Samsung Galaxy J7 Tiba-tiba Mati Tidak Mau Nyala? Coba Cara Ini

0
282

Kali ini Elppas akan membahas tentang bagaimana memecahkan masalah Samsung Galaxy J7 yang tiba-tiba mati dan tidak mau menyala.

Sebelumnya sudah dibahas juga masalah Galaxy J7 tidak mau ngecas. Sebaiknya Anda pastikan dulu bahwa ponsel bukan mati karena kehabisan baterai, karena baterai sangat penting saat pemecahan masalah. Sulit sekali memecahkan masalah jika baterainya kosong samasekali.

Di dunia smartphone, power adalah segalanya jadi smartphone cantik seperti J7 Prime/Pro akan menjadi sekadar ganjal pintu Anda jika tidak menyala atau tidak mau ngecas.

Troubleshooting Galaxy J7 yang Tidak Menyala

Setelah memahami bahwa baterai atau daya pada smartphone Anda adalah hal terpenting, maka ada beberapa kemungkinan mengapa perangkat Anda tidak mau menyala, diantaranya:

  • Sistem crash sehingga perangkat membeku dengan layar blank hitam yang tidak responsif
  • Baterai benar-benar habis sehingga tidak bisa lagi menyalakan perangkat walau sekejap
  • Beberapa cache atau file data rusak karena beberapa alasan dan menyebabkan ponsel tidak merespons
  • Perangkat mengalami beberapa kerusakan cairan dan / atau fisik yang serius yang mencegahnya untuk melakukan booting

Sekarang, berdasarkan kemungkinan tersebut, inilah yang perlu Anda lakukan:

Langkah 1: Mengatasi Sistem Crash

Pada ponsel Galaxy J7 2015-2016 Anda bisa mengatasi sistem crash dengan mencabut baterai, kecuali baterai J7 Pro atau yang terbaru karena menggunakan baterai tanam.

Jadi, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan prosedur pull baterai, yang sangat efektif dalam memperbaiki kesalahan minor firmware dan hardware. Inilah yang perlu Anda lakukan:

  •     Buka penutup belakang.
  •     Tarik baterai keluar.
  •     Saat baterai dilepas, tekan dan tahan tombol Power sekitar 1-3 menit.
  •     Pasang kembali baterai dan tutup kembali casing belakang.
  •     Coba nyalakan ponsel.

Jika ponsel menyala setelah prosedur yang sangat sederhana ini, maka masalahnya disebabkan oleh masalah firmware sederhana.

Langkah 2: Coba cas Galaxy J7 Anda

Jika masalah berlanjut setelah melakukan langkah pertama, maka cobalah mengisi ulang baterai ponsel Anda untuk memastikan kemungkinan bahwa masalahnya disebabkan oleh baterai yang terkuras habis.

Apakah ponsel Anda merespon saat di cas? Jika tidak, maka Anda harus mengatasi masalah tidak bisa ngecas terlebih dulu sebelum melanjutkan pemecahan masalah Anda. Ponsel harus dapat mengisi daya terlebih dahulu.

Jika ponsel dapat mengisi daya, biarkan kabel terpasang setidaknya selama 10 menit sebelum mencoba menyalakannya. Jika tidak menyala namun mengisi, lanjutkan ke langkah berikutnya..

Langkah 3: Coba Booting Ponsel ke Mode yang Berbeda

Lakukan ini jika ponsel ada indikasi ngecas tapi tidak mau dihidupkan. Coba boot J7 Anda dalam safe mode terlebih dahulu, berikut caranya..

  1. Tekan dan tahan tombol (Volume Up + Power) bersamaan beberapa detik sampai nyala. Jika nyala pilih reboot/restart. Jika tidak nyala, coba berikutnya..
  2. Tekan dan tahan tombol (Volume Down + Power) bersamaan beberapa detik sampai nyala. Jika nyala pilih reboot/restart. Jika tidak nyala, coba berikutnya..
  3. Tekan dan tahan tombol (Volume Up + Power + Home) bersamaan beberapa detik sampai nyala. Jika nyala pilih reboot/restart. Jikat tidak nyala, coba berikutnya..
  4. Cas HP Anda, lalu coba ulangi prosedur 1, 2, 3 diatas (sambil HP di cas)

Anda bisa lihat caranya di video ini..

Langkah 4: Mencari bantuan dari seorang teknisi

Jika cara 1-3 tidak berhasil menyalakan kembali Samsung Galaxy J7 Anda, maka saatnya Anda mencari bantuan dari teknisi atau bawa ke Samsung Service Center terdekat, karena kemungkinan besar itu adalah masalah hardware seperti baterai rusak atau masalah komponen lainnya.
Sumber http://www.elppas.com/