Tips agar Tidak terjadi Permasalahan saat Berdialog

0
344

Simak baik-baik, Tips agar Tidak terjadi Permasalahan saat Berdialog

 Tips agar Tidak terjadi Permasalahan saat Berdialog Tips agar Tidak terjadi Permasalahan saat Berdialog
(kakapintar.com)
Atmosferku.com | Tips agar Tidak terjadi Permasalahan saat BerdialogSobat ada MASALAH di kantor? Sampai konflik? Itu wajar. Mungkin interaksi orang-orang di dalamnya begitu intens. Atau mungkin sobatnya saja yang nggak mau memahami alias keras kepala dengan pendirian.

Karena kebanyakan permasalahan dengan teman, sahabat, atau kolega di kantor, hanya karena keegoisan terhadap sebuah pendapat. Nggak adanya saling menghormati pendapat satu sama lain saat berdialog. Seakan, pendapat sobat sendiri yang harus diterapkan dan paling relevan tanpa memperhatikan pendapat yang lainnya.

Terus, apa tips agar nggak terjadi permasalahan saat berdialog? 
Pertama, ketika terjadi konflik, tempatkan diri kita dalam posisi orang lain. Ini namanya empati. Catat, em-pa-ti.
Mungkin sulit menempatkan diri kita dalam posisi mereka. Tapi, bukannya mustahil. Perlu diingat, empati dan kompromi seringkali lebih efektif ketimbang konfrontasi. Apalagi kalau sampai terjadi provokasi, bisa nggak selesai tuh permasalahan.
Kedua? Pertimbangkan kemungkinan terburuk bagi kedua belah pihak. Mengetahui hal ini, kita akan berhati-hati dalam memutuskan dan berusaha menghindari konfrontasi. Serta jangan sampai terjadinya provokasi.
Terus? Cari pendapat pihak ketiga yang ahli dan netral. Jika sobat menemui jalan buntu dengan ‘pihak lawan’ dan belum punya solusi konkrit walaupun sudah berusaha sebaik-baiknya, maka carilah pihak ketiga untuk bantu mendamaikan. 
Terus? Fokus pada persamaan dan kompromilah sesekali. Selagi tidak berbenturan dengan hal-hal prinsip, tak ada salahnya kalau kita mau berkompromi. Sekali lagi, hindari konfrontasi.
Kalau doa? Tentu saja ini harus. Sebagai orang beriman, kita sama-sama tahu bahwa doa adalah bagian tak terpisahkan dari ikhtiar. Maka, sertakan ini sejak awal ketika memulai dialog.
Dengan begini, mudah-mudahan konflik tersebut bisa reda dan redam. Segala perbedaan yang bisa menjadi masaah akan terhindarkan. Malah karena perbedaan tersebut bisa menjadi bahan pembelajaran dan evaluasi untuk selanjutnya, agar dalam sebuah dialog kita masing-masing  Silakan dicoba


  
Pustaka: Telegram Ippho Santosa
Terima kasih ya telah menyempatkan waktu untuk membaca  Tips agar Tidak terjadi Permasalahan saat Berdialog
Doa kami, Semoga rezeki berlimpah untuk sobat semua hari ini. Aamiin