Review dan Setting Microphone Condenser Taffware BM-700 Ke Laptop/PC

0
239
Salah satu microphone condenser terlaris sepertinya nih si BM-700 ini, mungkin karena harganya yang murah dan kualitasnya bagus pula.

Sebelum bahas lebih jauh. Saya mau info dulu bahwa BM700 ini banyak merk-nya seperti Taffware, Neewer, atau apalah merk lainnya tapi kok sama juga type nya BM-700.

Anda tidak perlu bingung karena mic ini merupakan produk ODM (Original Design Manufacture). Jadi kalau mau Anda kasih merk sendiri pun bisa pesan tapi tentu dengan kuantitas yang banyak.

Microphone Condenser BM-700 Tidak Plug n Play

Masih banyak orang yang tidak tahu apa itu microphone condenser. Yang terbayang hanya mic saja sebagai alat input suara yang bisa langsung dicolok ke PC/laptop dan langsung bisa melakukan recording atau berkaraoke smule-an.

Sehingga orang beli mic BM700 ini langsung tancap ke lubang mic pada PC/laptop. Lalu setelah dipasang dan di tes suaranya ada noise dan suranya kecil, apalagi kalau mulut agak jauh dari mic suara makin kecil dan menghilang.

Hal yang perlu diketahui bahwa microphone condenser ini biasanya tidak plug n play. Jadi mic BM700 ini tidak akan maksimal kinerjanya apabila langsung anda tancap ke Laptop/PC.

Dengan kata lain, bisa saja langsung colok ke laptop tapi suaranya akan ada noise dan kecil atau bahkan di laptop tertentu bisa tidak ada suara sama sekali.

Microphone condenser biasanya memerlukan power tambahan dengan alat phantom power atau preamp atau mixer.

Berikut contoh video yang saya temukan di youtube jika dicolok langsung ke PC tanpa phantom power..

Bisa dilihat kan hasilnya suaranya kecil dan perlu di gained 15dB jika ingin suaranya terdengar, dan itu biasanya akan mengurangi kejernihan suaranya karena ada noise yang juga ikut diperbesar.

Setting Kalau Maksa Mau Langsung Colok Ke PC/Laptop

Ok mungkin Anda belum punya phantom power untuk menambah tenaga mic ini, jadi dipaksakan langsung colok ke laptop.
Tidak apa-apa untuk tes saja, saya pun masih melakukan hal yang sama karena belum punya phantom power, tapi ada tips yang mungkin bisa Anda coba agar suaranya tidak terlalu kecil..
  • Download dan install driver terbaru untuk sound card Anda, jangan pake driver bawaan Windows.
  • Setelah driver sound card ter-install dengan benar, setting microphone di Audio Manager. Kalau di laptop Acer Z3-451 saya seperti ini, sound laptop pake Realtek HD..
  • Berikut tampilan Realtek HD Audio Manager. Silahkan klik tab Microphone dan setting di bagian Volume, lalu ada tombol Microphone Boost untuk menambah dB. Volume dan dB bisa dimaksimalkan apabila suara masih kecil.

    Setting juga di bagian Microphone Effects ada opsi untuk meminimalkan noise.

    Untuk meminimalkan noise juga bisa menggunakan wind shield-nya atau busa penutup, atau bisa juga pake pop filter.

  • Silhakan tes recording di aplikasi Voice Recorder bawaan Microsoft Windows (10)
  • Seting dan tes sampai menemukan konfigurasi yang pas menurut Anda.

BM700 Dengan Audio Adapter dan Phantom Power

Untuk Anda yang mau menggunakan phantom power video ini juga menjelaskan perbedaan antara menggunakan power dengan tanpa power..

Video Review BM-700

Terakhir video review dari seorang profesional yang berkecimpung di dunia audio recording yang mengatakan bahwa microphone condenser BM700 ini sangat baik dengan harga yang sangat murah dibandingkan dengan mic condenser professional..
Sedikit tambahan review dari saya, mikrofon ini kulaitasnya cukup baik dengan build quality yang sangat baik di harga yang sangat terjangkau, cocok untuk recorder pemula, baik untuk voice recorder, nyanyi-nyanyi atau buat youtube creator.

Ok sekian ulasan dari saya, semoga bermanfaat! Silahkan komentar kalau mau menambahkan atau mungkin ada pertanyaan seputar mic ini? Belum beli? Beli dong di Timeslibtore.com 🙂


Sumber http://www.elppas.com/