Laptop Panas dan Fan Berisik Coba Ganti Thermal Pase-nya

0
301

Salah satu solusi untuk mengatasi laptop panas dan fan yang berisik adalah dengan mengganti thermal paste pada heatsink processor.

Beberapa waktu lalu saya mengalami hal ini pada laptop Acer Aspire Z3-451. Laptop panas hingga menembus 78 derajat celcius pada saat full load dan sekitar 55 derajat celcius saat idle.

Akibat panas maka cooling fan pun bekerja keras berputar pada RPM yang tinggi untuk mengusir panas. Tentu saja hal itu mengakibatkan bising yang cukup menggangu. Lebih jauh lagi maka baterai pun menjadi lebih boros.

Kahirnya saya coba untuk mengganti thermal paste pada sistem pendingin processor. Dan hasilnya alhamdulillah sekarang laptop saya kembali dingin dan adem, kipas tidak berisik dan tentunya baterai pun jadi lebih awet dari sebelumnya.

Disini saya akan berbagi cara mengganti thermal paste, khususnya untuk pengguna laptop Acer Aspire Z3-451. Tapi bagi pengguna laptop merk dan tipe lain prosedurnya kurang lebih sama.

Persiapan

Pertama siapkan obeng plus (+) ukuran 2.5 dan 3.0mm. Untuk laptop lain biasanya ukuran tidak jauh beda, antara 2.0 hingga 3.0mm. Selain obeng juga diperlukan opening pick untuk mencongkel casing belakang.

Kedua, siapkan thermal paste yang bagus. Saya menggunakan thermal paste merk Noctua NT-H1 yang banyak direkomendasikan.

Mengganti Thermal Paste Heatsink Processor Laptop Acer Aspire Z3-451

Langkah pertama tentunya membuka casing belakang. Ada 12 buah skrup pada laptop ini yang menahan casing belakang. Silahkan dilepaskan dengan obeng plus ukurang 3.0.

Setelah itu, congkel sisi-sisi casing seluruhnya dengan menggunakan opening pick atau pick gitar atau barang yang sejenisnya.

Setelah terbuka, maka akan terlihat sistem pendingin procesor yang bersatu dengan fan. Ada 2 buah sekrup di bagian processor dan 2 buah sekrup di bagian cooling fan berukuran 2.5mm yang harus dibuka untuk melepaskan HSF (heatsink fan).

Dan jangan lupa juga cabut kabel konektor fan nya.

Setelah dibuka sistem pendinginya, lalu bersihkan fannya. Bersihkan juga thermal paste yang lama baik di heatsink nya maupun di processor sampai bersih menggunakan tissue.

Ini gambar processor laptop Acer Aspire Z3-451 yang sudah dibersihkan.. Sepertinya processor tanam dan tidak bisa diganti.

Setelah dibersihkan, tinggal kasih thermal paste baru, teteskan atau tambahkan pasta sekitar ukuran setengah atau maksimal sebutir beras.

Setelah itu pasang kembali sistem pendinginnya dengan benar. Pasang lagi casingnya, tapi jangan dikencangkan dulu. Tes nyalakan dan lihat hasilnya apakah suhu processor sudah normal kembali. Jika sudah maka tinggal pasang dan kencangkan kembali casingnya.
Sumber http://www.elppas.com/