blog, untuk usaha sampingan tapi tetap ingin berkarya lewat tulisan maka Anda juga bisa menulis buku.

Menulis buku memang tidak mudah. Bahkan mungkin Anda bertanya-tanya, “mau menulis buku apa?” karena Anda sendiir bukanlah penulis.

Sebenarnya jika Anda memiliki sebuah keahlian, misalnya Anda sudah punya pengalaman di bidang marketing ataupun akutansi selama beberapa tahun, maka Anda bisa menggunakannya sebagai alternatif tema buku Anda.

Tidak ada salahnya jika Anda sharing pengalaman dan ilmu yang telah di dapatkan selama menjalani profesi yang Anda tekuni selama ini. Ini juga Akan mempermudah Anda menulis buku karena bidangnya sudah Anda kuasai.

Jadi selain bekerja pada pekerjaan utama Anda, ternyata Anda juga bisa melakukan usaha sampingan dengan menulis buku. Yang mana dari buku tersebut nantinya Anda bisa mendapatkan royalti.

Tapi sebelum menulis, harap pelajari terlebih dahulu persyaratan naskah yang nantinya akan di kirim. Bandingkan juga beberapa penerbit yang kemungkinan bisa menerbitkan naskah Anda nantinya.

12. Jasa Desain

kerja menjadi Design Online
Kerja menjadi Design Online

Usaha sampingan lainnya yang bisa menjadi pilihan adalah dengan membuka jasa desain freelance. Bagi Anda yang hobi mendesain logo atau kartu nama, kini bisa mengaktualisasikan hobinya agar lebih menghasilkan.

Saat ini, dunia branding di Indonesia sudah cukup terbuka dan bisa menghargai karya-karya desainer grafis lokal.

Masa pandemi ini sulit bagi banyak orang dan menuntut perubahan. Tapi jangan salah, di tengah pandemi masyarakat juga berhasil menciptakan bisnis-bisnis dan semakin melek dengan branding.

Oleh karena itu desain logo yang merupakan bagian dari branding suatu merek bisnis banyak di cari. Jadi ini kesempatan Anda jika punya laptop/pc dan kreatifitas desain yang ingin di salurkan juga tetap menghasilkan.

Biasanya harga 1 desain logo standart bisa di jual mulai dari Rp. 150.000. Namun hal ini tergantung kualitas logo yang Anda hasilkan nanti. Jika semakin berkualitas dan unik, maka bisa semakin mahal.

Selain logo, jika Anda bisa mendesain font (jenis huruf), Anda juga bisa mencicil membuat font dan memasarkannya di situs-situs khusus dan mendapatkan passive income dari orang-orang yang membeli desain font yang Anda buat.

13. Photographer Freelance

 Photographer Freelance
Photographer Freelance

Punya kamera menganggur di rumah? Jika kita berfikir kreatif, sebenarnya kita bisa memulai bisnis untuk menghasilkan income tambahan di mulai dari apa yang kita punya.

Jadi tidak pelu menunggu modal besar baru memulai. Nah, jika Anda punya kamera dan hobby memotret Anda bisa memanfaatkannya untuk menjadi photographer freelance.

Banyak orang yang membutuhkan jasa seorang photographer untuk mengabadikan moment ataupun sekedar melakukan sesi foto untuk kebutuhan karirnya agar bisa tampil dengan kesan yang lebih profesional.

Hal ini bisa Anda manfaatkan dengan memaerkan hasil jepretan Anda dan promosi di sosmed seperti instagram.

14. Ojol (Ojek Online)

Ojol (Ojek Online)
Ojol (Ojek Online)

Sejak hadirnya Gojek dan Grab, ojol atau ojek online menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Mau pergi ke kantor, tinggal pesan Gojek/Grab. Mau pesan makanan tinggal buka Gofood/ Grabfood.

Jadi bisa di katakan bahwa ojek online mungkin sudah menjadi salah satu lifestyle masyarakat, terutama di kota-kota besar di Indonesia.

Ini juga bisa menjadi peluang bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan tanpa mengganggu pekerjaan utama.

