Apa Itu USB Power Delivery (PD)?

0
306

USB Power Delivery

Atau USB PD atau jika kita terjemahkan kedalam bahasa Indonesia (kira-kira) adalah USB Penghantar/Pengirim Daya. USB PD adalah power adapter/charger USB dengan teknologi penghantar daya yang cerdas, aman (memenuhi standar keselamatan USB-IF) dan cepat, mendukung hingga 100 Watt.

Apa itu Power Delivery Charging?

Mulai maraknya USB Type-C (atau USB-C) merubah perangkat pintar mengisi daya dengan cara yang menarik. Pabrik-pabrik smartphone dan laptop terkenal mulai menyematkan USB-C, yang memungkinkan berbagi daya antar perangkat.

Dengan teknologi USB Power Delivery, Anda bisa ngecas HP dan laptop dengan charger yang sama.
Power Delivery (PD) charging pada dasarnya merupakan protokol fast charging yang sangat baik dalam memanfaatkan fungsionalitas dan universalitas.

Penerapan USB PD akan menjadi universal tidak hanya sebatas ponsel dan laptop, tetapi bisa jadi untuk kamera, SSD, HDD external, tablet, TV, dll.

Quick Charge 3.0 VS Power Delivery

Teknologi Qualcomm Quick Charge 3.0 merupakan terobosan untuk mempercepat pengisian baterai perangkat mobile. QC 3.0 mampu memberikan tenaga 18W menggunakan jalur data USB konvensioanl “V-BUS”. Walapun bisa mengisi smartphone dengan sangat cepat tapi tidak sesuai dengan standar keamanan USB “USB-IF”. Selain itu, perangkat chipset Qualcomm terbatas, jadi, misalnya laptop, tidak dapat memanfaatkannya.

Di sisi lain, teknologi Power Delivery meningkatkan level daya menjadi 100W. Dan ini juga sesuai dengan standar keselamatan pengisian USB. Dengan demikian, Power Delivery memungkinkan untuk mengisi daya gadget yang lebih besar seperti Laptop, drone dan perangkat cerdas dengan cara yang aman dan cepat.

Kekuatan Tanpa Kompromi

Pada kasus tertentu, biasanya harddisk eksternal 3.5″ membutuhkan power tambahan jika menggunakan USB biasa yang dayanya terbatas hanya 5V 0.5A.

Pengisian daya Power Delivery tidak memerlukan power tambahan, jadi tinggal colok HDD eksternal besar Anda ke port USB C laptop Anda dengan hanya satu kabel dan mendapatkan kecepatan transfer data yang lebih cepat.

Atau melakukan pengisian baterai ponsel Anda sambil mentransfer data tanpa gangguan sama sekali. Dengan Optimalisasi manajemen daya Power Delivery, setiap perangkat hanya akan menarik daya yang dibutuhkannya untuk proses saat itu yaitu HDD Anda tidak akan menarik daya kecuali jika saat ia berputar/bekerja membutuhkan daya.

Power Delivery Tidak Memiliki Batas.

Salah satu hal yang paling menarik tentang PD adalah bahwa arah daya tidak lagi tetap. Anda dapat menggunakan power bank portabel Anda untuk mengisi daya laptop Anda dan juga mengisi daya ponsel dari laptop Anda. Tidak hanya sampai disitu, Anda juga bisa mengisi baterai headset Bluetooth dari ponsel Anda.

Kuat Namun Terkendali.


Kita semua sepakat kekuatan tidak berarti apa-apa jika Anda tidak dapat mengendalikannya. Kita sering mendengar tentang ponsel yang meleleh dan baterai meledak yang merupakan mimpi buruk bagi sebagian orang saat ini.  

PD merupakan cara cerdas menghilangkan rasa takut itu selamanya. Selain sesuai dengan standar keselamatan USB-IF yang telah disebutkan sebelumnya, pengisian daya PD juga menawarkan cara cerdas dan fleksibel dari manajemen daya level-sistem melalui komunikasi hub opsional dengan PD.

Serta kompatibilitas daya rendah, sehingga Anda sekarang dapat mengisi daya headset Anda dengan charger yang sama untuk laptop Anda.


Sumber http://www.elppas.com/