Hampir setiap orang yang bekerja pasti pernah punya keinginan untuk memiliki bisnis. Akan tetapi mungkin masih belum menemukan ide yang tepat dan cocok untuk dijadikan bisnis.

Sebenarnya, ada begitu banyak pilihan ide peluang usaha yang bisa Anda pilih. Apalagi ditambah dengan kemajuan teknologi internet. Jumlah peluang usaha yang ada pun semakin bertambah banyak.

Walaupun disebut usaha rumahan, bukan tidak mungkin usaha rumahan Anda malah menjadi usaha yang besar dan sukses kan?

anyak sekali hal yang membuat seseorang takut untuk memulai sebuah bisnis. Entah itu karena modal yang sangat besar, tempat yang strategis, bahan baku yang mahal, dan masih banyak lagi.

Semakin banyak pertimbangan yang dipikirkan, justru membuat usaha/bisnis yang dimimpikan tak kunjung terealisasi. Namun terkadang, hasil yang besar dapat dimulai dari hal yang sederhana, yaitu memulai bisnis dari rumah sendiri.

Apabila Anda memikirkannya, banyak sekali aspek yang bisa Anda jadikan sebuah peluang bisnis yang sangat menggiurkan.

Ide Bisnis Rumahan Modal Minim Yang Bisa Dikerjakan Ibu Rumah Tangga

1Air Minum Isi Ulang

Anda bisa memanfaatkan salah satu sisi sudut rumah untuk menjalankan bisnis air minum isi ulang. Kebutuhan masyarakat akan komoditi yang satu ini sangatlah besar.

Selain praktis, kebutuhan akan air bersih juga tengah mengalami penurunan di beberapa wilayah sehingga apabila Anda dapat memaksimalkan peluang usaha yang satu ini, maka bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan pendapatan yang besar.

2Katering Harian

Dalam dunia kuliner, Anda bisa menjadi penyedia katering harian.

Kesibukan masyarakat saat ini membuat mereka kesulitan meluangkan waktunya untuk sekadar mendapatkan makanan untuk dikonsumsi sehingga katering harian menjadi salah satu solusi yang digunakan.

Jika Anda memiliki passion, ide kreativitas, serta skill dalam memasak, tidak ada salahnya untuk memulai bisnis rumahan ini.

3Laundry Kiloan

Jika di lingkungan rumahmu banyak warga yang bekerja, wanita karier, anak-anak kosan, kamu bisa melirik peluang usaha laundry kiloan. Maklum lah ya, sudah capek bekerja, kuliah, pasti males banget rasanya kalau harus mencuci sendiri. Ibu-ibu rumah tangga pun enggak seluruhnya bisa setiap hari mencuci pakaian. Kadang kan ada saja yang sibuk ngurus anak, momong cucu, atau memang sudah usia lanjut sehingga tidak bisa mengerjakan pekerjaan tersebut.

Oleh karenanya, bisnis laundry kiloan jadi peluang menarik untuk digarap. Pemainnya juga masih sedikit. Kamu bisa membeli franchise usaha laundry kiloan ataupun bikin merek sendiri. Dengan modal sekitar Rp5 juta-Rp10 juta, kamu sudah dapat menjalankan bisnis tersebut. Jika dalam sehari kamu menerima laundry-an 50 kg sehari saja dan mengambil untung Rp5.000 per kg, maka dalam sebulan omzetnya mencapai Rp7,5 juta. Lumayan kan?

4Penjahit Pakaian

Jika Anda memiliki passion serta skill yang menunjang dalam bisnis penjahit serta desainer pakaian, tentu Anda bisa memulainya dari rumah sendiri.

Transformasi serta tren akan fashion menjadi hal yang menarik untuk dieksplor. Dan tentunya hal tersebut juga sangat erat kaitannya dengan nilai bisnis yang cukup menggiurkan.

Oleh sebab itu, peluang bisnis ini sangatlah menjanjikan dan memiliki prospek yang cukup baik di masa yang akan datang.

5Menjadi Freelancer Penulis Online

Usaha rumahan modal kecil selanjutnya yang pasti menarik adalah menjadi penulis konten online. Peluang usaha yang satu ini terbilang sangat mudah untuk dikerjakan, terutama bagi Anda yang hobi menulis artikel.

Artikel maupun konten video sangat dibutuhkan pada era digital sekarang ini. Anda pun bisa dibayar mahal jika kualitas tulisan Anda sangat bagus.

Untuk langkah awal, Anda bisa mencoba menjual jasa Anda melalui media sosial saja terlebih dahulu. Setelah memperoleh pengalaman, silahkan buka jasa secara besar besaran dengan pengelolaan yang tepat.

6Jualan Bubur Bayi

Asupan bergizi lainnya yang diperlukan bayi selain ASI adalah bubur bayi. Tapi, bukan sembarang bubur. Sebenarnya, bisa-bisa saja memberi bayi dengan bubur instan yang dijual di toko-toko. Namun, dari segi kesehatan, apakah ada jaminan bayi sehat nantinya dengan mengonsumsi bubur instan yang mungkin ada kandungan pengawet dan kandungan kimia lainnya?

