Hidup sederhana atau minimalisme sepertinya memang sedang banyak di gemari banyak orang di dunia. Tampaknya gaya hidup ini pun mulai diminati banyak orang karena banyaknya keuntungan yang didapat dari trend ini. Sadar atau tidak trend minimalisme memang menawarkan banyak sekali kelebihan yang bisa di dapat.

MANFAAT HIDUP SEDERHANA:

  • Hidupmu ajak jauh lebih nyaman
  • Bisa menghemat uang, waktu dan sumber daya alam
  • Mudah bersyukur untuk hal yang kecil sekalipun
  • Meminimalisir beban dalam pikiran
  • Lebih menerima hidup apa adanya
  • Lebih mengerti tentang kebutuhan hidup sendiri
  • Hidup tenang tanpa diperbudak keinginan

Jika mampu menerapkan dengan benar dan tepat. Bukan tidak mungkin strategi hidup sederhana ini  akan membuat kamu bebas finansial dalam hitungan beberapa tahun saja. Lalu bagaimana hidup sederhana yang benar untuk tujuan hidup yang lebih baik?

MENGENDALIKAN KEINGINAN DAN KEBUTUHAN MEMBUATMU PAHAM MENGATUR KEUANGAN

Saat kamu sedang memegang uang atau baru saja gajian. Pasti rasanya ingin membeli semua yang kamu inginkan dan sudah ditunggu sekian lama. Boleh saja. Asal kamu juga mampu mengelola mana barang yang benar-benar jadi kebutuhanmu dan mana yang hanya jadi keinginanmu saja.

Karena biasanya manusia cenderung membeli secara impulsive atau berdasarkan keinginan semata tanpa tahu barang yang mereka beli itu berguna atau tidak.

Pernahkah kamu nonton film Shopaholic yang bercerita tentangseorang perempuan yang kecanduan belanja hingga harus membekukan kartu kreditnya di dalam kulkas, nyatanya menahan keinginan belanja memang sulit bukan? Kadang kita yang sudah berusah mati-matian berhemat dan membagi pengeluaran yang perlu dan tidak perlu saja masih kesulitan.

Itulah mengapa jika kamu memang berniat hidup dengan sederhana dan ingin  memiliki tabungan yang besar di kemudian hari. Mulai sekarang belajarlah membedakan apa yang benar-benar ingin kamu beli dan apa yang butuh kamu beli. Agar keuanganmu dapat terkendali dengan baik tanpa khawatir uangmu terbuang sia- sia.

HIDUPLAH DIBAWAH KEMAMPUAN MESKI KAMU MAMPU BERLEBIH-LEBIHAN

Salah satu masalah terbesar orang Indonesia adalah lebih sering hidup diatas kemampuan yang mereka miliki daripada keuangan mereka yang sebenarnya.

Misalnya di Indonesia kita akan lebih banyak menemui orang yang berhutang demi terlihat kaya. Daripada orang kaya yang berusaha hidup sederhana. Karena ini adalah fakta.

Padahal dengan hidup dibawah kemampuan meski mampu hidup berlebihan. Keuangan akan lebih stabil dan hidup sederhana namun kaya raya tetap bisa dijalankan.

Contoh hidup dibawah kemampuan adalah: jika kamu punya gaji sebesar 15 juta kamu lebih memilih motor daripada mobil daripada  kamu harus mencicil. Jika mampu membeli motor dan menyimpan lebih banyak uang tanpa dipusingkan cicilan .Mengapa harus membebani diri terlihat kaya kalau berat untuk diri sendiri?

TIDAK MEMBELI BARANG KARENA TREN SEMATA, MEMBUATMU JADI LEBIH TAHU APA YANG TEPAT UNTUKMU

Masih berhubungan dengan keinginan dan kebutuhan. Terutama untuk kaum wanita .Sering bukan kamu  yang hobi membeli make up dan skincare hanya karena sedang tren saja.

Padahal apa yang kamu beli kadang tidak kamu pakai sama sekali. Atau hanya menumpuk tanpa tahu kapan akan habis.

Itulah mengapa terkadang setiap tren tidak perlu selalu kamu ikuti. Karena meski menarik untuk didikuti. Tren sendiri kadang justru membuatmu tidak disiplin dan lalai dalam mengatur keuanganmu sendiri.

Jika kamu ingin hidup sederhana namun tetap trendi. Bedakan mana tren yang cocok dan bisa kamu beli dan mana yang hanya akan menghabiskan isi dompetmu saja.

KENDALIKAN DIRI DAN JANGAN GENGSI JADI KUNCI YANG UTAMA

Young brunette woman with 100 dollars on her mouth

Sering lapar mata dengan barang yang dimiliki teman. Lalu membelinya karena takut dianggap tidak mampu beli?

Sebaiknya yang seperti itu kamu tinggalkan segera. Karena rasa gengsi itu justru akan menghancurkan menajemen keuanganmu.

Toh yang membeli barang itu kamu kan? Dan bukan temanmu yang membelikannya untukmu. Pada akhirnya jika kehabiasan uang apa temanmu akan menolong? Tidak kan?

Sebaiknya jika kamu memang sedang berusaha hidup sederhana bahkan ingin bebas finansial. Belajarlah untuk tidak gengsi. Dan tetap santai pada apa yang orang lain miliki. Karena ujungnya kamu sendiri yang akan rugi. Pikirkan keuangan masa depan daripada keinginan sesaat yang membuatmu menyesal

SELALU MEMPRIORITASKAN MENABUNG JADI KEBUTUHAN UNTUKMU

Hidup sederhana intinya adalah tidak memaksakan sesuatu berlebihan meski mampu dan lebih memprioritaskan menabung untuk masa depan. Saat kamu membiasakan hidup sederhana atau bahkan sedang belajar hidup sederhana.

Sadar atau tidak kamu akan lebih mengutamakan menabung dan selalu berusaha menyisihkan sedikit uang yang kamu miliki secara terus menerus. Sedikit demi sedikit kamu pun mulai terbiasa dengan kebiasaan mengurangi anggaran demi menyimpan lebih banyak. Selain hal ini bermanfaat untuk masa depanmu. Sadar atau tidak kemu pun mulai mampu mengatur antara keinginan dan kebutuhan yang sebelumnya sulit kamu lakukan.

Meski untuk hidup sederhana banyak hal yang harus kamu atur dan kendalikan. Termasuk keuangan dan keinginan membelanjakan uang, tapi dengan hidup sederhana. Kamu akan lebih belajar menghargai setiap nominal yang diperoleh. Kemudian belajar  memanfaatkannya dengan tepat.  Tanpa ada rasa penyesalan kemana sebetulnya uang itu pergi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here