Jakemy JM-8139 Obeng Set Teknisi HP, Laptop, Macbook, Komputer, Playstation

0
425
Butuh obeng set yang cukup lengkap dengan harga murah untuk teknisi gadget (HP, Laptop, Macbook, Komputer, Console Playsatation 3/PS4, atau XBOX)? Jakemy JM-8139 mungkin bisa menjadi pilhan Anda.

Berikut info lengkap dan sedikit review yang mungkin Anda butuhkan sebelum memutuskan untuk membelinya..

Jakemy JM-8139 memiliki body yang kokoh tebal terbuat dari bahan plastik polycarbonate yang cukup kuat, bahkan di dalam video official-nya didemokan dilindas mobil, walaupun menurut saya agak terlalu lebay juga mengingat ada bagian-bagian tertentu yang mudah patah juga.

Namun dengan desain koper, Anda dapat membawanya dengan mudah.

Mata Obeng Multi Bit Bahan Baja CR-V

Untuk mata obeng multi bit nya, JM-8139 menggunakan bahan CR-V (Chromium Vannadium) dengan tingkat kekerasan HRC 50-52. Secara teori bahan ini cukup keras dengan kategori mainstream (ideal) karena ada bahan yang lebih “lunak” dan lebih keras lagi diatas ini.

Dengan demikian, saya sarankan obeng ini untuk pengguna umum, karena harganya yang relatif terjangkau, bagi profesional dengan dana lebih dan mencari yang lebih keras seperti bahan baja S2/D1 dengan HRC 60an mungkin bisa mempertimbangkan Jakemy JM-8116.

Tapi perlu diingat juga ya, bahan baja apapun kalau ukuran mata obeng kecil-kecil terutama dibawah 2mm biasanya memang rawan slek/patah. Kalau untuk yang besar-besarnya HRC 50-52 itu sudah bisa dibilang sangat keras.

Baca juga: Obeng Kuat Gak Gampang Slek?

Jenis Mata Obeng

Jenis-jenis mata obeng di dalam Jakemy JM-8319 ini sepertinya diperuntukan bagi teknisi gadget (handphone, laptop, komputer, macbook, dan console seperti Playstation dan XBOX) karena kebanyakan mata obeng kecil-kecil.

JM-8139 hadir dengan 31 jenis mata obeng:

Obeng Bintang 5 (Pentalobe)
– 0.8mm, sudah terpasasng di gagang obeng ketika dibuka, biasa digunakan untuk Apple iPhone atau Meizu
– 1.2mm, biasa digunakan untuk back case Apple Macbook Pro/Air

Obeng Bintang 6 (Torx)
– T3, T4, T5

Obeng Bintang 6 Bolong Tengah (Torx Security/TR/TS)
– T6, T7, T8, T9, T10, T15, T20,

Obeng Segi Enam/Kunci L (Hex)
– H1.3, H1.5, H2.0, H3.0, H4.0, H5.0,

Obeng Minus (Slotted)
– 1.5, 2.0, 2.5, 3.0, 3.5,

Obeng Plus (Phillips)
– +1.0, 1.5, bisa digunakan untuk skrup bagian dalam iPhone
– +2.0, biasa digunakan untuk skrup smartphone Samsung, dan beberapa merk lainnya
– +2.5, +3.5,

Obeng Segitiga (Triangle)
– 2.0mm

Obeng U
– U2.6

Obeng Y (Three-wings)
– Y2.0

Tools Kit

Obeng Jakemy JM-8139 juga dilengkapi tools kit penting untuk mendukung bongkar-membongkar gadget. Diantaranya ada beberapa tools kit berikut:

  • Roller Opening Tool
  • Metal prying tool
  • Pinset
  • Cutter
  • Opening tool segitiga
  • Suction cup, atau sering disebut kop/ceplokan untuk membuka lcd iPhone 5/6
  • Sim card tray ejector, untuk membuka sim tray iPhone
  • Accessory box includes rotary unions PH2.5 dan H5.0

Obeng Khusus iPhone

Dalam paket JM-8139 juga disediakan 2 obeng khusus untuk iPhone dengan ukuran pentalobe 0.8mm untuk bagian luar, dan phillips 1.5mm.

Namun sayang disinilah saya seringkali mendapatkan kekurangan. Pada jenis obeng ini saya menemukan kasus mata obeng yang tidak akurat alias tidak masuk untuk skrup iPhone.

Tapi untungnya ukuran ini sudah tersedia juga di obeng multi bit-nya. Jadi obeng ini bisa dibilang obeng cadangan.

Harga Obeng Set Jakemy JM-8139

Di situs Amazon, Jakemy sendiri menjual obeng ini seharga $25.99 atau kalau dirupiahkan sekitar Rp. 345.000 (Rp. 13.300 per $1)

Di tokopedia.com/Timeslibtore Anda bisa mendapatkannya dengan harga sekitar Rp. 175rb! Ya harga disesuaikan lah dengan ekspektasi orang Indonesia yang pengen selalu murah tapi bagus 😀

Review Jakemy JM-8139

Dari 300 penjualan lebih, sejauh ini belum ada komplain sama sekali dari pembeli. Kebanyakan rata-rata memberikan bintang 4-5 untuk review di Tokopedia dan Bukalapak.

Soal kualitas saya kira berbanding lurus dengan harga. Cuma 175rb-an bisa mendapatkan obeng yang cukup lengkap disertai tools kit dan box yang tebal tentu bisa dibilang worthed!

Namun tentunya setiap orang mempunyai ekspektasi berbeda-beda. Bagi saya sebagai pengguna awam, obeng ini sudah sangat memuaskan. Namun bagi para profesional service gadget dengan ekspektasi tinggi silahkan cari yang lebih baik lagi dari ini.

Video

Video official dari Jakemy


Ok, saya kira ulasannya sudah lengkap. Apabila ada yang kurang jelas, silahkan komentar.
Sumber http://www.elppas.com/