Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Xiaomi Redmi 4/4X

0
389

Baterai Xiaomi Redmi 4/4X kamu cepat habis, mulai drop atau bermasalah? Mungkin sudah saatnya mengganti baterai dengan yang baru.

Mengganti baterai tanam Redmi 4/4X bisa dibilang relatif mudah kurang lebih sama dengan mengganti baterai Redmi NOTE 4, hanya perlu kesabaran dan ketelitian, semua orang dewasa pasti bisa melakukannya.

Sebelum praktek, kita bahas dulu sepsifikasi baterainya dan obeng tools kit yang perlu disiapkan.

Spesifikasi Baterai Xiaomi Redmi 4

Berikut spesifikasi baterai Xiaomi Redmi 4, teliti sebelum membeli:

  • Tipe: BN42
  • Jenis cell: Lithium-ion Polymer battery
  • Kapasitas: 4000 4100mAh/15.40 15.80Wh
  • Voltase: 3.85V

Obeng & Tools Kit Untuk Bongkar Xiaomi Redmi 4

Setelah baterai penggantinya siap, tentu kamu juga harus menyiapkan obeng dan tools kitnya. Berikut perkakas yang perlu kamu siapkan:

  • Sim tray card ejector 
  • Obeng pentalobe (bintang 5) ukuran P2 atau 0.8mm, sama dengan obeng iPhone/Meizu
  • Obeng phillips (plus) ukuran #00 atau 1.5mm
  • Prying tools / Spudger

Kalau sudah diap langsung aja kita bongkar..

Langkah 1: Buka Sim Card Tray

Pastikan kamu matikan dulu HP nya lalu buka sim card tray, caranya pasti sudah tau dan gampang, tinggal colok ejector yang diberikan pada paket penjualan. Maaf ini gambar ReNo 4, tapi kurang lebih sama aja..

Langkah 2: Membuka Casing Belakang Xiaomi Redmi 4

Untuk membuka casing belakang, kamu harus lepaskan dulu dua buah sekrup/baud di bagian bawah dekat port charger/speaker. Gunakan obeng pentalobe (bintang 5) ukuran P2 atau 0.8mm untuk melepasnya..

Setelah 2 skrup tersebut dilepas, lalu kamu memerlukan prying tool atau opening pick untuk mencongkel backcase. Mulai mencongkel dari bagian bawah HP..

Sisir ke seluruh sudut sampai backcover terbuka. Hati-hati ada flexible sensor fingerprint yang terhubung ke motherboard. Lepaskan dulu konektornya dengan menggunakan spudger atau kuku kamu..

Setelah backcover terbuka, maka kamu akan langsung bisa melihat baterainya..

Langkah 3: Membuka Midframe Redmi 4

Sebelum bisa melepas baterai, kamu harus buka dulu midframe bagian atas yang menutup motherboard Redmi 4, karena konektor baterai ada dibawah midframe ini..

Lepas skrup dengan menggunakan obeng phillips (+) ukuran #00 atau 1.5 2.0mm.

Membuka midframe ini berarti membatalkan garansi, karena ada sekrup dibawah segel. Tapi gak masalah, biasanya baterai diganti setelah setahun lebih.

Setelah semua sekrup terlepas maka midframe akan mudah dibuka.

Langkah 4: Lepas Konektor Baterai

Tahapan ini penting, kamu wajib mengutamakan pemutusan arus listrik dengan melepas konektor baterai sebelum membongkar part-part lain.

Caranya gampang, tinggal congkel saja dengan prytool atau spudger atau pakai kuku.

Next..

Langkah 5: Membuka Motherboard Xiaomi Redmi 4 (Optional)

Hal ini optional aja ya, boleh dibuka boleh enggak karena tanggung sekrup udah kebuka. Tapi kalau kamu bisa melepas baterai tanpa harus membuka motherboard ya itu lebih bagus.

Untuk melepas motherboard ada 5 buah konektor termasuk konektor antena yang harus kamu lepas dulu.. Ada flexible yang menempel ke plat di motherboard, hati-hati saat melepasnya..

Setelah semua flexible dilepas, silahkan angkat motherboard-nya dengan hati-hati..

Lanjut..

Langkah 6: Melepas Baterai Xiaomi Redmi 4

Pada baterai di bagian bawah ada pull-tab yang bisa kamu tarik untuk melepas perekat baterai. Tarik secara lurus sampai habis, jangan terpelintir dan jangan sampai putus..

Bagaimana kalau pull-tab nya putus? Ya terpaksa kamu harus bersabar lagi untuk melepas baterai yang merekat. Gunakan kartu plastik tipis untuk mencongkel baterai dan melepaskannya dari perekat.

Setelah baterai terlepas, silahkan ganti dengan baterai dan lem baterai yang baru. Lalu pasang kembali motherboard dan semua konektor seperti semula. Pasang konektor baterai. Tes nyala. Kalau sudah nyala, pasang midframe, konektor fingerprint, backcover dan sim cardnya.

Untuk lebih lengkapnya silahkan tonton video sumber dari Wit Rigs:

Terimakasih, semoga bermanfaat! Yang bantu like dan share, saya doakan tambah rejeki.
Sumber http://www.elppas.com/