Bagi Anda yang memiliki masalah siswa belum memiliki NISN di verval PD, langkah berikut saya harap bisa membantu Anda untuk mengatasi masalah tersebut. Namun sebelumnya perlu diperhatikan terkait tentang siswa yang belum memiliki NISN di verval PD. Umumnya siswa yang belum memiliki NISN akan masuk pada menu Residu di laman verval PD setelah melakukan sinkronisasi melalui aplikasi Dapodik. Namun ada kasus siswa kelas 11 dan 12 yang sudah memiliki NISN tetapi pada verval PD siswa tersebut masuk ke siswa belum memiliki NISN.

Siswa yang belum memiliki NISN dan masuk pada menu residu hanya berlaku bagi siswa baru, bukan kategori siswa naik kelas. Siswa baru ini nantinya akan diproses untuk menyamakan data NISN nya atau membuatkan baru jika memang tidak diketemukan data NISN nya pada saat proses match data.

Jika ada siswa kelas 11 dan 12 yang sudah memiliki NISN tetapi pada validasi verval PD siswa tersebut masuk ke menu belum memiliki NISN artinya siswa tersebut adalah siswa mutasi yang diambil dari proses penarikan data atau bisa jadi input manual ketika aplikasi dapodik sebelum memberlakukan proses penarikan data siswa.

Bagi Anda yang memiliki masalah siswa belum memiliki NISN di verval PD Cara Atasi Siswa 11, 12 Belum Memiliki NISN di Verval PD

Seperti yang terlihat pada gambar diatas, siswa tersebut adalah jelas siswa mutasi dan selamanya akan dianggap belum memiliki NISN jika pihak sekolah belum melakukan kordinasi dengan Dinas/UPT setempat. Siswa mutasi membutuhkan approval dari operator Dinas. Kalau Anda lihat pada menu status pengajuan mutasi siswa maka statusnya Menunggu Approval dari Dinas.

Meskipun pada aplikasi Dapodik data siswa tersebut sudah masuk dan seperti terlihat tidak ada asalah, Namun pada validasinya siswa tersebut masih berstatus siswa mutasi, yang menjadi kekhawatiran adalah jika sudah masuk pada jenjang kelas akhir (kelas 12) yang berdampak pada pelaporan data siswa untuk Ujian Nasional kedepannya.

Langkah yang tepat untuk mengatasi masalah siswa 11, 12 belum memiliki NISN di Verval PD adalah mengumpulkan berkas mutasi siswa tersebut, kemudian berkoordinasi dengan operator Dinas untuk mendapatkan approval mutasi siswa sehingga siswa tersebut sudah benar-benar diakui sebagai siswa di sekolah Anda.
Sumber: Ilerning Media