Tang pengupas kabel (wire stripper plier) adalah alat tangan yang digunakan untuk mengupas dan atau memotong kabel atau kawat.

Pada artikel ini saya akan membahas 2 buah jenis tang potong dan kupas kabel.

Tang potong/kupas kabel

Foto diatas merupakan tang potong/kupas kabel. Memiliki fungsi yang kurang lebih sama tetapi berbeda dalam mekanisme pengupasan kabel. Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan. Mari kita bahas satu per satu..

Tang Potong/Kupas Berlubang (Jakemy JM-CT4-12)

Spesifikasi Jakemy Wire Cutter Pliers – JM-CT4-12

  • Dimensi: 6.85 in x 2.4 in x 0.43 in (17.4 cm x 6.1 cm x 1.1 cm).
    Perlu difahami bahwa pemotong ini berukuran 7 inchi, cukup kecil sehingga hanya cocok untuk digunakan untuk memotong kabel berukuran kecil dibawah 6mm. Bukan untuk kabel listrik yang besar-besar! Untuk kabel besar bisa cari tang yang lebih besar lagi seperti yang berukuran 10″.
  • Ukuran kabel untuk dikupas: 0.6 / 0.8 / 1.0 / 1.3 / 1.6 / 2.0 / 2.6mm
    Dalah tes ini saya mengupas kabel 4.0mm dengan lubang 2.6mm

Fungsi Potong.

Pada tang jenis ini, pemotong bentuknya mirip seperti gunting dengan baja tajam di kedua sisi. Alat potong cukup tajam sehingga mudah tanpa perlu tenaga kuat ketika memotong kabel. Hasil memotong kabel berdiameter 4.0mm sangat rapi dan rata.

Tang Potong

Fungsi Kupas.

Pada tang kupas ini sudah disediakan 7 lubang berbagai ukuran. Jadi tinggal disesuaikan atau dikira-kira saja jika ingin mengupas kabel.

Fungsi tang kupas

Cara mengupas kabel tinggal dimasukkan kabel pada salah satu lubang tersebut, lalu ditekan sehingga bagian luar kabel terpotong, boleh diputar dulu ke atas ke bawah saat ditekan supaya potongannya merata. Setelah itu tari kabel dan tang ke arah berlawanan.

Hasilnya lumayan bagus. Cukup membantu untuk mempermudah pengupasan kabel. Walaupun tidak 100% sempurna tetapi sangat membantu untuk orang awam seperti saya. Maklum namanya juga alat bantu. Tetapi untuk yang sudah terbiasa mungkin akan sangat mudah mengupas menggunakan tang ini.

Harga Tang Potong/Kupas Kabel Jakemy JM-CT4-12

Untuk harga tang ini hanya sekitar Rp. 37-50rb. Cukup murah dibanding dengan kualitas dan fungsinya. Overall worhted to buy alias layak untuk dibeli.

Ok, selanjutnya kita bahas tang kupas kabel jenis lain..

Tang Potong/Kupas “Otomatis”

Entah apa namanya, saya sebut saja “otomatis” karena mekanismenya tang ini akan otomatis menyesuaikan (adjustable) dengan ukuran kabel yang akan dipotong.

Spesifikasi

  • Terbuat dari baja karbon dan plastik
  • Dapat memotong kabel tembaga atau kabel dengan isolasi aluminium (10-22 AWG, 0.5-6.0mm) / auto ignition (7-8mm)
  • Untuk kabel dan kawat
  • Berat paket: 0.3760 kg
  • Ukuran Produk (L x W x H): 21.00 x 9.50 x 2.00 cm

Spesifikasi kurang lebih sama, digunakan untuk kabel ukurang kecil dibawah 6mm. Bukan untuk kabel besar!

Fungsi Potong

Pada tang ini pemotong-nya hanya tajam di satu sisi, jadi teknik memotong tidak seperti gunting. Sehingga membutuhkan tenaga ekstra.

Hasil potong tidak serapih dan serata pada tang sebelumnya, pada potongan kabel sedikit menggepeng seperti tergencet/tertekan. Walaupun demikian itu bukan suatu masalah serius

Fungsi Kupas

Untuk fungsi kupas-nya tang ini cukup unik. Caranya kita hanya perlu meletakkan kabel di bagian pengupas alat. Lalu menekan gagang tang, maka kabel akan terkelupas. Sangat mudah bagi orang awam seperti saya!

Walaupun begitu, jangan berekspektasi lebih, tak ada yang sempurna. Terkadang kabel terkelupas sama bagian dalamnya.

Fungsi Lain 

Selain fungsi potong dan kupas, tang ini juga ada fungsi crimping, hanya saja saya kurang begitu tau cara menggunakannya dan tidak memiliki sparepart untuk ujicobanya jadi tidak akan saya bahas disini.

Harga

Untuk harga Wire Stripper/Cutter jenis ini sekitar Rp. 100rb.

==

Mau pilih yang mana? Silahkan sesuaikan dengan selera masing-masing. Alat ini bisa dibeli di Tokopedia.com/Timeslibtore atau Bukalapak.com/Timeslibtore.

Sumber http://www.elppas.com/