Main Game Asphalt Xtreme, Battlefield 4, GTA IV di Laptop Acer Aspire Z3-451

0
331

Lanjutan dari review laptop Acer Aspire Z3-451, sekarang dari sektor gaming nya. Game yang saya coba gak berat-berat karena seperti yang sudah saya bilang di review tersebut, laptop ini bukan kelas laptop gaming high end yang dirancang khusus untuk gamer dengan spek tinggi dengan harga belasan atau puluhan juta. Ini laptop “gaming” kelas menengah dibawah 5 jutaan yang cocok buat kerja tapi juga siap buat diajak main game.

Di selah-selah kesibukan kerja, saya coba main game gratis kelas ringan yang ada di Store Windows 10. Game Asphalt Xtreme, permainan balap mobil offroad.

Game ini berjalan mulus di laptop Acer Aspire Z3-451 dengan processor A10-5757M integrated graphic Radeon HD 8650G dan RAM DDRL3 4GB. Dengan seting optimal atau maksimal atau bahasa para gamer yaitu setting rata kanan. Sehingga menghasilkan tampilan graphic yang cukup aduhay kalau menurut saya. Tapi kalau buat maniak game mungkin masih banyak kekurangannya, apalagi dengan resolusi monitor yang HD saja alias belum Full HD.

Ini screenshoot dari game Asphalt Xtreme versi PC 

Dan fotonya..

Saya main pakai dual monitor, di monitor PC buat game dan di layar laptop buat memantau status penggunaan menggunakan Task Manager serta temperatur processor menggunakan Core Temp.

Bisa kita lihat di Task Manager, game ini tidak terlalu banyak memakan memori, hanya menggunakan 200-300MB saja. Jadi masih kelas-kelas ringan game ini di perangkat laptop atau PC saat ini 2017.

Untuk temperatur processor laptop saat game dimainkan berada di kisaran 63 derajat Celcius dan maksimum menyentuh angka 72 derajat Celcius. Serem juga sih, untung saja processor A10-5757M ini dirancang bisa menahan panas hingga 100 derajat Celcius. Tapi walau begitu sebaiknya ditambahkan pendingin laptop untuk menurunkan panasnya, karena panas bisa mengakibatkan kerusakan lebih cepat pada perangkat elektronik.

[Update]

+Battlefield 4

Main game Battlefield 4 di laptop ini cukup berat, dengan settingan low saja hanya dapat FPS sekitar 20an, artinya secara kasat mata, walaupun masih bisa dimainkan tetapi kurang smooth pergerakannya.

+GTA IV

Sama halnya dengan BF4, game ini hanya bisa dimainkan di setting low dengan FPS 20an juga. Bagaimana dengan GTA V? Saya belum coba, tapi kemungkinan sama saja atau malah lebih berat dari GTA IV.

+DOTA 2 & PES 2017

Nah kalau game DOTA 2, PES 2017, CSGO, dan sejenisnya sangat lancar di setting high sekalipun. Untuk game-game esports seperti ini laptop Acer Aspire Z3-451 masih sangat bisa diandalkan.

Kesimpulannya.. Jangan terlalu berharap untuk bisa bermain game-game berat seperti GTA V, Battlefield 1, Rise of The Tomb Rider dan game-game berat terbaru. Tapi kalau mau main game esports atau game-game dari Windows store itu masih bisa ditangani.

See you next time agan-agan.. terimakasih udah mampir.
Sumber http://www.elppas.com/