Kalau mau buat bubur sendiri dengan kandungan-kandungan alamiah, rasanya merepotkan. Problem inilah yang dilihat sebagai peluang bisnis oleh penjual bubur bayi. Keberadaan penjual bubur bayi disambut antusias ibu-ibu yang akan memberi asupan pagi hari bagi anaknya. Dalam satu hari bisa terjual 100 porsi bubur bayi.

Kalau Anda berniat jualan bubur bayi, sama seperti bisnis Thai Tea, Anda bisa memulainya dengan menginvestasikan dana ke franchise bubur bayi yang kini banyak tersedia. Bermodalkan sekitar Rp12 juta, dalam hitungan 3-5 bulan, dana yang diinvestasikan sudah balik modal. Paket Rp12 juta tersebut sudah meliputi booth, alat masak, alat saji, peralatan marketing, dan training pembuatan bubur. Soal lokasi, cukup buka booth depan rumah, bisnis jual bubur bayi sudah bisa berjalan.

7Agen PPOB

Peluang usaha rumahan yang juga menjanjikan keuntungan adalah agen pembayaran resmi atau PPOB (Payment Point Online Banking).

Apa saja yang bisa dilayani?

Dengan menjadi agen PPOB, Anda bisa melayani pembayaran seperti :

  • Pembayaran Listrik
  • Pembayaran tagihan PDAM
  • Tv Berlangganan
  • Tagihan Telepon dan Internet
  • Pembelian Tiket Pesawat hingga Kereta Api

Semua proses pembayaran bisa Anda lakukan dari rumah.

Agar bisnis Anda berjalan lancar. Ada baiknya Anda belajar terlebih dahulu apa saja syarat dan tata cara menjalankan usaha PPOB.

8Konter Pulsa dan Paket Internet

Penggunaan smartphone telah menjadi bagian dari gaya hidup masa kini. Hampir semua lapisan masyarakat memiliki ponsel pintar untuk kegiatan sehari hari.

Nah, akibatnya muncul peluang usaha rumahan baru yang menarik menurut saya yaitu membuka konter pulsa.

Berapa modal yang dibutuhkan?

Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha pulsa terbilang sangat kecil yaitu kisaran 500 an ribu saja. Modal tersebut digunakan untuk deposit awal pulsa Anda.

Bukan hanya pulsa saja, Anda bisa saja menjual paket internet, aksesoris bahkan hingga service hp ringan. Sangat menarik bukan?

9Jualan Baju Online

Berjualan secara online memang enggak ada matinya. Meski sudah menjadi tren sejak beberapa tahun lalu, namun bisnis online masih diminati sampai sekarang. Ya, itu karena ‘kue’-nya masih besar. Banyak orang senang berbelanja online lantaran lebih praktis dan murah. Bisnis ini bisa dijalankan di rumah, dan minim modal pula. Bahkan boleh jadi tanpa modal asal kamu punya strategi. Misalnya saja memanfaatkan jaringan atau kenalanmu yang merupakan produsen baju untuk menjadi reseller tanpa harus setor uang.

Jadi kamu mengambil baju dari orang tersebut, menjualnya, dan kamu akan membayar atau memberikan bagian kepada kenalanmu saat barang sudah laku. Tentu saja sistemnya kepercayaan. Strategi lainnya, kamu gencar menjual baju secara online di media sosial. Selain itu, menjadi mitra marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, dan lainnya. Jika kamu sukses menjual baju 50 potong dalam sehari, ambil untung Rp10 ribu, maka omzet dari jualan baju mencapai Rp15 juta per bulan.

Coba hitung kalau semakin banyak baju yang laku terjual? Omzet makin banyak kan.

10Produksi Makanan Ringan (Snack)

Usaha snack bisa jadi usaha yang menjanjikan lho. Tak percaya, sudah banyak bukti dimana para pengusaha snack mampu menghasilkan penghasilan besar setiap bulannya.

Setiap orang pasti suka snack. Snack biasanya disajikan saat menonton televisi, saat makan atau saat minum  teh bersama keluarga.

Bahkan Anda bisa menerapkan strategi marketing agar produk snack Anda tersebar kemana  mana.

Kunci agar usaha snack berhasil

Agar usaha snack Anda berhasil, pastikan cita rasa snack Anda diterima oleh masyarakat. Jadi, belajarlah cara membuat snack dengan cita rasa yang enak.

Dimana saya belajar membuat snack?

Gampang banget, cari orang yang hobi membuat snack yang Anda kenal. Atau, Anda belajar dari internet. Mudah bukan? Lalu, lakukan uji coba masakan Anda. Jika sudah pas, silahkan Anda tes titip pada warung disekitar Anda.

