Mengenal Sparepart iPhone 7, Perbaiki/Service iPhone Sendiri Aja!

0
281

Iphone 7 Anda rusak pada bagian tertentu? Kenali nama-nama sparepart iPhone 7 ini agar Anda dapat mendiagnosa dan memperbaiki iPhone Anda.

Beruntung smartphone jaman sekarang itu dibuat secara berbermodul-modul. Sehingga kita dapat memperbaiki iPhone yang tidak berfungsi pada bagian tertentu saja. Untuk memperbaikinya Anda perlu mengenal nama sparepart iPhone Anda.

Sparepart iPhone 7

Kita hanya tinggal diagnosa pada bagian mana yang mati dan mengganti sparepart tersebut dengan yang baru sehingga akan berfungsi kembali.

iPhone 7 Battery

Part ini pastinya suatu saat akan diganti karena memang ada umurnya. Biasanya 1-2 tahun Anda harus mengganti baterai iPhone apabila sudah drop atau sudah tidak tahan lama disebabkan karena kapasitasnya yang akan selalu berkurang dari waktu ke waktu karena penggunaan.

Part ini banyak dijual di marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, dan AliExpress. Namun tentu saja bukan original Apple. Karena Apple hanya “menjual” sparepart aslinya melalui Apple Authorized Service Provider. Itupun harus diganti langsung di AASP tersebut bukan dijual ketengan. Harganya gak usah ditanya, pasti mahal.

Kalau mau cari murah bisa search di marketplace silahkan gunakan kata kunci “Baterai iPhone 7” atau “Battery iPhone 7 Original.”

Oh ya, walaupun suka ada tulisan “original” barang yang dijual di marketplace atau toko bukan AASP biasanya bukan asli Apple tapi biasanya itu barang KW/Tiruan/OEM dengan kualitas bagus. Sama halnya dengan sparepart lain.

LCD + Digitzer/Touchscreen

Bagian yang paling besar dan sering rusak mungkin bagian LCD, karena bagian ini paling luar dan paling rawan rusak apabila terjatuh.

LCD + Digitizer itu biasanya sudah satu paket.

Bagaimana kalau cuma pecah/retak kacanya saja? Bisa saja hanya diganti kacanya saja tapi perlu teknisi yang ahli. Jadi apabila Anda ingin mengganti sendiri tanpa keahlian tersebut, ya ganti saja satu paket.

Front Camera & Proximity Sensor Flexible iPhone 7

Apabila kamera depan iPhone 7 Anda bermasalah secara hardware maka kemungkinan sparepart ini yang harus Anda ganti.

Sparepart ini juga bersatu dengan proximity sensor. Kalau rusak salah satu, kamera depan/proximity maka harus ganti sepaket.

Rear Camera iPhone 7

Sparepart ini akan Anda butuhkan ketika terjadi masalah secara hardware pada kamera belakang iPhone 7 Anda. Misal kamera utama tidak bisa dibuka atau mati. Tapi bukan masalah lensa buram atau bergaris karena tergores. Part ini terpisah dengan lensa luar karena biasanya lensa luar nempel di casing.

Cara mengganti kamera utama iPhone 7 ini sepertinya tidak terlalu susah, silahkan cari di youtube banyak video nya. Cari saja dengan kata kunci “iPhone 7 rear camera replacement.”

Lightning Connector Flexible/Assembly iPhone 7

Masalah ini pernah saya alami di iPhone 5s, Salah satu gejalanya tidak bisa nge-cas baterai, juga bermasalah ketika transfer data, atau bahkan PC tidak bisa mendeteksi iPhone ketika kabel data dicolok ke PC.

Di part ini juga kalau tidak salah ada modul microphone-nya.

Sebelum Anda mengganti part ini, sebaiknya memang perlu dipastikan dulu apakah benar part ini memang rusak.

Dan ketika mau beli part ini pastikan warna-nya cocok dengan iPhone 7 Anda. Karena di bagian lightning port-nya ada perbedaan warna gray, white, dan black. Walaupun tidak terlalu tampak tapi sebaiknya disesuaikan saja.

Volume Button, Ring/Vibrate Switch, Power Button Flexible Cable

Part ini dari sejak iPhone 4 juga sama berhubungan dengan tombol volume, switch mute/ring, dan tombol power.

Kerusakan yang sering terjadi biasanya klik-nya mati, tombol ngelelep, mendem gak bisa di klik. Jadi kalau tombol power udah gak bisa di klik, tinggal ganti saja sparepart ini.

iPhone 7 Vibrator/Taptic Engine

Kombinasi “tap” dan “haptic feedback,” Taptic Engine adalah nama yang dibuat Apple untuk teknologinya yang memberikan sensasi sentuhan yang semarak bagi pengguna perangkat Apple seperti laptop Apple Watch, iPhone, iPads dan MacBook.

Teknologi mesin taptic diluncurkan bersama dengan fitur Force Touch di edisi Apple MacBook dan Apple Watch pada awal tahun 2015, dan kedua fitur tersebut bekerja sama untuk memberi masukan lebih banyak kepada pengguna dan kontrol umpan balik.

Dengan fungsionalitas Taptic Engine, pengguna perangkat Apple merasakan sensasi yang bervariasi berdasarkan jenis umpan balik yang diberikan, yang memungkinkan perangkat menyampaikan informasi dengan cepat tanpa pengguna perlu melihat screen display.

Misalnya, perangkat berkemampuan taptic engine dapat mengirim satu jenis peringatan getar saat ada sms baru dan getar lain saat ada notifikasi jenis lain. Bisa dibilang ini adalah vibrator yang lebih cerdas.

Jika sudah tidak berfungsi fitur getar/vibrate maka sparepart ini harus diganti.

Loudspeaker iPhone 7

Sparepart ini mungkin sudah Anda tau fungsinya sebagai speaker utama iPhone seperti bunyi ringtone, audio musik, dll.

Nah, kalau suara speaker ini sudah tidak bunyi, Anda bisa menggantinya dengan sparepart yang baru.

Sim Card Tray iPhone 7

Benda kecil ini ada kalanya hilang atau patah, walaupun kejadiannya sangat jarang. Namun Apabila hal tersebut menimpa Anda, silahkan dapatkan sparepart ini di marketplace atau toko sparepart iPhone.

Walaupun beli di marketplace dan bukan di gerai resmi Apple, biasanya kualitas barang tak resminya sangat mirip dan identik dengan aslinya.

External Links

Sumber inspirasi, cara bongkar iPhone 7: https://www.ifixit.com/Teardown/iPhone+7+Teardown/67382
Dimana bisa dibeli sparepart iPhone 7: Untuk lokal Tokopedia, Bukalapak. Untuk luar negeri iFixit, Aliexpress, dll.
Tools Kit Obeng iPhone: Tokopedia Elppastore, Bukalapak Elppastore.
Panduan ganti sparepart: iFixit, Youtube.
Sumber http://www.elppas.com/