Mungking sebagian besar dari kita beberapa saat setelah lulus atau bahkan saat ini pernah berpikir, “Saya ingin berbisnis, kira kira Peluang Usaha untuk lulusan Sekolah Menengah apa yang cocok untuk saya“. Hal itu pasti terjadi pada setiap anak. tapi apakah memang ada Peluang Usaha untuk lulusan Sekolah Menengah yang benar benar menjanjikan ?

Kita yang merupakan lulusan SMA/SMK wajib kreatif. Kita harus bisa mulai menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dan menemukan ide bisnis. Tenang saja, alumni sekolah menengah memiliki peluang yang sama untuk sukses berbisnis seperti lulusan perguruan tinggi. Dan berikut ini adalah beberapa ide bisnis atau Peluang Usaha untuk lulusan Sekolah Menengah yang bisa Kalian pertimbangkan.

Penulis

Peluang Usaha untuk lulusan Sekolah Menengah yang pertama adalah menjadi seorang Penulis. Hobi menulis dan banyak yang bilang tulisanmu bagus? Sayang banget kan kalau keahlianmu itu disia-siakan. Karena itu alangkah baiknya kalau kamu memanfaatkan kemampuan menulismu untuk meraup pundi-pundi uang, salah satunya menjadi freelance.

Terlebih saat kini udah banyak sekali situs yang mau membayar hasil tulisanmu seperti Uc News, Getcraft, Babe dan lainnya. Misalnya satu artikelmu dihargai Rp 30 ribu, jika kamu menulis satu hari satu, berarti dalam satu minggu kamu akan mendapatkan uang tambahan sebesar Rp 210 ribu (Rp 30 ribu x 7). Cukup Lumayan bukan?

Bisnis online shop

Peluang Usaha untuk lulusan Sekolah Menengah berikutnya adalah membuka Online shop, Sekarang banyak yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang lho salah satunya adalah dengan bisnis online shopBisa kita mulai dengan posting produk di whatsapp atau facebook atau bisa langsung kita post produk di beberapa marketplace yang tersedia.

Guru Les Privat Anak SD

Peluang Usaha berikutnya adalah menjadi seorang Guru Les Privat anak SD. Memang tidak banyak yang PeDe dengan job satu ini. Tapi untuk kalian yang merasa memiliki sedikit kemampuan yang layak dibanggakan , Peluang Usaha untuk lulusan Sekolah Menengah yang satu ini layak untuk dicoba.

Misalkan saja Anda menawarkan kemampuan mengajar matematika dasar, bahasa inggris dasar hingga komputer dasar. Jasa ini bisa dikenalkan kepada orang-orang di sekitar tempat tinggal Anda. Layani les privat sebanyak setidaknya dua kali dalam seminggu di sore hari. Berikan pengajaran yang sabar dan mudah dipahami anak SD supaya jasa les privat yang Anda kenalkan makin membuat orangtua lain tertarik.

Dropshipper

Peluang Usaha untuk lulusan Sekolah Menengah berikutnya adalah menjadi seorang Dropshipper. Untuk kalian yang merupakan anak milenial dan melek teknologi nampaknya ide dan usaha yang satu ini cukup layak kalian coba.

Hampir seperti Toko Online, Bedanya jika membuka toko online kita harus menyetok barang daganya tapi jika kita menjadi Dropshipper maka kita tidak perlu repot menyetok barang dagangan dan takperlu takut barang jualan kita tidak habis.

Driver Ojek Online

Peluang Usaha untuk lulusan Sekolah Menengah yang dapat kita jadikan alternatif adalah menjadi Driver Ojek Online. Lumayan kan kalau dalam satu hari aja kamu bisa mengambil lima penumpang? Belum lagi tips yang dikasih. Dan dari beberapa pengalaman teman yang sudah menjalaninya mereka dapat menghasilkan lebih dari UMR saat menekuni mejadi driver Ojek Online tersebut.

Fotografer

Banyak yang bilang kalau hasil jepretanmu bagus? Gak usah ragu lagi ya untuk dapatin duit tambahan jadi fotografer. Lumayan kan kalau kamu mendapat bayaran Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta untuk jasa prewedding kecil kecilan yang bisa kamu jadikan usaha setelah kamu lulus sekolah.

Blogger

Punya blog dan memiliki banyak pengikut? Sayang banget kan kalau didiamkan gitu aja. Pasalnya kamu bisa mendapatkan dari blog milikmu lho.

Bagaimana caranya?

Sejak awal membuat blog tentu kamu sudah memiliki konsep atau fokus pada satu bidang seperti fashion, cosmetics dan lainnya. Contohnya jika kamu blogger makeup, kamu bisa fokus ke review produk. Berikan review yang lengkap dan menarik dengan begitu cepat atau lambat akan ada brand yang menawarkan jasa endorse.

Lumayan kan kalau untuk sekali endorse kamu dibayar Rp 500 ribu.

Endorser Media Sosial

Peluang Usaha untuk lulusan Sekolah Menengah yang cukup menjanjikan untukmu yang berpenampilan PeDe dan memiliki banyak follower di media sosial adalah menjadi Endorser Media Sosial. Kemajuan media sosial dewasa ini adalah sebuah peluang bisnis yang amat sangat menjanjikan. Tak perlu harus jadi selebgram atau selebtwit dengan jumlah pengikut ratusan ribu sampai jutaan orang agar bisa membuka jasa endorsement. Karena rupanya saat ini, banyak pemilik bisnis hingga perusahaan yang justru fokus pasang iklan pada micro-influencer.

Untuk bisa disebut sebagai micro-influencer, akun media sosial Anda (entah Facebook/Twitter/Instagram) harus punya pengikut di kisaran 1.000-10.000 orang. Tidak sulit bukan untuk mencapainya? Yah, meskipun memang tarif endorse tidak sebesar influencer yang sudah populer, cukup bisa memberikan pemasukan yang menjanjikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here