Karena menjadi ojol tidak terikat jam ataupun hari kerja dan Anda bisa mengambil orderan hanya jika Anda ingin mengaktifkan akun ojol Anda. Jadi Anda bisa saja mengambil orderan ojol selepas bekerja. Bagaimana dengan penghasilannya?

Misalnya saja di Gojek, driver Gojek bisa mendapatkan penghasilan dari fee atas layanannya dan juga poin yang bisa di dapatkan setelah menyelesaikan setiap layanan yang di jalankan. Poin-poin tersebut diantaranya :

  • Poin GoRide
  • Poin GoCar
  • Poin GoFood
  • Poin GoSend
  • Poin GoMed

Jika tertarik menjadi Ojol, baca artikel lengkapnya di, Cara Daftar Gojek terbaru lengkap.

15. Bisnis Kaos Custom

Bisnis Kaos Custom
Bisnis Kaos Custom

Peluang usaha kaos custom juga tidak kalah menarik. Pasarnya sangat luas sekali bisa dari organisasi mahasiswa, kos untuk event, untuk keluarga bahkan bisa di jual untuk perorangan karena sekarang, orang gemar mengekspresikan diri. Seiring majunya teknologi digital peminat kaos custom jadi semakin bertambah.

Biasanya harga jal kaso custome mulai dari Rp. 50.000 (tergantung kualitas kaos dan juga printing). Ada banyak cerita tentang orang-orang yang berbisnis kaos custom dari nol hingga bisnisnya bisa lebih mapan saat ini.

Anda tidak perlu langsung membeli alat-alat printing yang mahal untuk memulainya. Tapi Anda bisa membuka pesanan kaos custom dan mencari jasa sablon untuk memprosesnya. Jadi tidak ada salahnya jika mencoba bisnis yang satu ini!

16. Buka Bisnis Laundry

Usaha sampingan Buka Bisnis Laundry
Buka Bisnis Laundry

Meskipun sekarang mesin cuci sudah menjadi sebuah teknologi yang biasa di miliki tiap rumah, tapi jasa laundry nampknya tetap di butuhkan. Apalagi jika Anda tinggal di dekat komplek pendidikan speerti kampus. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk membuka bisnis laundry kiloan.

Bisnis laundry di kawasan kampus cukup prospek, karena banyak mahasiswa yang sibuk dengan tugas /kegiatan kampus sehingga tidak sempat mencuci sendiri. Disisi lain, tidak semua kosan disekitar memberikan fasilitas mesin cuci.

Anda bisa memulai dengan memanfaatkan mesin cuci dan setrika yang ada di rumah Anda. Lalu tinggal membeli detergen dan pewangi baju khusus laundry serta plastik untuk packingnya.

Untuk sistem pemasarannya, Anda bisa membuat apanduk dan juga selebaran. Anda juga bisa melakukan promo untuk soft opening laundry Anda agar bisa menarik minat konsumen dan toko Anda bisa di kenal terlebih dahulu.

17. Membuka Usaha PPOB (Payment Point Online Bank)

Membuka Usaha PPOB (Payment Point Online Bank)
Membuka Usaha PPOB (Payment Point Online Bank)

Tidka seperti dulu, saat ini membeli pulsa/kuota ataupun membayar kebutuhan bulanan seperti tagihan listrik, PDAM, BPJS dan lainnya bisa di lakukan dengan mudah lewat fasilitas aplikasi online.

Walaupun begitu, tidak setiap orang bisa melakukannya atau sempat melakukan pembayaran-pembayaran rutin tersebut sendiri. Oleh karena itu, membuka usaha PPOB bisa menjadi lahan mendapatkan penghasilan tambahan.

Walaupun mungkin keuntungan dari biaya admin sedikit, tapi jika transaksi yang di lakukan banyak maka penghasilan dari usaha PPOB ini juga bisa lumayan.

Selain itu, Anda bahkan tidak perlu membutuhkan modal banyak untuk memulai usaha PPOB. Hanya perlu menginstal aplikasi PPOB seperti Grab kios, atau Paytren dan terhubung dengan internet maka Anda bisa langsung memulai usaha.

Anda bisa membuka usaha PPOB secara offline di rumah atapun online dengan sistem transfer. Jika Anda menawarkan jasa secara online, sebaiknya Anda menyiapkan berbegai media pembayaran yang memudahkan customer membayarnya.

