Menangkap tampilan gambar pada layar (screenshot) pada iPhone X berbeda karena tidak ada tombol home. Di artikel ini Elppas akan menunjukkan cara sederhana untuk mengambil tangkapan layar pada iPhone X.

Berkat teknologi Face ID yang disertakan dalam iPhone X Apple yang baru, tombol Home yang selalu ada akhirnya dihilangkan. Dalam banyak hal ini merupakan suatu yang positif, karena ini menjadikan layar lebih luas namun dengan dimensi ponsel yang tidak terlalu besar.

Tapi, perubahan itu membuat beberapa perubahan dalam melakukan sesuatu pada iPhone X, salah satunya adalah mengambil screenshot.

Mengambil Screenshot

Pada model iPhone yang dulu, yaitu iPhone 8 dan 8 Plus dan sebelumnya, mengambil tangkapan layar adalah kombinasi sederhana dari menekan tombol Power + Home pada saat yang bersamaan.

Tentu saja, seperti yang telah kita sebutkan, iPhone X hadir tanpa tombol Home, dan oleh karena itu memerlukan pendekatan yang berbeda.

Cara Mengambil Screenshot di iPhone X

Untuk mengambil gambar di layar Anda harus menekan tombol Side (tombol yang menghidupkan dan mematikan perangkat) dan pada saat bersamaan tekan tombol Volume Up di sisi yang berlawanan pada perangkat.

Jika Anda berhasil melakukannya (menekan dan menahan sebentar kemudian melepaskannya) layar seharusnya berkedip putih dan Anda akan melihat gambar kecil tangkapan layar muncul di pojok kiri bawah.

Mengetuk ikon akan membuka layar pengeditan di mana Anda dapat memotong dan memberi keterangan pada gambar. Jika sudah selesai, ketuk pilihan Done (Selesai) di pojok kiri atas dan Anda akan diberi pilihan untuk menghapusnya atau menyimpan hasil tangkapan layar ke library Photos Anda.

Tidak seperti cara mengambil screenshot di Galaxy Note 8 yang bisa dilakukan dalam 3 cara. Hanya itu saja cara mengambil screenshot di iPhone X, yaitu kombinasi tombol Side (Power) + Volume Up.
Sumber http://www.elppas.com/