Obeng Kuat Tidak Gampang Aus Anti Selek?

0
239
Adakah obeng yang kuat? Tidak gampang aus? Dan tidak selek? Ketahui jenis-jenis baja bahan pembuatan obeng agar tidak salah beli. Perlu anda ketahui bahan pilihan dan tips agar obeng tahan lama.

Saya disini bercerita sebagai reseller/penjual macam-macam obeng. Saya seringkali mendapatkan pertanyaan tersebut diatas. Oleh karena itu saya buat artikel ini supaya kalau ada pertanyaan serupa bisa diarahkan kesini.
Setiap Baja Pasti Akan Aus, Baja Apapun Itu!
Anda harus memahami bahwa setiap baja pasti akan aus jika terus-terusan bergesekan dengan benda lain yang memiliki kepadatan.
Pisau atau golok pun perlu diasah dan terus diasah setelah beberapakali digunakan. Pisau dapur biasanya terbuat dari Baja Stainless (Stainless Steel). Anda pakai potong tahu, tempe, daging, dll.. tentu suatu saat akan aus dan perlu diasah kembali bukan? 
Sayangnya obeng tidak bisa diasah untuk digunakan ulang. Jadi kuncinya ada pada Anda sebagai pengguna, yaitu gunakan dengan apik.

Selain itu, obeng juga lawannya bukan tempe, tahu atau daging. Tapi sama-sama baja juga, karena skrup tidak ada yang terbuat dari tempe 😁

Tapi ada dong baja yang kuat, yang tahan lama?
Ya ada, baja banyak macamnya dan memiliki tingkat kekerasan bervariasi. Salah satu ukuran tingkat kekerasan bisa dihitung dalam satuan HRC.

Dari kemasan obeng biasanya ada informasi baja jenis apa yang digunakan untuk membuat obeng tersebut. Sehingga kita bisa tau seberapa keras obeng itu.

  • HRC 40-an, jarang disertakan di kemasan produk tapi kemungkinan sering di pakai di obeng-obeng murahan atau abal-abal. Harga biasanya murah-murah.
  • HRC 50-52 seperti Baja CR-V 6150, Sangat keras, dipakai di kebanyakan produk obeng merk Jakemy/Jackly. Harga sedang, cocok untuk pengguna rumahan, yang pake-nya sesekali seperti saya 🙂
  • HRC 58-61 seperti D2, Super keras, ada juga di produk obeng merk Jakemy dengan HRC 60an. Harga agak sedikit mahal. Cocok untuk profesional.
  • Berlian (Diamond) dalam HRC tidak diketahui atau anggap saja 100++ karena diamond itu sendiri adalah alat untuk menguji kekerasan material metal tersebut, jadi tingkat kekerasannya Ultra keras, dijamin anti slek dan anti slip. Mata obeng pada permukaannya dilapisi serbuk berlian. Cuma harganya mahal bingits. Cocok untuk profesional dan antusias.

Ukuran Obeng

Ukuran tentu saja sangat berpengaruh terhadap ketahanan. Obeng-obeng HP jaman sekarang kecil-kecil. Seperti obeng iPhone, jenis Pentalobe (bintang 5) ukurannya 0,8mm untuk bagian luar iPhone, dan obeng phillips ukuran 1,5mm untuk bagian dalam.
Tentu saja dengan ukuran-ukuran micro seperti itu akan lebih mudah aus atau patah. Hal ini yang perlu Anda maklumi juga. Jadi jangan selalu menyalahkan kepada bahan atau merk, karena bahan baja apapun kalau ukurrannya micro maka akan mudah patah.
Tips Penggunaan
Kalau mau awet tahan lama tentu faktor pengguna juga berpengaruh. Jadi sebaiknya gunakan dengan apik.
Jangan salah ukuran. Hal ini kadang terjadi, ukurang obeng 1,5mm dipakai untuk membuka skrup 2.0mm karena masuk juga. Jadi kalau tidak tau ukurang skrup, coba dari obeng yang paling besar dulu, kalau tidak masuk baru turun ke yang lebih kecil.
Jangan dipaksakan. Kalau skrup keras jangan dipaksakan dulu, silahkan cari tips dulu cara membuka skrup yang keras.
Kesimpulan
Paham bahwa obeng berbahan apapun suatu saat akan aus. Pilih bahan obeng yang sesuai dengan kebutuhan dan budget. Gunakan obeng dengan apik.

Kalau ada yang kurang, mohon ditambahkan..


Sumber http://www.elppas.com/