Berapa modal usaha snack rumahan?

Modal yang dibutuhkan sangat minim, tidak butuh modal besar, tergantung dari snack yang Anda buat.

Ada berbagai jenis usaha snack yang bisa Anda jalankan mulai dari kerupuk, keripik hingga kue kering yang bisa dijadikan santapan camilan. Silahkan explor kemampuan memasak Anda menjadi lebih baik.

11Bisnis Affiliate Marketing

Bisnis affiliate marketing merupakan bisnis yang bisa mendatangkan pasif income lho. Apalagi teknologi sekarang ini sudah sangat mendukung usaha ini.

Affiliate marketing yaitu bisnis berbasis komisi. Jika Anda berhasil menjual produk, maka Anda mendapatkan komisi dari suplier.

Berapa modal yang dibutuhkan?

Sama saja seperti model bisnis dropshiper diatas, Anda tidak perlu modal besar. Cukup memiliki laptop atau smartphone dan koneksi internet.

Namun agar lebih maksimal, Anda bisa membangun website spesial untuk Anda jadikan media promosi affiliate Anda.

12Buka Usaha Play Station

Dunia game memang terus tumbuh, mulai dari game mobile hingga Playstation kini terus digemari oleh kalangan remaja.

Nah, bagi Anda yang memiliki budget lebih, Anda bisa membuka usaha sewa Playstation. Apalagi Anda berada di daerah kampus, usaha Playstation Anda akan kebanjiran order.

Coba Anda perhatikan area kampus, begitu banyak ruko Playstation yang bisa Anda temukan. Semuanya rata rata penuh. Hal ini membuktikan bahwa di area kampus, bisnis Playstation memberikan peluang yang sangat menjanjikan.

13Budidaya Ikan Hias

Harga ikan hias bisa diluar logika. Sebagai contoh ikan hias lohan yang sudah jadi, harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Budidaya ikan hias bisa menjadi usaha rumahan yang  sangat menjanjikan jika Anda menjalankannya dengan serius. Caranya tentu Anda harus menguasai pasar. Mengetahui mana ikan yang paling mahal dan memiliki potensi besar.

Berikut ini tips sukses budidaya ikan hias :

  • Carilah jenis ikan hias dengan harga tinggi
  • Kuasai pasar ikan hias
  • Pahami teknik pembiakan agar usaha Anda langgeng
  • Gabung bersama komunitas penghobi ikan hias
  • Lakukan promosi di internet

Ada beberapa ikan hias yang bisa di budidaya

Ikan Gupy, ikan Lohan, Ikan mas Koki, Ikan dicus

Berikut ini 10 Ikan hias termahal di Indonesia

Ikan Gupy, Ikan Arwana, Ikan Oscar, Ikan Discus, Ikan Mas Koki, Ikan Angel, Ikan Cupang Crowntail, Ikan Koi, Ikan Neon Tetra

14Ternak Kroto

Ternak kroto merupakan budidaya dengan modal yang sangat kecil. Ada bisa mencoba menjalankan usaha ini dari pekarangan rumah saja.

Permintaan telur kroto saat ini terus meningkat, sedangkan keberadaannya di alam liar sudah tidak banyak lagi.

Harga telur kroto bervariasi tergantung daerah. Untuk pakan burung misalnya, harga telur kroto per kilo gram sekitar Rp. 120.000,.

Cara beternak kroto yaitu dengan menggunakan rak dan toples dengan bobot panen sekitar 1 atau 2 ons per toples. Untuk masa panen sekitar periode 10 hingga 20 hari.

15Menjadi Reseller Online

Ada lagi usaha rumahan yang menjanjikan dibidang jual beli, yaitu bisnis sistem reseller. Anda bisa menerapkan sistem online maupun offline.

Reseller merupakan bisnis dengan cara menjual produk yang telah dibeli dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Bisnis reseller mengharuskan kita memiliki stok barang terlebih dahulu.

Berbeda dengan sistem dropshop. Jika di sistem dropship stok barang disediakan langsung oleh suplier, sementara jika di sistem reseller, Anda harus punya stok produk untuk dijual kembali.

Anda bisa menjalankan bisnis ini dari  rumah atau dari mana saja dan kapan saja.

16Usaha Warung Angkringan

Anak muda zaman sekarang sangat suka nongkrong di warung angkringan, terutama bagi mahasiswa dan bujangan. Bukan hanya itu, orang yang sudah berkeluarga pun masih suka makan di warung angkringan.

Sebab, selain harga yang bersahabat, suasana yang santai serta rasa yang enak membuat usaha ini sangat laris.

Jika Anda berminat, Anda bisa menjalankan usaha ini di depan rumah, terutama bagi Anda yang tinggal di pinggir jalan utama.

 

Itu tadi adalah beberapa ide bisnis rumahan yang minim modal, mana yang terbaik untuk kalian silahkan sesuaikan sendiri dengan lokasi dan keahlian kalian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here