Anda bisa memilih gerbang pembayaran gratis, tidak hanya rekening bank tetapi juga e-wallet seperti OVO, Gopay, DANA atau LinkAja.

18. Pre-Order Makanan/ Minuman

Pre-Order Makanan/ Minuman
Pre-Order Makanan/ Minuman

Jika Anda pintar memasak atau membuat makanan/minuman, namun waktu Anda tidak cukup jika harus fulltime membuka toko makanan/minuman maka Anda bisa juga menggunakan sistem pre-order makanan/minuman. Sistem ini punya banyak keunggulan.

Selain waktu operasional yang bisa Anda tentukan sendiri, di sisi pelanggan sistem pre-order membuat kesan eksklusif tersendiri. Jadi tinggal pintar-pintarnya Anda melakukan promosi.

Anda bisa memanfaatkan link seperti teman-teman yang telah mengetahui kelezatan dan kualitas makanan/minuman yang Anda buat untuk promosi.

Baca juga artikel , Cara Daftar Grabbike Online yang Termudah!

Gunakan juga media sosial dengan profil dan gambar-gambar menarik dari produk yang Anda tawarkan dan jasa ojol ataupun ekspedisi untuk sistem pengirimannya. Jangan lupa cantumkan keterangan lengkap mengenai cara memesan dan sistem pengirimannya.

19. Bisnis Minuman Kesehatan

Bisnis Minuman Kesehatan
Bisnis Minuman Kesehatan

Bukan hanya minuman seperti boba dan kopi yang laris. Sejak pandemi, masyarakat menjadi cukup concern terhadap kesehatannya dan mencari minuman alternatif dalam rangka membantu menjaga kesehatan agar tetap fit.

Maka dari itu minuman kesehatan yang dikemas secara modern kerap kali dicari. Anda bisa memanfaatkan hal ini sebagai peluang berbisnis minuman kesehatan.

Tidak perlu menjual minuman kesehatan yang terlalu ribet, Anda bisa mencari resep-resep minuman kesehatan yang mudah di buat lewat youtube. Untuk kemasannya, Anda bisa membeli botol minuman secara online. Selain tidak perlu pergi keluar rumah, harganya juga lebih murah.

20. Warung Sembako Online

Warung Sembako Online
Warung Sembako Online

Sembako adalah bahan-bahan pokok yang pasti di butuhkan masyarakat secara rutin. Jadi peluang penjualannya juga tinggi. Jika Anda ingin membuka kran income tambahan, bisa juga dengan berjualan sembako.

Tapi karena Anda juga harus melakukan pekerjaan utama jadi warung sembako Anda kali ini harus dijalankan dengan cara yang berbeda.

Selain karena berkembangnya teknologi digital, sejak pandemi kita mulai terbiasa membeli makanan atau kebutuhan lainnya secara online. Nah, saat ini kebutuhan sembako-pun bisa di online-kan.

Jadi pekerjaan utama Anda tidak akan terganggu karena perlu menjaga warung seharian. Anda tinggal menunggu orderan masuk dan mengirimkannya di jam-jam tertentu sesuai jadwal.

21. Jual Makanan Frozen

bisnis kuliner online - frozen food
Jual Makanan Frozen

Selain sembako, menjual makanan beku juga bisa menjadi alternatif lainnya untuk menghasilkan income tambahan. Adakalanya orang-orang tidak sempat memasak atau hanya sekedar ingin cemilan yang instant di rumah.

Nah biasanya friozen food menjadi salah satu pilihannya. Orang-orang biasanya menyetok frozen food karena bisa di simpan dalam jangka waktu yang cukup lama di freezer.

Anda bisa menjual berbagai jenis frozen food seperti nugget, ayam beku, dim sum, sayuran beku, kentang beku, bakpau beku dll. Dengan menggunakan sistem online dengan ketentuan jadwal pemesanan dan pengiriman yang Anda atur sendiri.

Sehingga Anda tetap bisa berjualan sementara Anda bekerja. Anda juga tidak khawatir makanan akan basi saat pembeli sedang sepi karena bisa di simpan di freezer.

