Charger USB-C PD FAST CHARGING Alternatif Untuk iPhone 8/8 Plus dan iPhone X

0
231

Pada artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan bahwa Apple iPhone 8/8 Plus dan X telah mendukung fast charging, hanya saja terlalu mahal jika harus membeli charger yang mendukung fast charging dari Apple. Jadi pertanyaannya, Adakah charger alternatif yang lebih murah agar iPhone 8/8 Plus dan iPhone X bisa ngecas lebih cepat?

Sebuah dokumen baru pada halaman (https://support.apple.com/en-us/HT208137) menunjukkan bahwa iPhone 8/8 Plus dapat melakukan pengisian cepat dengan charger pihak ke tiga alias charger non-Apple.

Pada halaman tersebut dijelaskan bahwa untuk ngecas baterai iPhone hingga 50% dalam 30 menit. Anda harus menggunakan Apple USB-C to Lightning cable dan salah satu adapter ini:

  • Apple 29W, 61W, atau 87 W USB-C Power Adapter
  • Sebuah power adapter USB-C third-party (pihak ketiga) yang mendukung USB Power Delivery (USB-PD)

Pada halaman tersebut Apple masih mengatakan bahwa Anda membutuhkan kabel Apple USB-C to Lightning, tapi memilih power adapter pihak ketiga berati Anda bisa menghemat cukup banyak. Rata-rata harga charger pihak ketiga hanya setengah atau kurang dari harga charger Apple.

Charger USB-C Power Delivery Fast Charging Alternatif Untuk iPhone 8/8 Plus/X

Aukey Amp PD Duo Wall Charger PA-Y7

Charger Aukey PA-Y7 ini sudah mendukung USB-C Power Delivery seperti yang disebutkan oleh Apple, sehingga ini cocok untuk fast charging iPhone 8/X. Berkut spesifikasinya:

  •     Model Number: PA-Y7
  •     Input: AC 100-240V
  •     USB-A Output (AiPower): 5V 3A Max
  •     Output (USB-C): 5V 3A, 9V 3A, 14.5V 2A
  •     Weight: 92.1g / 3.25oz 

Harga kisaran: Rp. 300rb.

Alternatif lain dari Aukey juga ada tipe PA-Y8 dan PA-Y10 dengan Power Delivery 3.0

Anker 30W USB-C power adapter 

Anker juga menawarkan charger USB-C 30W yang telah mendukung Power Delivery dengan harga kisaran sekitar Rp. 250rb.

Apakah Aman Menggunakan Charger Non-Apple?

Sebagian orang mungkin bertanya-tanya.. Apakah aman menggunakan charger pihak-ketiga non-Apple untuk iPhone 8/X?

Yup, untuk brand-brand seperti Anker dan Aukey bukanlah merk abal-abal, build quality mereka sangat baik yang selalu menggunakan komponen berkualitas, selain itu juga charger mereka selalu ada teknologi-teknologi proteksinya seperti over voltage/current protection, surge protection, dll.

Jadi pastikan Anda memilih charger fast charging alternatif untuk iPhone 8/X yang memiliki kualitas setara dengan original Apple, seperti merk-merk Anker, Aukey, Tronsmart, Orico, dll.
Sumber http://www.elppas.com/