Bahas ala Awam, Spesifikasi Samsung Galaxy J7 Pro

0
373

Bagi sebagian orang yang kurang ngerti isltilah-istilah teknis mungkin akan bingung ketika membaca spesifikasi khas GSMArena. Disini Elppas akan mencoba menjabarkan atau membahas spesifikasi Samsung Galaxy J7 Pro dengan penjelasan untuk awam agar mudah dipahami. Lansung aja yuk..

Teknologi Jaringan

Untuk jaringannya sudah mendukung 4G LTE ya, koneksi 4G untuk saat ini sudah yang paling kencang. Jadi kalau mau internetan pake paket data pasti kencang, tapi tentunya daerah kamu juga harus sudah ada dukungan 4G. Selain 4G juga tentu mendukung teknolgi sebelumnya (HSPA, 3G, 2G, GSM, EDGE).

Sim Card J7 Pro

Samsung Galaxy J7 Pro mendukung Dual-SIM (keduanya Nano SIM) yaitu ukuran SIM card paling kecil. Memiliki tray (wadah) yang terpisah antara SIM 1 dan SIM 2 (yang sewadah dengan SDCard).

Body dan Layar Galaxy J7 Pro

Body aluminium, biasanya terlihat mewah dan elegan, dengan ukuran 152,5 x 74,8 x 8mm artinya lumayan besar di genggaman terutama untuk tangan wanita, dan beratnya 181 gram juga termasuk kategori cukup berat pada ukuran tsb.

Tipe layar Super AMOLED, ini layar paling enak dilihat menurut saya salah satu kelebihan Samsung, yang bisa menampilkan warna hitam dengan pekat. Dengan ukuran 5,5″ yang besar dan resolusi 1080 x 1920 pixels, ( 401 ppi density) ini berarti terlihat sangat halus di mata manusia.

Processor Samsung J7 Pro

Sistem operasi Android 7.0 Nougat, bagi orang awam mungkin tidak akan terlau kerasa perbedaannya. Dengan chipset Exynos 7870 Octa (8-cores) 1.6 GHz Corex-A53 ini processor kelas menengh yang lebih cocok untuk kegiatan sehari-hari seperti membuka sosmed, email, chat dan sejenisnya.

Performanya kurang lebih setara Samsung Galaxy S5. Namun dengan GPU Mali-T830 MP1, yang berarti bukan untuk game 3D yang berat. Seperti game Asphalt 8: Airborne misalnya hanya bisa berjalan di setting low dengan fps yang pas-pas an, kalau setting high pasti lag.

Memori

Ya Samsung Galaxy J7 Pro memiliki slot MicroSD yang dapati diisi kartu memori hingga 256GB.
Selain itu RAM 3 GB yang dipakai sistem sekitar 1,4 GB.

Juga memori internel cukup besar ada pilihan 32 GB dan 64 GB.

Kamera

Kamera depannya 13MP, f/17, autofocus (fokus otomatis), LED flash. Spesifikasi ini tentunya sudah bagus untuk foto-foto.

Disertai fitur Geo-tagging untuk merekam lokasi saat pemotretan, sentuh untuk fokus, pendeteksi wajah, pemotretan panorama, dan HDR untuk foto yang lebih detail dari foto biasa.

Untuk merekem video bisa hingga resolusi 1080p pada 30fps, resolusi ini sudah cukup besar untuk video yang mau diupload ke youtube, apalagi sosmed lain seperti FB dan Instagram gak perlu resolusi sebesar ini.

Untuk kamera depan (selfi) resolusinya besar 13 MP, f/1.9, ada LED flash, dan video 1080p.

Suara

Soal suara mungkin tidak perlu banyak dibahas karena gitu-gitu aja. Alert type sudah mendukung vibrasi, MP3, WAV. Ada loudspeaker tentunya. Dan 3.5mm jack untuk nyolokin headset.

Komunikasi

Untuk komunikasi pastinya bisa Wi-Fi an (802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot), Bluetooth 4.1, A2DP, LE, GPS ada (A-GPS, GLONASS, BDS), NFC ada tapi buat orang awam sepertinya jarang dipake ya, Radio ada FM, USB nya tipe  microUSB 2.0 yang umum dipakai, dan mendukung USB On-The-Go, yg artinya bisa colok flash disk pake kabel USB OTG.

Sensor

Pada Galaxy J7 Pro terdapat Fingerprint Sensor (sensor sidik jari), Accelerometer, Gyro Sensor, Geomagnetic Sensor, Hall Sensor, RGB Light Sensor, Proximity Sensor

Batterai

Kapasitas baterai Li-Ion sebesar 3600 mAh. Ukuran tersebut bisa dibilang cukup besar dan tahan lama. Dengan baterai tersebut menurut Samsung, HP ini bisa bertahan selama 24 jam untuk telponan pada jaringan 36 atau mendengarkan musik hingga 91 jam.

Sayangnya tidak dilengkapi fitur pengisian baterai cepat, sehingga kalau ngecas dari 0 hingga 100% akan terasa lama.

Tipe baterai tanam, sehingga agak susah kalau mau ganti baterai, tapi ada panduan cara mengganti baterai Samsung Galaxy J7 Pro disini.

Lain-lain

Warna: Hitam, Biru, Gold, dan Rose Gold
Harga resmi peluncuran Rp. 3.999.000,-

Nah, sekian kira-kira spesifikasi Samsung Galaxy J7 Pro, semoga membantu buat yang kurang faham membaca istilah-istilah teknis. Mohon maaf jika banyak kekurangan. Nanti akan Elppas bahas juga topik lain seputar J7 Pro.
Sumber http://www.elppas.com/