Kali ini Elppas mau share cara ganti LCD atau baterai buat kamu yang punya smartphone Motorola Moto G5s Plus yang baterainya udah muali drop, cepat habis atau bermasalah.

Atau buat kamu yang LCD nya retak atau rusak dan mau diganti sendiri, bisa mengikuti panduan service berikut ini..

Melalui artikel ini mungkin kamu pengen tau dulu gimana cara ganti LCD/baterainya.. Ini mirip dengan teknis buka LCD dan ganti baterai Samsung A3/A5 2015.. Ok, kita bongkar yuk.. Tapi sebelumnya kita info spesifikasi baterainya dulu dan peralatan untuk bongkarnya..

Spesifikasi Baterai Motorola Moto G5s Plus

Berikut ini spesifikasi baterai Motorola Moto G5s Plus original:

  • Model: HG30
  • Jenis cell: Li-ion
  • Nominal Voltage: 3.8V
  • Limited Charging Voltage: 4.4V
  • Rated Capacity: 2810/3000mAh (min/typ)

Belinya di mana? 

Untuk yang original mungkin bisa cek ke Motorola/Lenovo service center, ada atau tidaknya saya kurang tau.

Atau di olshop seperti Tokopedia, Bukalapak, atau Lazada juga banyak yang jual tapi tidak dijamin keasliannya. Harga sekitar Rp. 100-200rb-an. Hati-hati aja belinya karena banyak yang KW.

Next..

Obeng & Tools Kit Buat Bongkar Motorola G5s Plus

Berikut ini peralatan obeng dan tools kit untuk bongkar Moto G5s Plus..

  • Obeng Torx ukuran T4
  • Heat gun/hair dryer/melting bag (iOpener)
  • Suction cup/iSlack
  • Opening pick segitiga/plastic card/kartu poker plastik
  • Spudger
  • Pinset 

Kalau belum punya peralatannya, bisa dibeli di tokopedia.com/Timeslibtore atau bukalapak.com/Timeslibtore atau Lazada Tools Kit.

Kalau sudah siap semua.. Lanjut bongkar..

Langkah 1: Ritual Wajib Sebelum Bongkar

Hal pertama pastinya kamu wajib mematikan (turn-off) dulu HP nya.

Langkah 2: Membuka LCD Motorola Moto G5s Plus

Membongkar Moto G5s Plus bukan dari casing belakang tetapi mulai dari LCD, jadi untuk ganti LCD adalah bagian yang paling “mudah” pada smartphone ini.

LCD tersebut melekat ke body (mid-frame) dengan lem. Jadi kamu harus lelehkan dulu lemnya dengan menggunakan heat gun pada 100 derajat Celcius selama 1 menit atau gunakan pemanas lain. Posisi pemanasan di sekeliling sisi LCD..

Setelah dipanaskan untuk melelehkan lem, lalu LCD bisa kamu angkat sedikit dengan iSlack atau Suction Cup (Ceplokan/Kop) untuk membuat celah dan memasukan Opening Pick/plastic card.

Sisir ke seluruh sudut (di area bawah Power Button) dengan Kartu Plastik untuk merobek lem.. Hati-hati ada flexible konektor LCD yang tersambung ke mainboard di bagian atas dan flexible fingerprint di bagian bawah smartphone ini.

Panaskan kembali dengan heatgun jika lem masih merekat kuat..

Setelah lem robek seluruhnya, buka LCD sedikit saja dari bagian bawah dulu dekat home button, lihat ada flexible home button.

Home button merekat ke assembly LCD dengan lem, panaskan dari atas dengan heat gun untuk melelehkan lemnya, lalu tekan dengan jari telunjuk untuk melepas home button.

Selanjutnya kamu harus melepas sebuah sekrup yang menguatkan plat penutup konektor flexible LCD dan touchscreen. Buka skrup dengan obeng T4..

Setelah sekrup dilepas, kamu bisa copot plat-nya dengan menggunakan pinset..

Setelah plat terbuka, congkel konektor LCD dengan Spudger untuk melepasnya. Lalu Assembly LCD bisa kamu lepas dan terpisah seluruhnya dengan bagian body HP ini.

Note: Konektor sebelah kanan menempel ke midframe dengan lem, congkel dengan spudger ujung pipih atau dengan craft knife. Setelah itu LCD assembly akan terpisah dengan body..

Kalau mau ganti LCD cukup sampai disini tinggal ganti LCD dengan yang baru. Kalau mau ganti home button atau baterai, ikuti langkah selanjutnya..

Langkah 3: Membuka Midframe dan Home Button (Fingerprint) Moto G5s Plus

Selanjutnya kamu harus melepas 16 sekrup dengan menggunakan Obeng Torx T4..

Mid-frame bisa diangkat dengan mudah menggunakan Spudger di sebelah kiri..

Jangan lupa ada flexible home button di bawah. Congkel untuk melepaskan konektor home button dengan menggunakan spudger..

Setelah itu bisa membuka midframe. Jika hanya mau mengganti home button, cukup sampai disini.. Jika mau ganti baterai silahkan lanjutkan ke langkah berikutnya..

Langkah 4: Melepas dan Mengganti Baterai Moto G5s Plus

Selanjutnya lepas konektor baterai dengan menggunakan Spudger..

Baterai merekat ke backcase (casing belakang) dengan lem. Kamu bisa panaskan dulu casing belakang dengan heat gun untuk melelehkan baterai supaya mudah terlepas..

Congkel baterai dengan menggunakan plastic card..

Sisir ke seluruh bagian bawah baterai untuk merobek lem.. Selanjutnya baterai bisa dibuka dengan tangan kamu..

Silahkan ganti baterai dengan yang baru.. Untuk tes nyala bisa pasang LCD langsung tanpa memasang midframe lebih dulu.. Setelah dipastikan nyala normal, pasang kembali semuanya seperti semula.. Jangan lupa lem-nya diganti dengan yang baru juga.

Courtesy to Witrigs video:

Demikian cara membongkar Motorola Moto G5s Plus untuk mengganti LCD, home button (fingerprint sensor), dan atau baterai. Good luck! Silahkan sedekah mudah dengan like dan share 🙂
Sumber http://www.elppas.com/