Berapa Watt Konsumsi Listrik Mouse Gaming atau Keyboard RGB?

0
210

Pernah penasaran juga dengan konsumsi listrik mouse gaming yang menyala-nyala Red Green Blue dan Keyboard Mechanical dengan lampu latar RGB yang bisa berubah-ubah warna. Listrik sekarang makin mahal aja sudah naik berangsur-angsur subsidi dicabut pula 🙁

Dan kemarin juga sempat lihat di forum ada yang menanyakan hal ini. Karena “watt” ini nanti hubungannya dengan Power Supply. Apakah harus memiliki power suppy dengan daya Watt yang tinggi atau tidak?

Berapa watt sih konsumsi listrik mouse gaming atau keyboard RGB? Mari kita cari tahu..

USB Power

Secara teorinya kalau kita nge-cas HP di USB 2.0 itu maksimal power nya adalah 5V 0.5A. Dan untuk USB 3.0 maksimal power nya 5V 1.5A.

Rumus Watt

Untuk mengetahui Watt melalui Volt dan Ampere dapat menggunakan rumus sbb:
Watt = Volt x Ampere

USB Current and Voltage Tester

Kita telah ketahui Volt dari USB 2.0/3.0 adalah 5V, jadi kita tinggal cari saja berapa Ampere yang digunakan oleh keyboard dan mouse gaming yang nyala-nyala RGB RGB tersebut.

Ada sebuah alat yang dapat digunakan untuk mengukur Volt dan Ampere sebuah perangkat dengan interface USB, alat ini baisanya disebut “Charger Doctor” atau “USB Current and Voltage Tester”.

Dari foto diatas diketahui Volt = 5V

 Ampere terendah = 0.04A

 Ampere tertinggi = 0.25A

Kenapa ada Ampere rendah/tinggi, karena ampere ini memang naik turun sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perangkat. Ketika ketak-ketik di keyboard biasanya ampere naik karena membutuhkan daya. Begitu idle dia akan turun lagi.

Coba kita hitung ampere tertinggi saja..

Watt = Volt x Ampere
Watt = 5V x 0.25A
Watt = 1.25

Kesimpulan

Nah ternyata keyboard RGB cuma mengkonsumsi 1.25Watt saja dan 0.2Watt kalau lagi idle, jadi saya kira tidak akan terlalu berdampak pada penggunaan listrik. Dan anda tidak membutuhkan power supply dengan daya tinggi hanya karena menggunakan keyboard atau mouse gaming RGB.

Oh iya, untuk mouse-nya berhubung saya tidak punya mouse gaming yang nyala-nyala jadi tidak bisa saya tes. Tapi kurang lebih sama saja. Malah kemungkinan lebih kecil watt nya dari keyboard.
Sumber http://www.elppas.com/