Ganti HDD ke SSD dan Upgrade Ram Laptop Acer Aspire Z3-451 Tingkatkan Performa

0
368

Penasaran dengan kecepatan SSD (Solid State Drive) yang katanya bisa meningkatkan performa PC secara cukup signifikan, akhirnya saya beranikan ganti Harddisk WD 500GB bawaan Acer Aspier Z3-451 ke SSD Samsung EVO 840 120GB.

Sebelum ganti ke SSD, supaya sistem operasi tetap tidak harus install ulang lagi, saya cloning dulu OS nya ke SSD dengan menggunakan aplikasi Samsung Data Migration. Caranya gampang sepertinya tidak perlu tutorial, atau silahkan googling untuk tutorialnya.

Setelah sistem ter-cloning ke SSD baru siapkan tools kit untuk bongkar:
1. Obeng + ukuran 3.0mm
2. Claber/pick gitar
* Obeng dan tools kitnya bisa beli di Timeslibtore.com

Video

Disassembly

Buka semua skrup di bagian belakang body laptop.. ini gampang jadi gak perlu dijelaskan lagi.

Selanjutnya, bagian yang agak susah, perlu cukup tenaga, tapi juga harus hati-hati, yaitu mencongkel back cover laptop.

Saya menggunakan Claber/pick gitar, (atau silahkan gunakan benda tipis tapi kuat lainnya) untuk mencongkel cover belakang laptop karena selain di skrup juga masih “terkait” ke body.

Saya congkel dari bagian pojok depan (kiri/kanan gak masalah) dulu, lalu pinggir, dan terakhir belakang. Jujur ini agak susah buat saya, sampai bunyi “krek-krek” takut patah tapi akhirnya bisa kebuka juga.

Ganti Harddisk Acer Aspier Z3-451

Cara buka HDD nya gampang banget tinggal dorong/geser aja gak pake skrup atau pengait apapun. Perhatikan foto:

Selanjutnya tinggal pasang SSD-nya juga sama gampangnya, tinggal hati-hati aja supaya tidak merusak komponen.

Setelah terpasang dengan benar coba tes nyalakan laptop dulu apakah SSD sudah terdeteksi sebelum di skrup lagi back cover nya.

Upgrade RAM

Kalau yang ini sebenarnya belum saya coba, karena belum ada dana 🙂

Untuk cara pasangnya saya yakin gampang tidak perlu tutorial mendetail.

Cuma yang perlu diperhatikan, pertama, hanya terlihat satu slot RAM saja di bagian belakang. Entah dimana slot satunya lagi. Jadi ini memang mungkin lebih mudah upgrade RAM daripada ganti RAM.

Selain itu perlu diperhatikan juga spesifikasi RAM bawaannya, bisa di cek menggunakan software CPU-Z, supaya beli RAM nya yang sama atau compatible.

Dari informasi CPU-Z bisa kita lihat bahwa RAM bawaan memiliki spesifikasi:

  • DDR3 4GB
  • DDR3L alias Low Voltage 1,35V bukan yang 1,5V
  • PC3-12800
  • Manufactur Samsung

Jadi sebaiknya beli yang sepsifikasinya sama. Rencana saya mau upgrade/tambah 4GB lagi dengan spesifikasi yang sama (sukur kalau bisa nemu merk sama, tapi walaupun merk berbeda saya kira gak masalah) biar dual channel.

Assembly

Memasang kembali back cover tidak susah-susah amat, hanya saja yang perlu diperhatikan ketika pemasangan di bagian pinggir kiri-kanan karena ada port-port USB dan lainnya jangan sampai tertekan dan patah. Itu saja.

Peningkatan Performa

Setelah mengganti HDD dengan SSD, apa yang saya rasakan cukup terasa ketika booting Windows, copy-paste dan membuka aplikasi terasa jauh lebih cepat dibandingkan dengan ketika menggunakan HDD.

SSD juga lebih hening dan lebih ringan dari HDD. Silahkan coba sendiri, pasti bakal betah pakai SSD dan males balik ke HDD.

Kekurangannya hanya saja harga yang masih jauh lebih mahal.

Sementara untuk upgrade RAM sebenarnya tidak akan meningkatkan performa selama kebutuhan RAM yang digunakan dibawah 4GB, jadi hanya akan terasa jika membuka aplikasi-aplikasi yang rakus RAM seperti game-game berat yang membutuhkan RAM diatas 4GB.

Selain itu sepertinya sudah tidak bisa upgrade untuk meningkatkan performa karena processor dan vga laptop ini tidak bisa diupgrade.

OK, segitu aja, semoga bermanfaat buat para pengguna laptop Acer Aspire Z3-451.
Sumber http://www.elppas.com/