22. Rental Mobil

Usaha jasa rental mobil
Rental Mobil

Jika Anda ingin memanfaatkan aset yang Anda miliki untuk usaha sampingan, Anda bisa juga menyewakan mobil Anda kepada orang lain. Jika Anda punya mobil yang menganggur di rumah atau hanya di pakai sesekali saja lebih baik jika di sewakan. Bingung cara menyewakannya?

Anda bisa menggunakan aplikasi penghubng anatar pemilik mobild an penyewa mobil seperti Movic misalnya.

Namun jika Anda tidak menggunakan aplikasi penghubung dan memilih membuat sistem penyewaan sendiri, pastikan kebersihan mobil tetap terjaga. Semprot mobil dengan cairan pembersih mobil setelah selesai digunakan.

23. Catering Harian

Catering Harian
Catering Harian

Bisnis catering sepertinya akan selalu di butuhkan dimanapun tempat usaha Anda akan selalu ada orang-orang yang membutuhkan jasa catering harian. Jadi usaha catering harian ini masih cocok jika di jadikan bisnis sampingan Anda.

Mungkin Anda bisa memulainya untuk teman-teman sekantor yang tidak sempat sarapan dan bisa membuatnya. Atau tetangga sekitar yang masih tejangkau sesuai kapasitas Anda.

Anda bisa mengusung branding yang menarik sesuai target pasar yang Anda bidik. Misalnya untuk orang-orang yang sedang concern dalam penurunan berat badan dan juga healthy lifestyle Anda bisa membuat catering diet atau catering sehat, untuk anak-anak mahasiswa Anda bisa menawarkan catering murah, enak dan kenyang dll. Jika usaha catering ini sudah mulai menemukan pasarnya Anda bisa mencari karyawan untuk membantu mengelolanya.

24. Buka Jasa MUA (Freelance)

Punya hobby dan bakat melukis wajah alias makeup? Anda mungkin bisa membuka jasa MUA freelance untuk menambah penghasilan.

Dari dulu hingga sekarang jasa MUA selalu di perlukan. Jasa MUA biasanya di butuhkan bukan hanya untuk acara pernikahan yang sangat sakral, tapi juga untuk pertunangan, wisuda dan momen lainnya. Nah jadi jika make up pengantin terlalu berat untuk Anda, Anda bisa membuka jasa MUA khusus wisuda saja misalnya.

Karena untuk make up wisuda saja biasanya jasa MUA berkisar mulai dari Rp. 300.000/ orang. Itulah mengapa membuka jasa MUA freelance juga bisa menjadi peluang yang terbuka lebar bagi Anda yang punya bakat dan keterampilan MUA.

Jika Anda ingin membuka jasa MUA freelance untuk wisuda pastikan dulu kalau jadwal makeup cocok ya supaya tidak merusak acara karena jadwal bentrok. Walaupun bukan acara pernikahan yang super sakral wisudaan juga menjadi momen spesial yang di tunggu para mahasiswa loh!

25. Usaha Penyewaan Alat-alat Mendaki

Usaha Penyewaan Alat-alat Mendaki
Usaha Penyewaan Alat-alat Mendaki

Jika rumah Anda merupakan kawasan kampus besar, maka inilah kesempatan Anda untuk membuka peluang usaha sampingan anti mainstream.

Karena biasanya toko-toko di daerah kampus kebanyakan adalah toko fotocopy dan peralatan belajar, atau kedai makanan/minuman saja. Namun sebenarnya peluang untuk mendapatkan penghasilan dari usaha sampingan penyewaan alat-alat mendaki juga terbuka lebar.

Pasalnya, mahasiswa biasanya sangat gemar untuk melakukan aktifitas outdoor seperti mendaki gunung. Namun karena budget yang terbatas mereka perlu menyewa.

Nah inilah kesempatan Anda untuk memenuhi kebutuhan tersebut lewat usaha penyewaan alat-alat camping/ mendaki gunung. Sebenarnya sudah banyak yang membuka usaha ini di daerah dekat kampus, namun jumlahnya masih langka padahal permintaan pasar sudah ada.

