Powerbank Hame QC1 dengan kapasitas sebesar 10.000 mAh yang sudah dilengkapi chip Qualcomm Quick Charge 2.0 ini bisa dibilang salah satu yang termurah di kelasnya.

Tentu saja, power bank merk-merk lain seperti Tronsmart dan Aukey yang sejenis, yaitu dengan kapasitas setara dan sudah mendukung fast charging dengan Qualcomm Qick Charge 2.0 rata-rata dibandrol dengan harga diatas Rp. 300.000 sendangkan Hame QC1 ini dijual dengan harga kisaran Rp. 200.000 (harga per Maret 2017)

DESAIN DAN FITUR

Desain powerbank Hame QC1 ini memanjang dan melebar dengan tekstur titik-titik kecil menonjol di hampir seluruh bagian atas dan bawah sehingga tidak licin dan enak di genggam.

Dengan dimensi 147*76*15mm kira-kira lebar dan tingginya seukuran smartphone layar 5″-5,5″ walaupun tebalnya tidak setipis ponsel.

Di bagian depan terdapat 4 lampu indikator yang dapat menyala dengan cara yang cukup unik yaitu dengan menepuk bagian badan powerbank.

Masih di bagian depan juga ada port input micro USB yang dapat diisi dengan tegangan 5V dan arus hingga 2,3A ketika saya coba menggunakan charger Aukey  PA-U28.

…dan 1 port USB output yang sudah mendukung Quick Charge 2.0 (5V 2A, 9V 2A, 12V 1,5A).

Di samping ada 1 port USB dengan output 5V 2A yang belum mendukung Fast Charging.

Powerbank ini juga disertai kabel micro USB bawaan yang sudah didisain dapat menempel di port USB Quick Charge 2.0, sehingga lebih egronomis. Dengan demikian, kemungkinan sangat kecil ketinggalan kabel ketika anda membawa powerbank.

Namun sayang kabel tersebut agak sedikit rawan putus dibagian ujungnya, sehingga setelah satu bulan lebih pemakaian kabelnya agak mengaga seperti mau putus.

Jadi sebaiknya anda perlu ekstra hati-hati memperlakukan kabel tersebut.

KAPASITAS BESAR?

10.000 mAh? Pure atau gak nya saya tidak tau alat dan cara tes-nya. Tapi kemungkinan kapasitas realnya dibawah 10.000 mAh. Karena di penggunaan real nya hanya bisa sekitar 2x cas HP Xiaomi Mi Note yang baterainya 3.000 mAh. Jadi perkiraan saya kapasitas powerbank di kisaran 8.000 mAh.

Tapi memingat rata-rata powerbank seperti itu, dan juga harganya yang relatif murah jadi saya maklum saja.

KEKURANGAN

Selain kekurangan di ketahanan kabel bawaan, powerbank ini juga mengeluarkan bunyi halus seperti konslet listrik ketika fast charging aktif. Jarang orang yang tau bunyi ini karena hanya kedengaran jika telinga di tempel ke PB.

KELEBIHAN

Harga relatif murah untuk apa yang disuguhkan powerbank Hame QC1 ini. Tidak heran kalau penjualan produk ini menjadi salah satu yang paling laris di pasaran.

.

Punya pengalaman dengan power bank ini? Atau punya rekomendasi PB yang udah support Quick Charge? Silahkan berbagi di komentar..
Sumber http://www.elppas.com/