iPhone 8/8 Plus dan iPhone X Mendukung FAST CHARGING, Tapi?

0
206

Akhirnya, Apple telah membuat beberapa kemajuan yang cukup signifikan dalam hal pengisia daya dengan merangkul teknologi wireless charging. Selain itu fitur kunci lain yang tidak cukup banyak disebutkan adalah Fast Charging. Ya, akhirnya Anda bisa mengisi lebih cepat melalui kabel.

Seberapa Cepat Fast Charging iPhone 8/8Plus dan iPhone X?

Menurut halaman spesifikasi di situs resmi Apple, semua 3 model – iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X, diberi nilai hingga 50% hanya dalam 30 menit. Itu sangat mirip dengan beberapa smartphone flagship Android terbaru dengan Quick Charge 3.0.

Fast Charging, Tapi..

Tapi jika Anda lebih teliti, terdapat catatan sebagai berikut:

12. Testing conducted by Apple in August 2017 using preproduction iPhone 8, iPhone 8 Plus, and iPhone X units and software and accessory Apple USB-C Power Adapters (29W Model A1540, 61W Model A1718, 87W Model A1719). Fast-charge testing conducted with drained iPhone units. Charge time varies with environmental factors; actual results will vary.

Yang artinya..

Pengujian yang dilakukan oleh Apple pada bulan Agustus 2017 menggunakan unit produksi iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X dan perangkat lunak dan aksesori Apple USB-C Power Adapter (Model 29W Model A1540, Model 61W Model A1718, 87W Model A1719). Uji coba cepat dilakukan dengan menguras unit iPhone. Waktu pengisian bervariasi dengan faktor lingkungan; Hasil sebenarnya akan bervariasi.

Jelas, Anda memerlukan batok charger model 29W keatas jika Anda ingin “mengaktifkan” fitur fast charger pada iPhone 8/8 Plus dan iPhone X. Sedangakan, jika Anda melihat isi box iPhone 8 atau iPhone X, Anda akan menemukan bahwa Apple masih membundel charger 5W (5V 1A) lama yang sama.

Itu pengisi daya 5V 1A yang sama lambatnya yang telah dibundel selama bertahun-tahun termasuk iPhone 7 Plus tahun lalu.

Ini tahun 2017 dan bahkan smartphone Android kelas menengah telah dibundel dengan charger 5V 2A (10W) akhir-akhir ini.

Adapter Fast Charging Untuk iPhone 8/8 Plus atau iPhone X

Jadi jika Anda berencana untuk memanfaatkan fitur fast charger pada iPhone terbaru, Anda dapat menggunakan salah satu adaptor daya Tipe USB tersebut (USB C PD) yang disertakan dengan MacBook Pro yang lebih baru atau membeli yang baru dari reseller Apple.

Pengisi daya minimum yang dibutuhkan untuk memanfaatkan fitur fast charing adalah Apple 29W USB-C Power Adapter seharga US$49 (Rp. 650rb) untuk batok charger saja. Karena output dengan USB Type-C, Anda harus membeli kabel USB Type-C ke Lightning yang harganya US$25 (Rp. 331rb untuk kabel dengan panjang 1m). Total hampir Rp. 1 juta!

Fast Charging Alternatif

Saat ini 13 September 2017, belum ada rincian teknis mengenai dukungan fast cahrger iPhone terbaru ini. Tapi siapa tahu, mungkin juga bisa dilakukan pengisian cepat dengan adapter bersertifikat QuickCharge yang dapat mendukung output sebesar 5V 3A / 9V 2A atau 12V 1.5A.

Sama halnya dengan fast charging iPhone 6 dan 7 Plus, Anda bisa mengisi daya baterai lebih cepat jika Anda menggunakan pengisi daya dengan charger 5V 2.4A yang mendukung ampere lebih tinggi yang disertakan dengan iPad atau adapter bersertifikat QuickCharge.

Sumber http://www.elppas.com/