Sejak 18 November 2016 Qualcomm Technologies, Inc. dan/atau anak perusahaannya telah menawarkan teknologi Quick Charge 4 (QC4).

Qualcomm Quick Charge 4 adalah teknologi pengisian cepat (fast charging), yang tersedia untuk para pengguna perangkat dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 835 serta generasi berikutnya.

Apa yang baru dengan Quick Charge 4? Pengisian daya lebih cepat tentu saja. Tapi tidak hanya lebih cepat, ini dirancang agar lebih efisien dan berjalan lebih dingin dari generasi sebelumnya.

Dibandingkan dengan Quick Charge 3.0, Quick Charge 4 naik hingga 20 persen lebih cepat, atau 30 persen lebih efisien, saat mengisi daya hingga 5° C lebih dingin.

5 for 5

Seberapa cepat charger ini dalam dunia nyata? Untuk memberi Anda pengertian yang lebih baik tentang hal ini, Qualcomm telah menerapkan pengukuran baru yang membantu menyimpulkannya secara sederhana.

Mereka menyebutnya “5 for 5”, artinya dalam 5 menit pengisian bisa mengisi baterai ponsel Anda agar bertahan 5 jam atau lebih masa pakai waktu bicara (nelpon). (Quick Charge dirancang untuk memungkinkan perangkat mendukung waktu bicara 5 jam dengan pengisian daya 5 menit. Hasil aktual mungkin berbeda tergantung pada desain perangkat.)

Ketika Anda memiliki waktu lebih untuk nge-cas, Quick Charge 4 direkayasa untuk mengisi daya smartphone yang mendukung, dari nol sampai 50 persen dalam waktu sekitar 15 menit atau kurang.

Kebutuhan Pengisian Cepat

Pengisian cepat secara konsisten merupakan salah satu fitur yang paling dicari di smartphone baru. Faktanya, sebuah penelitian yang dilakukan tahun ini oleh firma riset pasar Sino-MR menemukan bahwa pengisian cepat mempengaruhi 60 persen pengguna saat membeli smartphone berikutnya.

Sebuah studi global serupa oleh Qualcomm Technologies mengkonfirmasi jumlah ini, dan juga menemukan bahwa lebih dari 25 persen konsumen berpikir bahwa saat sekarang ini dibutuhkan waktu terlalu lama untuk pengisian baterai. Quick Charge Qualcomm secara khusus dirancang untuk mengatasi masalah ini.

Fitur Baru Quick Charge

Quick Charge 4 menampilkan banyak kemajuan dari generasi sebelumnya, diantaranya:

  • USB Type-C dan USB Power Delivery (USB PD) compliant. Dengan menggabungkan teknologi ini, Qualcomm Technologies membakukan kemampuan adaptor Quick Charge 4, untuk membantu memastikan bahwa satu aksesori mendukung beberapa implementasi pengisian dan perangkat seluler, dan ada kinerja yang konsisten bila dihadapkan dengan berbagai solusi pengisian yang tersedia. 
  • Battery Saver menambahkan fitur canggih yang dirancang untuk memperpanjang umur siklus baterai dan memberikan keamanan menyeluruh. Proteksi diimplementasikan pada berbagai tingkatan dan sepanjang keseluruhan proses pengisian untuk membantu mengukur voltase, arus, dan suhu secara akurat sambil melindungi baterai, sistem, kabel, dan konektor. 
  • INOV (Intelligent Negotiation for Optimum Voltage) versi 3 adalah algoritma yang direkayasa sehingga perangkat portabel Anda dapat menentukan tingkat daya yang diminta pada setiap titik waktu, yang memungkinkan transfer daya optimal sambil memaksimalkan efisiensi. Baru untuk Quick Charge 4: perangkat yang kompatibel dapat meminta 20mV atau menurunkan daya khusus yang diperlukan untuk mengisi daya sementara juga menjalankan algoritma-algoritma termal untuk case, baterai, chip, dan konektor. 
  • Dual Charge didukung oleh menyertakan IC manajemen daya kedua di perangkat (mis., Ponsel cerdas). Mengisi daya perangkat melalui Dual Charge membagi arus muatan, memungkinkan disipasi termal yang lebih efisien dan mengurangi waktu pengisian. Teknologi Dual Charge generasi ketiga Qualcomm menggabungkan perimbangan termal cerdas yang dirancang untuk pengiriman daya yang optimal. 

Teknologi Charger Paling Banyak Digunakan

Qualcomm Quick Charge adalah metode pengisian cepat no 1 berdasarkan jumlah perangkat dan aksesori yang tersedia secara komersial. Saat ini ada lebih dari 100 perangkat mobile dan 300 aksesoris yang hadir dengan Quick Charge 2.0 dan 3.0. Ini didasarkan pada ekosistem lebih dari 150 perusahaan manufaktur ponsel, tablet, berbagai macam aksesoris charger, dan banyak lagi.

Sebenarnya, sudah ada lebih dari 600 juta perangkat dan aksesoris menggunakan Quick Charge 2.0 atau 3.0 yang telah terjual. (Qualcomm Technologies Research berdasarkan review perangkat Quick Charge yang tersedia dan aksesorisnya terhadap teknik pengisian cepat lainnya.)

Untuk kinerja Quick Charge 4 yang optimal, Qualcomm juga memperkenalkan PMIC terbaru, diantaranya: SMB1380 dan SMB1381. Dengan impedansi rendah, efisiensi puncak hingga 96%, dan fitur pengisian cepat lanjutan seperti penginderaan diferensial baterai, SMB1380 dan SMB1381 dirancang untuk mendukung pengisian daya baterai tercepat dari tipe USB 5V Tipe-C atau sumber daya tegangan tinggi saat mendukung perangkat mobile ultra tipis dengan profil solusi pengisian kurang dari 0.8mm.

Fitur perlindungan mutakhir dan pemantauan real-time dilakukan untuk membantu memastikan keamanan menyeluruh sambil mendukung pengelolaan panas. Quick Charge 4 diharapkan tersedia secara komersial pada paruh pertama tahun 2017, dan SMB1380 / 1 saat ini telah tersedia.

Smartphone Yang Mendukung Quick Charge 4.0

ZTE Nubia Z17

Charger Yang Mendukung Quick Charge 4.0

Belum diketahui hingga saat artikel ini ditulis (2 Juni 2017).
Sumber http://www.elppas.com/