Cara Menghasilkan Uang dari Bukalapak, Tokopedia, JNE, Youtube dan Blog Sekaligus

0
240

Kali ini saya mau berbagi tips bagaimana Saya, dan Anda juga bisa, menghasilkan uang dari tiga sumber online sekaligus yang satu sama lainnya berkaitan sehingga kita tetap fokus.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa saya hanya berbagi tips dari pengalaman, saya bukan mastah ataupun yang sudah berpenghasilan besar. Tapi mungkin ini bisa menjadi inspirasi untuk siapa saja yang baru memulai mencoba untuk mencari nafkah secara online.

Dan apabila Anda lebih faham, mohon koreksi apabila ada cara saya yang kurang efektif atau salah strategi.

1. Jualan Barang di Marketplace (Tokopedia, Bukalapak, dll..)

Ya, sekarang sudah banyak marketplace (tempat jual beli online) seperti Tokopedia, Bukalapak, dll. Siapa saja bisa dengan mudah mulai menjual barang secara online di situs tersebut. Tinggal membuat account, dan Anda siap menjual barang.

Berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk bisa berjualan dan menghasilkan uang dari marketplace.

  • Barang apa yang akan Anda jual?

    Banyak sekali kategori yang bisa Anda eksplor di marketplace, silahkan kunjungi Tokopedia atau Bukalapak dan lihat kategorinya. Ada fashion, gadget, perkakas, dll. Silahkan Anda tentukan yang sesuai dengan passion Anda.

    Cari barang yang juga mudah untuk dikemas dan dikirim melalui ekspedisi. Jangan barang yang berupa cairan dan yang mudah pecah, karena nanti bisa bermasalah di ekspedisi.

    Saya sendiri memilih jualan produk aksesoris gadget dan perkakas.
     

  • Mencari supplier.

    Cari supplier kalau bisa langsung dari “akar”-nya supaya harganya nanti bisa bersaing. Anda bisa jalan-jalan cari produsen di lingkungan sekitar Anda. Misal konfeksi untuk urusan fashion. Atau cari grosiran, dll.

    Kalau mau jadi reseller atau dropshipper bisa juga cari supplier di Tokopedia atau Bukalapak. Cari toko/lapak yang penjualannya sudah puluhan ribu atau ratusan ribu. Penjualan banyak kemungkinan barangnya murah jadi laris.

    Cari supplier di JNE juga bisa, coba nongkrong pada jam 2-3 sore atau jam 7-8 malam, perhatikan di JNE orang yang ngirim barang karungan, ratusan pcs atau bahkan ribuan. Anda cari informasi aja lewat pengirimnya.

    Untuk pembukaan, tentukan 5-20 produk saja, jangan banyak-banyak dulu biar fokus. Kalau bisa usahakan produk yang nilainya lebih tinggi dari harga.

    Contoh salah satu produk saya yang cukup laris: Kabel Micro USB Tronsmart, ini barang secara penampilan elegan build quality bagus tapi harga murah.
     

  • Posting Barang di Toko/Lapak Online Anda

    Bahan yang perlu Anda siapkan untuk mengiklankan barang secara online di marketplace:

    – Foto yang bagus 3-5 buah dengan ukuran minimal 700x700pixel dengan format .jpg, ideal untuk display di website. Kalau terlalu kecil kurang jelas, kalau terlalu besar nanti loading-nya berat.
    – Judul iklan menarik, sesuai dengan barang, masukkan beberapa kata kunci, buat beda dengan pesaing (perlu belajar soal judul dan keywords)
    – Buat deskripsi sejelas mungkin. Fitur, kelebihan produk, bagaimana produk Anda dapat memberi solusi kepada calon pembeli, dan spesifikasi dan detailnya.
     

  • Promosikan
     

    Promosi bisa dilakukan secara internal dan external;

    Secara internal, ada fitur promosi Dink It, TopAds di Tokopedia atau Push, Promote Push, BukaIklan di Bukalapak.

    Secara external, bisa kita share link produk kita ke twitter, facebook, google+, blog dan youtube. Yang perlu diperhatikan adalah jangan melakukan SPAM saat kita promosikan di social media.

2. Youtube Adsense

Nyambung dari bagian promosi. Cara promosi di Youtube kita bisa membuat video review/overview/unboxing tentang produk kita. Lalu diarahkan ke lapak kita. Bisa kasih link ke lapak di deskripsi atau di komentar.

Youtube ini juga bisa di-monetize (setelah mendapat minimal 10.000 view). Jadi kita bisa dapat kesempatan menghasilkan uang dari Youtube selain dari lapak jualan kita.

Daftarkan akun youtube Anda ke Adsense setelah dapat 10.000 view lebih (silahkan cari caranya melalui Google). Jadi selain Anda bisa menghasilkan dari jualan produk juga bisa menghasilkan uang dari Youtube itu sendiri.

Kebetulan juga di Tokopedia dan Bukalapak sekarang sudah mendukung video di halaman iklan Anda, jadi video produk Anda juga bisa dipromosikan balik di lapak untuk menambah view.

3. Blog Adsense

Promosikan juga produk Anda melalui blog. Dari blog link ke toko/lapak jualan Anda.

Setelah Youtube Anda berjalan dan bisa di-moniteze Adsense, dari Youtube Anda bisa mengajukan blog untuk di-monetize juga. Dengan syarat blog Anda sudah di custom dengan TLD (Misal: www.namablog.com bukan namablog.blogspot.com). Serta navigasi sudah OK, dan artikel di blog Anda juga sudah banyak dan layak didaftarkan Andsense.

Kalau blog Anda diterima Adsense, maka nanti ada iklan Adsense-nya yang bisa menghasilkan uang juga.

4. Bonus: Penghasilan dari JNE

Ada bonus tambahan buat Anda yang sudah mulai laris penjualannya, artinya setiap hari sudah banyak paket yang dikirim melalui ekspedisi khususunya JNE.

Untuk member JNE biasanya ada discount kurang lebih 10% kalau jumlah akumulasi pengiriman sudah diatas Rp. 1 juta. Dapat 10% lumayan Rp. 100rb.

Bisa di tanyakan ke ekspedisi/JNE langgangan Anda. Bisa jadi kebijakan JNE agen di saya berbeda dengan agen/cabang JNE lainnya.

Ok. Saya cukupkan sekian aja. Mohon maaf kalau masih banyak kekurangan. Mau bertanya atau menambahkan? Silahkan di komentar.
Sumber http://www.elppas.com/