26. Menjual Tema Blog

Menjual Tema Blog
Menjual Tema Blog

Untuk Anda yang punya hobi dan kemampuan mendesain blog, saat ini keahlian tersebut cukup di cari. Pasalnya para pemilik blog saat ini juga banyak yang mencari cara agar tampilan blognya bisa menarik dan juga SEO friendly.

Maka dari itu, kemampuan membuat tema blog bisa menjadi salah satu usaha sampingan yang cukup besar peluangnya karena pasarnya sangat terbuka.

Bukan hanya customer lokal yang bisa membeli tema blog Anda, tapi tema blog yang Anda buat juga bisa dibeli oleh blogger luar.

Tips Memulai Usaha Sampingan Supaya Lancar

Tips Memulai Usaha Sampingan Supaya Lancar

Sebelum mengakhiri artikel kali ini, jika Anda benar-benar ingin membangun usaha sampingan ada baiknya memperhatikan tips-tips berikut!

1. Kenali Passion

Lebih baik Anda memilih usaha sampingan yang Anda minati. Hal ini karena usaha sampingan juga butuh proses untuk bisa menghasilkan. Tanpa passion, Anda akan ogah-ogahan menjalani prosesnya. Jangannya untuk menikmati, membayangkannya saja sudah kewalahan karena Anda sudah lelah dengan pekerjaan utama.

Dengan passion, Anda akan mendapatkan energi tambahan saat hendak mengerjakan usaha sampingan Anda nantinya. Jadi mulai dari sekarang coba list apa saja hal-hal yang Anda minati. Coba pertimbangkan lagi, apakah daftar ide bisnis di atas ada yang masuk dalam list?

2. Hitung Modal dan Waktu yag Harus di Sediakan

Selain passion, Anda juga harus realistis saat memilih usaha sampingan. Oleh karena itu, hitunglah modal dan waktu yang bisa Anda sediakan untuk hal tersebut. Jangan sampai karena terlalu menggebu-gebu sehingga Anda harus mengorbankan hal yang lebih besar dampaknya. Misalnya saja kesehatan atau bahkan pekerjaan utama Anda.

3. Kenali Prioritas

Saat Anda merencanakan usaha sampingan mungkin saja di pikiran Anda muncul berbagai ide usaha. Pada poin ketiga ini kita masih membicarakan waktu. Karena nantinya waktu Anda akan lebih banyak di habiskan untuk bekerja. Yakni mengerjakan pekerjaan utama Anda dan juga usaha sampingan Anda. Jadi manajemen waktu sangatlah penting.

Untuk bisa memanajemen waktu dengan baik, Anda harus mengenali prioritas Anda saat ini. Urutkan dari mulai yang paling penting hingga yang kurang penting. Pertimbangkan baik-baik untuk menentukannya. Sehingga Anda tidak terlalu bingung pada saat jadwal bentrok atau waktu yang di miliki tidak banyak lagi namun harus mengambil keputusan diantara beberapa pilihan yang Anda hadapi.

4. Perhitungkan Prospektus dan Persaingan

Prospektus dan persaingan dari bidang usaha yang Anda pilih juga harus di pikirkan. Lebih baik memilih usaha yang prospeknya tinggi dan persaingannya rendah karena belum banyak pesaing daripada bidangnya sedang hits tapi persaingannya sudah keruh alias padat sekali. Dengan begitu peluang Anda untuk sukses menjadi lebih besar.

5. Go Online

Saat ini nampaknya bisnis akan sulit bertahan jika tidak menggunakan teknologi digital. Karena para calon customer Anda bertemu dan berkumpul disana. Baik itu di medsos maupun mesin pencari seperti google. Jadi mau tidak mau Anda harus mulai Go Online.

Jika Anda masih sangat awam tentang dunia online, Anda bisa coba dengan media sosial seperti instagram. Karena instagram sangat mudah di gunakan. Anda bisa membuat profil toko Anda supaya mudah di cari oleh para calon konsumen. Gunakan hashtag dan tagline menarik.

Penutup

Jadi itulah 26 ide usaha sampingan yang bisa Anda coba di tahun 2021. Adakah yang menginpirasi Anda? Semoga usaha sampingan yang Anda bangun bisa berjalan lancar dan pintu untuk income tambahan Anda terbuka lebar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *