Ada Suara Misteri di Powerbank Hame QC1 & Adaptor Xiaomi Quick Charge 2.0/3.0

0
290

Berawal dari komplain sorang customer saya via Elppastore Tokopedia yang beli Powerbank Hame QC1 -Powerbank itu sudah mendukung Fast Charging dengan fitur Quick Charge v. 2.0 dari Qualcomm- katanya ada suara halus seperti korslet listrik.

Karena khawatir ada kerusakan yang bisa menjalar ke perangkat lainnya, singkat cerita Power Bank Hame QC1 tersebut dibawa kembali ke distributor untuk klaim garansi. Si Hame di cek oleh seorang staff, namun katanya hal itu normal dan wajar, karena setelah dibandingkan dengan Hame QC1 yang baru dan belum dipakai ternyata sama saja ada suara ketika nge-cas. Alhasil tidak bisa klaim garansi karena dianggap normal.

Pulang ke rumah saya pun penasaran, karena masih ada stock powerbank tersebut, saya buka satu dan di tes cas di port yang support QC 2.0 dengan HP yang support QC 2.0 (Xiaomi Mi Note) juga ternyata sama saja ada bunyi-bunyi halus seperti listrik korslet.

Namun ketika dicoba di port pinggir yang tidak support QC 2.0, tidak ada suara tersebut.

Penasaran searching di Google tidak ditemukan kasus serupa. Tapi akhirnya ketemu masalah serupa -hanya di adapter bukan di powerbank- di group Facebook Xiaomi Mi5/5s. Ada user yang menanyakan mengenai bunyi di Adapter Xiaomi miliknya..

“… trus adapter casnya ada bunyi: kyk suara mesin cukur rmbut klo lgi pengisian…”

Ternyata tidak hanya sendirian yang mengalami isu tersebut, tetapi dari beberapa komentar meunjukan bahwa beberapa pengguna lain juga mengalami hal yang sama..

kalo batre di bawah 50% charger nya bunyi itu pertanda fast charging aktif…dngan catatan bunyinya pelan dan kedengaran bila kuping di dekatkan ke charger…tdk hanya milik xiaomi, milik hh tetangga juga pasti akan bunyi kalo di pake charging…”

 
Setelah dapat informasi tersebut, kebetulan ada charger Xiaomi bawaan Mi4c di rumah dan saya coba ternyata sama ada bunyi halus seperti suara mesin cukur rambut saat sedang nge-cas. Suara halus tersebut hanya terdengar kalau kita dekatkan telinga. Suara akan lebih keras saat HP di cas dalam keadaan menyala dan samar kembali ketika HP dalam keadaan mati/stand by.

Percobaan lain dilakukan juga dengan device yang tidak mendukung Quick Charge, dan hasilnya tidak ada suara atau bunyi sama sekali.. Jadi apakah ada masalah di modul Quick Charge? Tidak tau karena tidak semua adapter QC 2.0 menghasilkan bunyi ketika Fast Charging nya aktif seperti pada adaptor Aukey PA-U28.

Masih menjadi misteri.. Ada yang mengalami hal yang sama? Ada yang tau secara teknisnya kenapa ada bunyi tersebut? Tolong komentar dan infonya kalau ada yang tau…
Sumber http://www.elppas.com/