Flash sale (penjualan kilat) adalah diskon atau promosi yang ditawarkan oleh toko e-niaga dalam waktu singkat. Kuantitasnya terbatas, yang sering berarti diskon lebih tinggi atau lebih signifikan daripada promosi biasanya. Batas waktu dan terbatasnya ketersediaan menarik konsumen untuk membeli saat itu juga.

Sementara toko e-commerce manapun dapat menggunakan penjualan flash sebagai taktik yang berharga, beberapa model bisnis perusahaan memanfaatkan flash sale.

Lazada, misalnya, seringkali melakukan flash sale smartphone dengan harga yang murah untuk jangka waktu terbatas.

Akhir desember 2017 lalu Lazada menjalankan Flash Sale Xiaomi Redmi 5A dan habis terjual dalam 3 menit.

Bagaimana Flash Sale Bisa Membantu Menumbuhkan Bisnis Anda

Flash sale bisa menjadi metode yang sangat efektif untuk menurunkan persediaan stock dengan cepat, mengubah negatif menjadi positif dalam hitungan jam.

Meskipun ideal untuk menjual produk secara konsisten, merencanakan inventaris Anda untuk mencocokkan kebutuhan pelanggan yang tepat hampir tidak mungkin terjadi.

Sebenarnya, kantor berita Inggris Reuters melaporkan selama musim belanja liburan 2012 bahwa pengecer e-commerce yang memanfaatkan strategi flash sale tumbuh dua kali lebih cepat dari pengecer online yang tidak menggunakan taktik ini.

Flash sale juga merupakan cara terbaik untuk menjual barang-barang yang berada di luar musim atau untuk produk yang tidak terjual terlalu lama.

Hal ini menyebabkan biaya operasi dan inventaris lebih rendah di akhir: jika perusahaan dapat menjual produk yang telah stuck di gudang untuk jangka waktu yang singkat atau bahkan lama, mereka memberi ruang untuk inventaris baru yang terjual dengan cepat.

Terakhir, flash sale menghadirkan peluang besar untuk meningkatkan brand awareness. Flash sale dapat menempatkan toko Anda di radar situs kesepakatan dan blog di seluruh Web, sangat memperluas visibilitas Anda dalam prosesnya.

Sementara flash sale bisa menjadi stimulus jangka pendek, mereka menawarkan kesempatan untuk memberi tahu pelanggan tentang produk dan proposisi nilai lainnya.

Cara Menjalankan Flash Sale Yang Sukses

Bila dijalankan dengan benar, situs e-commerce dapat memanfaatkan strategi flash sale. Ada beberapa hal yang harus diingat saat menjalankan teknik ini:

  • Tentukan tujuan flash sale Anda, yang, misalnya, bisa membersihkan persediaan berlebih atau meningkatkan kesadaran.
  • Jaga penjualan tetap sederhana. Jangan mempersulit pelanggan untuk mendapatkan harga murah tersebut.
  • Pilih kelompok sasaran dan sesuaikan flash sale ke pasar itu.
  • Harus tepat waktu. Target pasar yang berbeda menghabiskan uang pada waktu yang berbeda. Pastikan penjualan flash Anda seakurat mungkin.
  • Setelah Anda menentukan waktunya, jaga agar kerangka waktu tetap pendek. Ini akan menginspirasi urgensi.
  • Buat diskon Anda menonjol. Flash sale harus menawarkan potongan harga yang signifikan dibandingkan dengan apa yang dapat ditemukan pelanggan di tempat lain.
  • Promosikan flash sale menggunakan marketing, social media dan SEO.
  • Pantau penjualan dan berikan layanan pelanggan yang sangat baik selama masa penjualan. Flash sale hanya bermakna jika mereka meninggalkan pelanggan dengan persepsi positif tentang perusahaan Anda.
  • Pastikan persyaratan layanan Anda jelas.


Sumber http://www.elppas.com/