Tips Youtuber Membuat Video Slideshow Profesional di Adobe Premeiere Pro

0
185

Mau membuat video slideshow dari foto-foto tapi kadang photo slideshow sering dianggap sebuah video “sampah” di Youtube. Ujung-ujungnya hanya menghasilkan dislike dan orang malas subscribe.

Sebenarnya untuk menjadi youtuber yang produktif tidak harus selalu menggunakan video original yang direkam sendiri dengan bahan-bahan sendiri. Karena kalau begitu biayanya bisa sangat mahal.

Sementara bagi youtuber newbie (pemula) atau youtuber yang modalnya kecil seperti saya, slideshow mungkin salah satu solusi paling pas.

Hanya saja kita jangan buat asal-asalan, ada baiknya kita buat slideshow yang enak ditonton dengan menampilkan efek-efek video agar terlihat lebih profesioanl, supaya penonton tidak kecewa.

Tips Membuat Video Slideshow yang Bagus

Tip 1: Foto berkualitas. Hal pertama yang paling penting dalam sebuah photo slideshow tentu saja fotonya yang akan kita buat menjadi video slideshow.

  • Gunakan foto yang jelas, clear, jernih, dan menarik
  • Gunakan foto dengan resolusi tinggi, minimal 720p (1280x720px) atau diatasnya lebih disarankan.

Tip 2: Hindari foto dengan copyright (hak cipta). Kalau kita tidak bisa bikin foto sendiri berarti kita cari foto secara online. Foto-foto gratis bisa Anda dapat di situs-situs sbb:

Tip 3: Video Slideshow jangan terlalu lama. Idealnya antara 3-4 menit atau sepanjang satu lagu. Padatkan informasi yang ingin anda share, singkat dan padat.

Tip 4: Gunakan cukup motion (pergerakan) agar tidak bosan. Banyak perangkat lunak saat ini yang memungkinkan Anda menambahkan teks, animasi, klip video, dan transisi.

Tip 5: Gunakan teks sebagai pelengkap dan penegas. Gunakan teks apabila slideshow tidak disertai suara narator, tetapi jika pun menggunakan narator maka teks bisa berfungsi sebagai penegas.

Cara Membuat Video Slideshow Terlihat Profesional

Berikut salah satu contoh video photo slideshow dan tutorial cara membuatnya melalui software video editing Adobe Premiere Pro.

Video bule ini saya temukan hasil telusur di youtube, yang menurut saya cukup menarik, clean dan simple dan terlihat profesional.

Di video slideshow itu salah satu trik nya adalah..

  • Gambar yang sama dibikin background yang ngeblur dengan gaussian blur.
  • Gambar utama yang sama ditambah frame (efek radial shadow) dan drop shadow
  • Untuk efek motion digunakan scale untuk zoom, position, dan rotation.
  • Selain itu juga menggunakan efek Basic 3D
  • Untuk transisi digunakan slide dari berbagai arah.
  • Selanjutnya terserah Anda..

Posting ini sebenarnya untuk catatan saya pribadi karena stuck membuat video yang dibatasi dengan video-video ori hasil rekaman sendiri. Jadi kenapa enggak bikin video slide show saja selama terlihat bagus dan profesional, juga bermanfaat untuk orang lain.
Sumber http://www.elppas.com/