Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai Sony Xperia M4 Aqua

0
298

Baterai Sony Xperia M4 Aqua kamu sudah mulai boros, drop atau bermasalah? Mau coba ganti bateri sendiri? Atau mungkin mau membuka casing belakang (backcover) untuk melihat jeroannya? Mudah kok, ini dia caranya..

Oh iya, sebelum bongkar-bongkar, tentu kamu perlu beberapa peralatan, jadi siapkan dulu peralatannya.. Dan kalau mau ganti baterai juga siapkan dulu baterainya..

Spesifikasi Baterai Sony Xperia M4 Aqua

Kalau mau ganti baterai, kamu bisa beli dulu baterainya mungkin di Sony Service Center atau di marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Lazada, dll ada.

Berikut spesifikasi baterai M4 Aqua:

  • Jenis baterai: Li-Polymer Battery
  • Voltase: 3.8V 4.35V
  • Kapasitas: 2400 mAh 9.2Wh
  • Model: LIS1576ERPC / 1ICP4/64/74

Harga baterai di online shop sekitar Rp. 120.000,-

Tools Kit Untuk Bongkar Sony Xperia M4 Aqua

Untuk membuka casing belakang dan mengganti baterai, ini dia tools kit-nya:

  • Heat gun atau hair dryer
  • Pick gitar atau plastik tipis berbentuk segitiga
  • Pinset
  • Spudger
  • Suction cup

Kalau sudah siap, langsung bongkar..

1. Membuka Casing Belakang Sony Xperia M4 Aqua

Seperti smartphone anti-air pada umumnya, M4 Aqua ini juga menggunakan perekat lem pada casing belakang yang menempel ke frame.

Jadi untuk membukanya kamu harus memanaskan dulu sekeliling casing belakang untuk melelhkan lemnya supaya mudah dibuka.. panaskan sekitar 1 menit..

Setelah kira-kira lemnya meleleh, gunakan suction cup di bagian bawah casing belakang lalu angkat sehingga membuat celah untuk memasukkan opening pick..

Lalu sisir ke sekeliling casing untuk merobek lem..

Setelah itu backcover bisa terlepas dari frame body..

Selesai membuka casing belakang M4 Aqua. Kalau mau mengganti baterai, lanjutkan ke langkah berikutnya..

2. Mengganti Baterai Sony Xperia M4 Aqua

Setelah backcover terbuka, angkat selaput hitam yang menutupi konektor baterai dengan menggunakan pinset atau jari tangan kamu..

Lalu congkel konektor baterai dengan spudger atau pakai kuku untuk melepaskannya..

Selanjutnya congkel baterai dengan menggunakan spudger atau kartu plastik dari sisi kiri atau kanan (jangan dari bagian bawah).. Hati-hati baterai M4 Aqua merekat dengan lem ke frame LCD

Ada dua buah garis lem yang merekatkan baterai, seharusnya tidak teralu kuat, tapi tetap harus hati-hati. Setelah terbuka, akan terlihat seperti ini..

Silahkan ganti baterainya dengan yang baru, dan jangan lupa ganti juga lemnya, bisa pakai double-tape. Pasang konektor baterai dengan benar.

Tes nyala, jika normal silahkan tutup kembali casing belakangnya. Gunakan lem pengganti, kalau tidak ada mungkin bisa pakai lem B-7000.

Video

Untuk lebih jelasnya mungkin kamu bisa melihat video dari Witrigs ini:

Ok, sekian cara membuka casing belakang Sony Xperia M4 Aqua. Semoga bermanfaat! Thanks to my friend Witrigs. Jangan lupa bantu like dan share:)
Sumber http://www.elppas.com/