Fast Charging atau Quick Charge adalah fitur penting dari kebanyakan ponsel Android. Sayangnya hingga release Apple iPhone 7 Plus pun belum memiliki fitur pengisian baterai cepat seperti itu. Kita berharap semoga di iPhone 8 nanti ada fitur pengisian baterai cepat-nya.

Namun pengguna iPhone 6 atau 7 ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengisi baterai lebih cepat dari biasanya.

iPhone 7 Plus: Charger 5W (kiri), Charger iPad 12W (kanan)

Pakai Charger iPad 2.1A

Charger bawaan iPhone 6/6 Plus/7/7 Plus hanya 5V 1A (5W) padahal kapasitas baterai iPhone 6 keatas cukup besar sehingga pada saat pengisian baterai akan terasa lebih lama.

Olehkarena itu jika Anda ingin mengisi baterai iPhone Anda lebih cepat sebaiknya gunakan charger iPad 5V 2.1A (12W).

Apakah aman? Tentu saja aman. Apple bahkan memiliki dokumen pendukung yang menyatakan bahwa aman untuk menggunakan adaptor daya 12W dengan perangkat lain, termasuk iPhone, Apple Watch dan aksesori lainnya dan biasanya akan memberikan waktu pengisian yang lebih cepat.

Biasanya waktu nge-cas iPhone 7 Plus sampai penuh dengan charger bawaan 5W memakan waktu hingga 3 jam, sedangkan jika menggunakan charger iPad 12W hanya memakan waktu 2 jam.

Alternatif jika Anda tidak memiliki charger iPad yang harga resminya sekitar 300rb-an, Anda bisa menggunakan charger 5V 2.1A merk lain semisal bawaan Samsung Galaxy S6 atau Note 4 keatas.

Anda juga bisa membeli charger Quick Charge 3.0 dari brand-brand terkemuka seperti..

  • Orico
  • Anker, 
  • Tronsmart, 
  • Aukey, 
  • dll. 

Charger ini biasanya sudah mendukung 5V 2A dan biasanya sudah dilengkapi dengan fitur-fitur proteksi sehingga aman untuk perangkat Anda. Dan harganya cukup terjangkau, hanya sekitar 150rb-an.

Yang saya tidak rekomendasikan adalah charger OEM atau merk abal-abal yang belum tentu memiliki fitur-fitur kemanan.

Catatan:
Untuk pengguna iPhone 5se/5s/5c/5 dan generasi sebelumnya sayang sekali menggunakan charger dengan Ampere lebih dari 1A tidak akan mempengaruhi kecepatan pengisian daya karena maksimal Ampere yang “ditarik” oleh iPhone ini hanya hingga 1A saja.

Tetapi Anda masih bisa menggunakan cara yang kedua ini..

Mode Airplane

Mengisi baterai iPhone lebih cepat dengan menyalakan Mode Pesawat ini tidak selalu menjadi pilihan jika menganggu kenyamanan Anda karena jaringan selular akan ikut mati, tapi jika tak masalah bagi Anda maka hal ini juga lumayan mempersingkat waktu pengisian baterai.

iPhone 7 Plus mengisi baterai hampir dua kali lebih cepat ketika menggunakan kedua cara ini.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau cara lain, silahkan berbagi pengalaman di komentar.
Sumber http://www.elppas.com/